Aussie Terdongkrak Rilis Data China, Nikkei Melemah Akibat Gempa

11403091_10153328079726291_6192520383628459383_nPada sesi perdagangan pasar di hari Jumat, gerak nilai apresiasi mata uang Australia, yang lazim disebut dengan Aussie, bergerak menguat atas Greenback. Penguatan gerak nilai apresiasi Aussie terjadi, setelah adanya perilisan data ekonomi China.

Hendaknya untuk diketahui bahwa, China adalah merupakan pasar terbesar untuk ekspor Australia, dan aussie cenderung bergerak searah dengan data China. Gerak nilai apresiasi mata uang AUD/ USD dilaporkan telah menguat sekitar 0.27% ke level 0.7714.

Dilaporkan bahwa hasil rilis data pertumbuhan domestik bruto China di kuartal pertama berekspansi 6.7% untuk tingkat tahunan. Hasil rilis data pertumbuhan domestik bruto China di kuartal pertama tersebut, sesuai dengan perkiraan para pelaku pasar sebelumnya untuk pertumbuhan yang sedikit moderat. Dilaporkan bahwa untuk periode kuartal keempat, PDB China tumbuh 6.8%.

Juga telah dilaporkan bahwa, produksi industri China tumbuh melesat sekitar 6.8% di bulan Maret. Hasil dari gerak produksi industri China tersebut, jauh lebih tinggi dari hasil laporan yang sama di periode sebelumnya yang hanya tumbuh 5.4%. Hasil tersebut bahkan lebih tinggi dari estimasi para pelaku pasar sebelumnya untuk pertumbuhan 5.9%.

Gerak nilai apresiasi mata uang Jepang, yaitu mata uang Yen, dilaporkan tampak bergerak melemah. Gerak pelemahan nilai apresiasi mata uang Yen bergerak menuju pekan terburuk dalam kurun waktu sepekan. Hal tersebut terjadi, sejak Haruhiko Kuroda, Gubernur Bank of Japan (BoJ), mengumumkan kebijakan suku bunga negatif.

Gerak nilai apresiasi mata uang USD/ JPY pada pagi ini dilaporkan telah bergerak naik sekitar 0.20% di kisaran level 109.66. Gerak nilai apresiasi mata uang USD/ JPY naik sekitar 1.4% pada pekan ini dan memangkas penguatan hingga 9.7% untuk tahun ini. Gerak nilai apresiasi mata uang USD/ JPY ini berada di jalur pelemahan mingguan terbesar sejak periode yang berakhir 29 Januari, hari disaat BOJ umumkan strategi suku bunga negatif.

Setelah Haruhiko Kuroda mengatakan bahwa dia tidak miliki rencana untuk mengintervensi mata uang pada saat pertemuan G-20 pada hari Kamis, gerak nilai apresiasi mata uang Yen telah melemah karena isu-isu tersebut berada dibawah kajian Kementreian Keuangan Jepang. Gerak nilai apresiasi mata uang Yen melemah mendekati level yang beberapa analis katakan mungkin akan memicu intervensi di pasar dan membuat pihak berwenang akan menambah kebijakan longgar mereka.

Analis di National Australia Bank Ltd di Sydney mengatakan bahwa, gerak nilai apresiasi mata uang Yen akan melemah. Pendapat tersebut diasumsikan, karena Analis di National Australia Bank Ltd di Sydney tersebut berpikir bahwa BoJ pada akhirnya akan berikan serangkaian paket kebijakan yang mana pasar saham akan suka dan kemungkinan yen akan melemah terhadap kebijakan tersebut.

Dilaporkan bahwa gerak nilai harga di bursa saham Jepang bergerak melemah. Gerak nilai harga di bursa saham Nikkei bergerak melemah untuk pertama kalinya dalam kurun waktu empat hari.

Gerak pelemahan nilai harga di bursa saham telah memangkas penguatan mingguan terbaik mereka sejak bulan Februari. Hal tersebut terjadi, karena sentiment dari para pelaku pasar yang mempertimbangkan dampak dari gempa bumi. Dilaporkan bahwa dampak dari akibat gempa bumi tersebut telah menewaskan setidaknya sembilan orang di Jepang selatan.

