Bijih Besi Tekan Aussie, Minyak Tak Mampu Dukung

20120828104614709Dilaporkan bahwa gerak nilai apresiasimata uang AUD/ USD berakhir melemah 0,7% pada sesi perdagangan pasar di hari Kamis (12/ 05/ 2016). Hal tersebut terjadi, karena seiring adanya kondisi penurunan dari gerak nilai harga komoditas bijih besi. Komoditas bijih besi merupakan komoditas ekspor utama dari negara Australia.

Kelanjutan gerak reli nilai harga komoditas minyak mentah turut membantu menopang gerak nilai apresiasi dari mata uang dengan basis komoditas. Akan tetapi, gerak nilai apresiasi Aussie tampaknya harus melemah, karena adanya penurunan gerak nilai harga komoditas bijih besi menuju ke level terendah dalam kurun waktu 2-bulan.

Gerak nilai apresiasi mata uang Australia juga melemah tajam terhadap mata uang New Zealand, yang lazim disebut dengan istilah Kiwi. Hal tersebut terjadi, setelah hasil survei Melbourne Institute menunjukkan bahwa adanya penurunan sekitar 0,4% atas ekspektasi inflasi Australia sehingga menjadi 3,2% di bulan Mei.

Rilis data tersebut, telah mendukung ekspektasi akan adanya pemangkasan lanjutan pada suku bunga di Australia. Pada pekan lalu, telah dilaporkan bahwa pihak Reserve Bank of Australia (RBA) telah menurunkan suku bunga acuan menjadi rekor terendah baru pada 1,75%.

Dilaporkan bahwa, gerak nilai apresiasi mata uang AUD/ USD sempat berada di level 0.7321 dengan potensi perdagangan cenderung bearish. Level support terdekat pada kisaran level 0.7300, dan level resisten terdekat berada di kisaran level 0.7330.

Pada sesi perdagangan pasar Asia di hari Jumat (13/ 05/ 2016) ini, para pelaku pasar akan menantikan hasil rilis data-data ekonomi Amerika, yaitu penjualan ritel, Producer Price Index (PPI), dan estimasi awal sentimen konsumen versi University of Michigan. Tidak ada informasi ekonomi yang penting yang dirilis dari Australia.

Gerak nilai harga di bursa saham Amerika, Wall Street, pada sesi perdagangan pasar Amerika di hari Kamis semalam, telah menunjukkan pergerakan yang mulai tenang. Hal tersebut terjadi, setelah dalam kurun waktu dua hari berturut-turut, gerak nilai harga saham di bursa Wall Street terkoreksi merosot tajam. Dilaporkan bahwa, Gerak nilai harga indeks saham DJIA telah bergerak positif, menguat tipis 10 poin setelah bergerak volatile dalam kurun waktu dua hari sebelumnya.

Meski demikian, namun gerak nilai harga saham Apple dilaporkan telah ditutup dengan terkoreksi turun. Dilaporkan bahwa, gerak nilai harga saham Apple telah bergerak melemah menuju kisaran level terendahnya sejak Juni 2014.

Gerak nilai harga saham Apple telah menjadi saham berkinerja terburuk pada indeks Dow Jones. Saham produsen iPhone tersebut anjkok 2.4% ke level $90.34. Karena kondisi gerak penurunan yang kuat tersebut, sehingga menyebabkan gerak nilai harga saham Apple turun peringkat menjadi perusahaan kedua terbesar berdasarkan kapitalisasi pasar.

Dilaporkan bahwa induk perusahaan Google, yaitu Alphabet, kini naik gerak nilai harga sahamnya. Gerak nilai harga saham Alphabet bergerak menguat dan menuju ke peringkat teratas dengan nilai kapitalisasi pasar sebesar $494.86 milyar US.

Faktor sentimen negatif lain yang masih mendominasi asumsi para pelaku pasar adalah akibat gerak nilai harga komoditas minyak yang fluktuatif, pertumbuhan ekonomi global yang lemah, dan laporan earnings peritel Amerika yang lemah. Para pelaku pasar akan menantikan hasil rilis data-data ekonomi Amerika, yaitu penjualan ritel, Producer Price Index (PPI), dan estimasi awal sentimen konsumen versi University of Michigan.

Gerak nilai harga komoditas minyak mentah dilaporkan bahwa akhirnya berhasil ditutup dengan kondisi menguat. Gerak nilai harga komoditas minyak mentah sebelumnya dilaporkan telah melalui alur gerak harga yang fluktuatif pada sesi perdagangan pasar di hari Kamis kemarin.

Penguatan dari gerak nilai harga komoditas minyak mentah tersebut terjadi, adalah karena proyeksi optimis dari perusahaan konsultan energi internasional. Gerak nilai harga komoditas minyak mentah menyentuh level tertinggi tahun 2016 baru di $47 US/ barel, ketika Greenback terkoreksi kuat karena adanya rilis data laporan kenaikan klaim pengangguran mingguan.

International Energy Agency (IEA) dalam laporan bulanannya merasa optimis permintaan akan bertumbuh terutama di India dan China, sementara suplai di negara-negara non-OPEC akan berkurang. Gerak nilai harga komoditas minyak mentah mengurangi keuntungannya seiring solidnya penguatan Greenback. Selain itu factor lain pendukung kondisi tersebut adalah rilis laporan Genscape akan adanya kenaikan persediaan di pusat pengiriman minyak mentah Amerika, Cushing, Oklahoma.

Gerak nilai harga komoditas minyak mentah dilaporkan telah ditutup di level $46.39 US/ barel pada perdagangan pasar di hari Kamis (12/ 05/ 2016). Gerak nilai harga komoditas minyak mentah tersebut telah naik sekitar 0,87% jika dibandingkan dengan penutupan gerak nilai harga komoditas minyak mentah di sesi perdagangan pasar sebelumnya. Gerak nilai harga komoditas minyak mentah berpotensi melemah untuk jangka pendek dengan level harga support terdekat terdekat berada di kisaran level 45.70, dan level resisten terdekat berada di kisaran level harga 47.00.

Pada sesi perdagangan pasar Asia di hari Jumat (13/ 05/ 2016) ini, para pelaku pasar akan menantikan hasil rilis data-data ekonomi Amerika. Rilis data-data ekonomi Amerika yang dinantikan tersebut, antara lain yaitu laporan penjualan ritel, Producer Price Index (PPI), dan estimasi awal sentimen konsumen versi University of Michigan.

About author

You might also like

Forex News 0 Comments

Retail Sales Data Release Di Bawah Perkiraan, Pasar Tunggu Mark Carney dan Bernanke

Mata uang USD diperdagangkan menguat apresiasinya terhadap mata uang euro dan yen pada hari Senin. Hal tersebut terjadi karena para pelaku pasar kembali mempertimbangkan potensi atas The fed. Para pelaku

Fundamental

Kospi Terdongkrak Wall Street, Pelaku Pasar Bersiap Sambut NFP

air jordan 11s flu game 12s footlocker Suppose a Air Jordan 12 Flu Game Sizes blood Wings 12s Sizes sample was Jordan 4 Dunk From Above Early Release found at

Fundamental 0 Comments

Yunani Harapkan 5 Juli, Fundamental Amerika Berpotensi Tekan Pasar

Pada sesi perdagangan pasar hari Kamis (02/ 07/ 2015) hari ini, gerak harga emas spot dilaporkan telah mengalami pergerakan yang masih kuat di teritori negatif. Gerak harga emas dilaporkan telah

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply

CAPTCHA Image
Play CAPTCHA Audio
Reload Image