Debat Capres Amerika Berimbas Di Pasar Global, Nikkei Terkoreksi Melemah

d13340735992d9b3832a19714fe75461-6-1386x769Dilaporkan bahwa gerak nilai apresiasi mata uang Yen telah bergerak melemah di sesi perdagangan pasar Asia pada hari Selasa. Hal tersebut terjadi, setelah gerak nilai apresiasi mata uang Yen sempat menguat setelah minutes dari pertemuan Bank of Japan (BoJ) bulan Juli.

Telah dilaporkan bahwa, hasil dari pertemuan BoJ bulan Juli menunjukkan sebuah dorongan untuk pelonggaran lebih lanjut. Hal lain yang turut menunjang pelemahan dari gerak nilai apresiasi mata uang Yen adalah, karena para pelaku pasar yang sedang menunggu hasil dari debat pertama antara dua kandidat calon Presiden Amerika.

Gerak nilai apresiasi mata USD/ JPY dilaporkan telah sempat bergerak di kisaran level 100.42. Gerak nilai apresiasi mata uang Yen telah sempat naik sekitar 0.08%. Gerak nilai apresiasi mata USD/ JPY diasumsikan memiliki level resisten terdekat di kisaran level 101.60 dan level support di kisaran level 99.85.

Dilaporkan bahwa hasil data indeks harga perusahaan jasa di Jepang untuk bulan Agustus telah dilansir naik sekitar 0.2% pada tingkat tahunan. Angka tersebut lebih rendah jika dibandingkan dengan perkiraan sebelumnya yaitu adanya kenaikan sekitar 0.3%.

Pihak berwenang dari BoJ juga telah merilis notula dari pertemuan bulan Juli. Hasil dari pertemuan BoJ bulan Juli menunjukkan sebuah dorongan untuk pelonggaran lebih lanjut.

Gerak nilai harga indeks saham Jepang dilaporkan telah bergerak melemah anjlok ke level terendah 7-1/2 minggu di awal sesi perdagangan pasar di hari Selasa. Hal tersebut terjadi seiring sentimen terbebani oleh pelemahan di bursa saham Wall Street.

Adanya beberapa ketidakpastian menjelang debat pemilu Presiden Amerika juga mendorong para pelaku pasar untuk menghindari aset berisiko. Aset beresiko tersebut seperti perdagangan saham, dan lebih memilih obligasi dan mata uang Yen sebagai safe haven.

Perdebatan antara kandidat Presiden Amerika dari Partai Demokrat Hillary Clinton dan Donald Trump dari Partai Republik bisa mendatangkan dampak besar. Para pelaku pasar cenderung melihat Hillary Clinton sebagai calon status quo, sementara sebagian kalangan menilai terpilihnya Donald Trump bisa memicu perubahan besar dalam menjadi kebijakan luar negeri, perdagangan dan perekonomian Amerika.

Dilaporkan bahwa gerak nilai harga indeks saham Nikkei 225 terpantau telah terkoreksi turun sekitar 1,37% ke kisaran level harga 16317.43. Gerak nilai apresiasi mata uang Yen yang telah mengikis prospek penjualan dan keuntungan eksportir.

Gerak nilai harga saham perusahaan Sony Corp. dan Fujitsu dilaporkan telah bergerak melemah, merosot masing-masing 1,75% dan 2,39%. Juga dilaporkan bahwa, gerak nilai harga saham perusahaan produsen otomotif, yaitu perusahaan Toyota, terkoreksi turun sekitar 0,73% dan gerak nilai harga saham perusahaan Nissan telah kehilangan 1,27%.

Gerak nilai harga komoditas minyak mentah dilaporkan telah bergerak melemah di sesi perdagangan pasar Asia pada hari Selasa. Hal tersebut terjadi, karena para pelaku pasar perhatiannya tengah tertuju kepada pertemuan OPEC di akhir pekan dan data pasokan dari Amerika.

Gerak nilai harga komoditas minyak mentah WTI dilaporkan telah bergerak turun sekitar 0.8% ke level $45.46 US/ barel. Gerak nilai harga komoditas minyak mentah diasumsikan miliki level support terdekat di kisaran level harga $45.00 US/ barel, dan level resisten di kisaran level harga $46.10 US/ barel.

Dilaporkan pada akhir sesi perdagangan pasar hari Selasa, pihak berwenang dari American Petroleum Institute (API) akan merilis laporan pasokan minyak mentah dan cadangan produk minyak olahan pada pekan lalu. Angka yang dirilis akan diikuti oleh data pemerintah pada hari Rabu dari Departemen Energi Amerika.

About author

You might also like

Forex News 0 Comments

Euro Merespon Negatif Data PMI Italia

Euro kembali merosot di bawah $1.34 pada hari Selasa menyusul rilis data sektor jasa Italia yang lebih lemah dari harapan. Kendati data PMI dari negara Eropa lainnya mampu memenuhi ekspektasi

CFD News 0 Comments

Saham Berbasis Eksportir Terpelanting, Mata Uang Euro Berbenah

Gerak nilai saham Asia membuntuti kinerja bursa Wall Street dengan bergerak variatif pada awal sesi perdagangan pasar hari Jumat (04/ 09/ 2015) ini. Volatilitas pasar meningkat di awal sesi seiring

Berita 0 Comments

Yen Menguat Pada Sesi Asia, Sterling Rebound

Yen terhampar dekat level tinggi 2-pekan terhadap euro pada awal sesi hari Selasa dan menguat cukup tajam terhadap mata uang utama lainnya seiring investor mengurangi posisi bearish. Analis mengatakan langkah

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply

CAPTCHA Image
Play CAPTCHA Audio
Reload Image