Gerak nilai harga di bursa saham Nikkei dilaporkan telah bergerak melemah sekitar 0.3% di 16,850. Gerak nilai harga di bursa saham Nikkei telah bergerak sebesar 5.9% untuk pekan ini, dimana pencapaian tersebut merupakan yang terbaik sejak 19 Februari .

Analis senior di Nomura Holdings Inc di Tokyo telah mengatakan bahwa, kita miliki banyak kenaikan dalam tiga hari terakhir, sehingga wajar untuk adanya aksi ambil untung. Wilayah yang terkena gempa pada hari Kamis memiliki “banyak maanufaktur, dan kemungkinan itu akan berdampak terhadap rantai perusahaan masing-masing.” Kami mungkin akan melihat beberapa pembelian terhadap saham yang terkait dengan konstruksi dan ada aksi jual terhadap saham asuransi.

Gempa yang berkekuatan 6.5 scala richter meladan Jepang selatan pada Kamis malam, menewaskan setidaknya sembilan orang dan melukai sekitar 750 orang. Ini adalah gempa terkuat sejak 2011 yang telah memicu tsunami besar dan menewaskan 16.000 orang di wilayah timur laut Jepang.

Gerak nilai harga komoditas minyak dilaporkan telah bergerak melemah dalam dua hari beruntun hingga hari Kamis. Hal tersebut terjadi, karena para pelaku pasar waspada terhadap hasil pertemuan para produsen minyak apakah akan mencapai kesepakan atau tidak.

Gerak nilai harga komoditas minyak mentah melemah sekitar 0,2% pada sesi perdagangan pasar di hari Kamis, dan penurunan masih tertahan support 40.80. Selama bertahan di atas 40.80, minyak masih memiliki peluang menguat.

Para produsen besar komoditas minyak, termasuk Arab Saudi, dan Rusia akan bertemu di Doha, Qatar, pada hari Minggu. Para produsen besar komoditas minyak akan bertemu di Doha, Qatar untuk membahas pembekuan produksi guna mencegah kembali menurunannya harga minyak. Meski demikian, namun keraguan mulai muncul jika pembekuan produksi tidak akan cukup untuk mengurangi masalah oversupply.

Pihak dari International Energy Agency (IEA) telah menurunkan estimasi peningkatan permintaan minyak untuk tahun ini menjadi 1,16 juta barel/ hari. Meski demikian, namun pihak EIA juga memperkirakan produksi minyak Amerika akan terus menurun. Pihak dari IEA juga mengatakan jika terjadi kesepakatan pembekuan produksi, dan bukan pengurangan, maka dampaknya ke supplay minyak akan terbatas.

About author

You might also like

CFD News 0 Comments

Donde Comprar Tadalafil En Peru – Farmacia Por Internet

Haga clic aquí para ordenar Tadalafil AHORA! Genérico Tadalafil Tadalafil es un inhibidor eficaz, reversible, selectivo de la fosfodiesterasa de tipo 5 (PDE 5) específico para el monofosfato de guanosina

Komoditas 0 Comments

Hang Seng 33 Positif Respons Wall Street’ Stocks Movement, Greenback Terkoreksi Major Usai FOMC

Telah dilaporkan bahwa, gerak nilai apresiasi mata uang Inggris, yaitu mata uang Pounsterling, bergerak menguat. Gerak nilai apresiasi mata uang Sterling bergerak positif, melonjak signifikan terhadap Greenback ke level terkuatnya

Fundamental 0 Comments

Yen Tampak Menguat, Pasar Respon Trump

Gerak nilai apresiasi mata uang Yen tampak terus menguat pada sesi perdagangan pasar di hari Kamis, dengan dibuka di level 115.40. Hal tersebut terjadi, pasca dirilisnya data niaga Jepang yang

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply

CAPTCHA Image
Play CAPTCHA Audio
Reload Image