BoC Tentukan Keputusan, Bursa Saham Asia Dibuka Terkoreksi

6a011560f371ca6970c0120a65aa8803970bTelah dilaporkan bahwa gerak nilai apresiasi mata uang USD/ CAD bergerak melemah pada sesi perdagangan pasar di hari Rabu kemarin. Gerak nilai apresiasi Loonie telah bergerak melemah di kisaran level 1.3253 yang adalah level terendah dalam kurun waktu dua pekan terakhir.

Hal tersebut terjadi, setelah pihak dari Bank of Canada (bOC) memutuskan untuk meninggalkan kebijakan suku bunga tidak berubah dan naiknya adanya gerak kenaikan nilai harga komoditas minyak. Dilaporkan bahwa pihak berwenang dari BoC akhirnya memutuskan bahwa tingkat suku bunga tidak berubah di level 0.5%.

Pelemahan gerak nilai apresiasi Loonie juga terimbas oleh tingginya gerak nilai harga komoditas minyak pada sesi perdagangan pasar di hari Rabu. Hal tersebut terjadi, di tengah laporan berpotensinya diperpanjang pengurangan pasokan oleh OPEC.

Gerak nilai harga di bursa saham Asia pada sei perdagangan pasar Asia di hari Kamis pagi ini, dilaporkan telah dibuka melemah. Dilaporkan bahwa gerak nilai harga di bursa saham Asia langsung tersungkur di jalur negatif.

Pelemahan gerak nilai harga di bursa saham Asia ini terjadi karena para pelaku pasar tampaknya masih terus diliputi kekhawatiran terkait meningginya suhu keamaman di Semenjung Korea. Hal tersebut terjadi, setelah pihak dari Korea Utara mengancam akan menyerang Amerika dengan senjata nuklirnya.

Pada sesi perdagangan pasar di hari Kamis pagi, gerak nilai harga indeks saham Nikkei 225, Jepang, dilaporkan telah dibuka melemah. Gerak nilai harga indeks saham Nikkei 225 dibuka dengan terkoreksi sebesar 218,75 poin atau turun sekitar 1,18 % dengan sempat berada di kisaran level harga 18.333,86.

Gerak nilai harga indeks saham Hang Seng 33, Hong Kong, dilaporkan juga telah dibuka dengan keadaan terkoreksi melemah. Gerak nilai harga indeks saham Hang Seng 33 terkoreksi melemah sebesar 100,60 poin atau turun 0,41 % ke kisaran 24.212,90.

Gerak nilai harga indeks saham ASX 200, Australia, dilaporkan turut dibuka melemah. Dilaporkan bahwa gerak nilai harga indeks saham ASX 200 dibuka berkurang sebesar 48,76 poin atau melemah sekitar 0,82 % ke kisaran level harga 5.885,20.

Pelehaman gerak nilai harga juga terjadi di bursa saham Shanghai, China. Dilaporkan bahwa gerak nilai harga indeks saham SSE telah dibuka melemah sebesar 7,36 poin atau anjlok sekitar 0,22 % ke kisaran level harga 3.266,47.
Gerak nilai harga indeks saham Kospi, Korea Selatan, dilaporkan telah dibuka melemah. Gerak nilai harga indeks saham Kospi telah dibuka dengan kondisi berkurang sebesar 1,26 poin atau turun sekitar 0,06 % ke kisaran level harga 2.127,65.

Gerak nilai harga komoditas minyak mentah Brent dilaporkan menguat sekitar 0,34 % ke kisaran level harga $ 56,42 US/ barel. Dilaporkan juga bahwa Gerak nilai harga komoditas minyak mentah Amerika, WTI (West Texas Intermediate) telah bergerak menguat sekitar 0,36 % ke kisaran level harga $ 53,59 US/ barel.

Kenaikan dari gerak nilai harga komoditas minyak mentah ini telah menempatkan komoditas emas hitam tersebut di jalur penguatan beruntun terpanjang sejak kurun waktu Agustus 2016. Kenaikan harga gerak nilai harga komoditas minyak mentah kali ini dipicu pernyataan Arab Saudi yang disebut akan melobi OPEC guna memperpanjang kesepakatan pemangkasan produksi.

Pihak dari Arab Saudi, mengatakan kepada produsen lain keinginan untuk memperpanjang pemangkasan produksi jika pada semester pertama 2017 berakhir. Pihak Arab Saudi adalah merupakan produsen komoditas minyak mentah terbesar di antara anggota Organisasi Negara Eksportir Minyak (OPEC).

Pihak OPEC dan negara produsen minyak di luar OPEC telah sepakat untuk memangkas produksi sekitar 1,8 juta barel/ hari (bph), selama semester pertama tahun ini. Hal tersebut dilakukan, dalam rangka usaha menopang gerak nilai harga komoditas minyak mentah yang menurun selama setahun terakhir.

Dilaporkan bahwa pihak Arab Saudi telah memangkas produksi dalam jumlah yang sangat signifikan. Langkah yang dilakukan oleh pihak Arab Saudi tersebut telah menopang gerak nilai harga komoditas minyak mentah secara efektif.
Meski demikian yang terjadi, namun demikian melimpahan produksi minyak shale Amerika masih membayangi pergerakan naik gerak nilai harga komoditas minyak mentah ini. Dilaporkan bahwa dalam kurun waktu lima hari terakhir, gerak nilai harga komoditas minyak mentah minyak mengalami tren kenaikan, terutama disebabkan tensi geopolitik yang meningkat di kawasan Timur Tengah pasca-serangan rudal Tomahawk Amerika ke Suriah yang menyebabkan kekhawatiran para pelaku pasar akan terganggunya pasokan minyak dari kawasan ini ke seluruh dunia.

About author

You might also like

Emas Sempat Rebound, Arah Masih Bearish

Pada sesi perdagangan hari Selasa (23/ 09/ 2014) kemarin, harga emas diperdagangkan menguat. Harga emas rebound mencapai level tetinggi hariannya pada level harga $1,236.15 US sebagai aksi profit taking oleh

Komoditas 0 Comments

Kondisi Global Pengaruhi Gerak Emas

Pada sesi perdagangan pasar Asia di hari Jumat (17/ 10/ 2014) ini, harga emas diperdagangkan flat. Hal ini terjadi karena para pelaku pasar fokus menunggu laporan ekonomi global pada hari

Komoditas 0 Comments

Harga Emas Akan Naik Tipis Tahun 2014, Level $1500 Cukup Rasional

Sepanjang tahun ini, pergerakan harga emas global terpantau mengalami kondisi yang menurun. Jika di awal tahun bulan Januari tahun ini harga emas sempat berada pada posisi 1714 dollar per troy

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply

CAPTCHA Image
Play CAPTCHA Audio
Reload Image