Euro Bergerak Terbatas Tunggu Keputusan Suku Bunga ECB

Euro Bergerak Terbatas Tunggu Keputusan Suku Bunga ECB

Pada perdagangan hari ini nilai tukar euro kembali mengalami pelemahan terhadap dollar AS (09/01). Posisi dollar sendiri masih berada dalam pola menguat terhadap sebagian besar rivalnya hari ini. Sinyal membaiknya data dari sektor tenaga kerja Amerika Serikat mendukung ekspektasi bahwa ekonomi di negara tersebut akan cukup kuat untuk menahan kebijakan Fed menarik seluruh stimulusnya tahun ini. Data klaim pengangguran nanti malam diperkirakan akan mengalami penurunan.

Tadi malam Fed merilis catatan rapatnya yang berlangsung pada tanggal 17 - 18 Desember 2013 yang lalu. Dalam rapat tersebut bank sentral memutuskan untuk mulai mengurangi program pembelian obligasi bulanannya dari 85 miliar dollar menjadi 75 miliar dollar per bulan.

Rilis catatan rapat juga menunjukkan bahwa Fed melihat adanya risiko stabilitas keuangan di masa depan apabila program stimulus tidak dikurangi. Hal ini memicu aksi jual di pasar emas karena investor memandang hal tersebut sebagai sebuah sinyal bahwa tahun ini stimulus akan sama sekali dihapuskan.

Para pelaku pasar memang tidak terlalu banyak bergerak sebab mereka masih menantikan keputusan penetapan suku bunga acuan dan komentar dari Presiden ECB Mario Draghi. Nanti malam dijadwalkan Draghi akan mengumumkan suku bunga acuan di kawasan euro. Diperkirakan suku bunga acuan masih akan dipertahankan di level 0.25 persen.

Hari ini euro sempat melemah lagi ke posisi 1.3567 dollar. Akan tetapi siang ini euro tampak tertarik rebound dan berada pada posisi 1.3579 dollar saat berita ini ditulis. Pada penutupan perdagangan dini hari tadi euro berada pada posisi 1.3576 dollar.

Pergerakan nilai tukar euro terhadap dollar AS pada perdagangan hari ini akan cenderung masih melanjutkan penurunan meskipun akan terbatas. Untuk hari ini mata uang tersebut diperkirakan akan mengalami pergerakan pada kisaran 1.3520 - 1.3620 dollar.

About author

You might also like

Koreksi Aksi Jual Emas Masih Warnai Pasar, Jelang Rilis Data FOMC

Mundurnya mantan Menkeu Amerika, Larry Summers, dalam pencalonan kursi Gubernur Bank Sentral Amerika, atau yang lebih dikenal sebagai Federal Reserve, membuat mata uang USD melemah. Kondisi ini akhirnya memberikan peluang

Komoditas 0 Comments

Komoditas Logam Mengalami Koreksi Bearish, Langkah The Fed Disanksikan Pasar

Perdagangan pasar komoditi emas kembali diperdagangkan melemah selama sesi perdagangan akhir pekan. Pasar mengalami kerugian tajam yang hampir menghapus keuntungan selama sesi perdagangan Rabu (18/ 09/ 2013) setelah pertemuan FOMC

Perlemahan Emas Tertahan kebijakan ECB

Gerak harga emas diperdagangkan melemah setelah indeks USD melonjak mendekati level tertinggi sejak 2 Oktober lalu. Meski demikian keadaannya, harga emas masih bertahan diatas level $1,240.00 US, tertahan pada support

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply

CAPTCHA Image
Play CAPTCHA Audio
Reload Image