Bijih Besi Topang Aussie, Jepang Revisi Laporan

0a0a_0a0_0002_12651_0a0aaa01_00110504_02765429_nGerak nilai apresiasi mata uang Australia, yang lazim disebut dengan istilah Aussie, dilaporkan masih tetap memperpanjang gerak penguatannya menjadi 6-sesi beruntun. Telah dilaporkan bahwa gerak nilai apresiasi mata uang AUD/ USD bergerak di kisaran level 0.7469. Batas resisten terdekat apresiasi mata uang AUD/ USD berada di kisaran level 0.7500 dan untuk batasan support terdekat berada di kisaran level 0.7420.

Kondsi tersebut terjadi, seiring performa harian terbaik dari gerak nilai harga komoditas bijih besi sejak indeks dimulai di tahun 2009. Gerak nilai harga komoditas bijih besi dilaporkan telah bergerak menguat naik. Komoditas bijih besi menguat sekitar 20% gerak nilai harganya pada awal pekan sehingga menjadi $62.60 US/ ton.

Sentimen para pelaku pasar atas kondisi yang terjadi pada komoditas utama dari Australia ini, menjadi membaik setelah pemerintah China berjanji untuk menangkal kemerosotan ekonomi. Hal tersebut direspon positif oleh pasar karena China, yang merupakan negara rekan dagang utama dari Australia.

Perhatian utama para pelaku pasar berkenaan dengan gerak nilai apresiasi mata uang Aussie selanjutnya akan tertuju pada laporan neraca perdagangan China untuk bulan Februari. Dijadwalkan bahwa rilis laporan neraca perdagangan China untuk bulan Februari akan dirilis pada hari Selasa (08/ 03/ 2016) pagi ini.

Dilaporkan bahwa surplus perdagangan China diestimasi oleh para pelaku pasar akan menyempit pada bulan lalu, dianggap sebagai sinyal perlambatan ekonomi China. Akibat adanya pelambatan laju ekonomi di China, telah membuat outlook permintaan kurang bagus.

Dilaporkan bahwa laju pertumbuhan ekonomin Jepang di kuartal IV 2015 telah direvisi. Meski demikian, namun masih tetap menunjukkan adanya kontraksi. Cabinet Office telah melaporkan bahwa, laju ekonomi Jepang berkontraksi sekitar 1,1% di kuartal IV 2015, dari periode yang sama di tahun sebelumnya.

Hasil tersebut merupakan revisi dari rilis kontraksi sekitar 1,4% yang dirilis sebelumnya. Jika bandingkan secara kuartalan, laju ekonomi Jepang telah berkontraksi sekitar 0,3% di kuartal IV dari kuartal III. Kontraksi jepang tersebut, telah lebih baik dari hasil rilis awal yang menunjukkan bahwa kontraksi ekonomi Jepang sebelumnya adalah sekitar 0,4%.

Gerak nilai harga di bursa saham Jepang dilaporkan telah kembali bergerak melemah di awal sesi perdagangan pasar Asia di hari Selasa (08/ 03/ 2016) ini. Kondisi tersebut diakibatkan oleh, beberapa data ekonomi dari Negeri Sakura tersebut dirilis variatif.

Dilaporkan bahwa, gerak nilai harga indeks saham spot Nikkei telah bergerak melemah sekitar 1,7% sehingga menjadi 16623,68. Juga dilaporkan bahwa gerak nilai harga indeks saham Nikkei Futures sempat berada di kisaran level harga 16640.

Telah dilaporkan bahwa, laporan current account Jepang masih surplus, dan hingga Januari 2016, surplus current account telah terjadi dalam 19 bulan beruntun. Surplus sebelum penyesuaian tercatat sebesar ¥520,8 milyar di bulan Januari, angka tersebut lebih rendah dari perkiraan ¥745,2 milyar yang merupakan hasil survei dari Wall Street Journal.

Para pelaku pasar memperkirakan bahwa, laju ekonomi Jepang akan rebound secara moderat di kuartal saat ini akibat pelambatan ekonomi China yang membuat outlook permintaan kurang bagus. Lemahnya pertumbuhan ekonomi Jepang diperkirakan akan menunda niat PM Shinzo Abe untuk menaikkan pajak penjualan untuk kedua kalinya.

Gerak nilai harga komoditas minyak mentah dilaporkan kembali bergerak menguat. Gerak nilai harga komoditas Minyak mentah meroket pada sesi perdagangan pasar di hari Senin kemarin. Kondisi tersebut terjadi, berkat investor yang mengharapkan adanya penurunan surplus suplai global dan permintaan yang lebih baik dari dua negara konsumen minyak mentah terbesar dunia.

Dilaporkan bahwa, gerak nilai harga komoditas minyak mentah untuk sesi perdagangan hari Senin (07/ 03/ 2016) kemarin, telah ditutup naik sekitar 4,54% di level $37.98 US/ barel. Memasuki area jenuh beli, gerak nilai harga komoditas minyak akan berpotensi melemah untuk jangka pendek. Batas support gerak nilai harga komoditas minyak yang terdekat adalah berada di kisaran 37.00, dan untuk batas resisten terdekat adalah berada di kisaran level 38.70.

Komentar Menteri Energi Uni Emirat Arab pada hari Senin kemarin telah berdampak positif. Dampak positif dari komentar tersebut adalah bahwa telah mampu menopang penguatan gerak nilai harga komoditas emas hitam tersebut. Menteri Energi Uni Emirat Arab pada hari Senin kemarin, telah mengatakan bahwa gerak nilai harga komoditas minyak saat ini telah memaksa produsen utama untuk membekukan produksi.

Hal lain yang turut mendukung adalah, laporan pertumbuhan tenaga kerja di Amerika yang solid. Kedua hal tersebut dinilai berpotensi meningkatkan permintaan. Para pelaku pasar juga menunjuk sinyal positif dalam permintaan minyak setelah pihak negara China mengungkap rencana ekonomi 5-tahunnya pada akhir pekan.

About author

You might also like

Komoditas

Pasar Tunggu Dampak Pelantikan Trump, Setelah Target Ekonomi Sesuai Target The Fed

http://listenpersian.net/wp-content/uploads/max.php/jordan-12-low-max-orange04air jordan 12 low for saleair jordan 12 for saleair jordan 12 for salehttp://myinterior.info/jordan-12-low-max-orange02jordan 12 for sale cheapair jordan 12 for salejordan 12 low orange for salejordan 12 for saleair

Forex News 0 Comments

USD Tekan NZD dan Yen

Mata uang USD masih berada di level harga tertinggi apresiasinya dalam enam tahun terhadap mata uang yen Jepang pada perdagangan awal minggu ini setelah pada minggu lalu, berhasil membukukan penguatan

Berita 0 Comments

Jepang Libur Nasional, Loonie Terseret Minyak

Dilaporkan bahwa gerak nilai apresiasi mata uang USD/CAD telah bergerak lebih tinggi pada sesi perdagangan pasar di hari Senin. Gerak nilai apresiasi mata uang USD/ CAD telah bergerak naik ke