Euro Menguat Jelang Pemilu Perancis, Minyak Dan Indeks Saham Turut Menggeliat

0Pergerakan nilai apresiasi mata uang EUR/ USD dilaporkan telah sempat bergerak menguat ke level 1.0717 pada awal sesi perdagangan pasar Asia di hari Jumat. Gerak nilai apresiasi mata uang Euro telah sempat berada di dekat level tertinggi dalam kurun waktu tiga pekan.

Hal tersebut terjadi, di tengah kondisi para pelaku pasar yang tengah menantikan putaran pertama pemungutan suara pemilu Presiden Perancis. Menjelang putaran pertama pemilu Presiden Perancis, gerak nilai apresiasi mata uang Euro ada kemungkinan akan bergerak terbatas untuk melakukan penyesuaian posisi, demikian yang diucapkan Masafumi Yamamoto, kepala analis mata uang di Mizuho Securities di Tokyo.

Masafumi Yamamoto juga mengatakan bahwa berdasarkan hasil poling sementara, kandidat Emmanuel Marcon dan Marine Le Pen akan bersaing ketat di putaran pertama. Meski demikian, namun jika Le Pen unggul dengan selisih besar di putaran pertama, dampaknya gerak nilai apresiasi mata uang Euro akan sangat volatile.

Gerak nilai apresiasi mata uang EUR/ USD memiliki level support terdekat di kisaran level 1.0690. Gerak nilai apresiasi mata uang Euro memiliki level resisten di kisaran level 1.0750.

Gerak nilai harga di bursa saham Asia pada sesi perdagangan hari Jumat (21/ 04/ 2017) ini dilaporkan telah dibuka secara menguat. Pada sesi perdagangan pasar Asia di pagi ini, dilaporkan bahwa gerak nilai harga indeks saham Nikkei 225, Jepang, telah dibuka menguat sebesar 156,72 poin atau naik sekitar 0,85 % ke kisaran level harga 18.587,21.

Gerak nilai harga indeks saham Hang Seng 33, Hong Kong, dilaporkan telah dibuka dengan turut menguat. Dilaporkan bahwa gerak nilai harga indeks saham Hang Seng 33 telah meningkat sebesar 89,32 poin atau bertambah sekitar 0,37 % ke kisaran level harga 24.146,30.

Juga telah dilaporkan bahwa gerak nilai harga indeks saham ASX 200, Australia, dibuka secara menguat . Gerak nilai harga indeks saham ASX 200 telah meningkat sekitar 36,71 poin atau naik sebesar 0,63 % ke kisaran level harga 5.858,10.

Gerak nilai harga indeks saham SSE, Shanghai, China, dilaporkan telah dibuka menguat bertabah sekitar 4,82 poin atau naik sebesar 0,15 % ke kisaran level harga 3.176,92. Juga telah dilaporkan bahwa gerak nilai harga indeks saham Kospi, Korea Selatan, telah dibuka menguat sekitar 19,55 poin atau naik sebesar 0,91 % ke kisaran level harga 2.168,70.

Gerak nilai harga komoditas minyak mentah di pasar berjangka Asia dilaporkan juga telah mencatatkan angka penguatan. Gerak nilai harga komoditas minyak mentah Brent telah sempat bergerak naik sebesar 0,72 % ke kisaran level harga $ 53,31 US/ barel dan gerak nilai harga komoditas minyak mentah Amerika, WTI, telah sempat bergerak menguat 0,65 % ke kisaran level harga $ 50,77 US/ barel.

Gerak nilai harga komoditas minyak mentah telah bergerak turun ke level harga $50.68 pada awal sesi perdagangan pasar di hari Jumat, dengan level harga support terdekat di kisaran level harga $50.50 dan level harga resisten di kisaran level harga $51.30. Hal tersebut terjadi, di tengah kewaspadaan para pelaku pasar terhadap keraguan atas kebijakan yang akan diambil oleh pihak OPEC.

Pihak OPEC memiliki niat untuk menyeimbangkan gerak nilai harga komoditas minyak mentah di pasar di tengah kondisi kelebihan pasokan global selama dua tahun terakhir. Para pelaku pasar tampak ragu terhadap dampak dari upaya pihak OPEC untuk untuk memangkas produksi hampir 1.8 juta barel pada semester pertama tahun ini.

Data dari Thomson Reuters menunjukkan bahwa sebanyak 48 juta barel minyak mentah telah di kapalkan di seluruh lautan di periode bulan April, naik 5.8% sejak bulan Desember, sebelum pengurangan produksi dilaksanakan. Gerak nilai harga komoditas minyak mentah bergerak stabil setelah turun sebanyak 3.5% pada awal pekan ini.

About author

You might also like

Komoditas 0 Comments

Sudah Mencapai 10 Hari Federal Shutdown, Emas Bukan Idola Pasar Lagi Saat Ini

Pasar emas bergerak terkoreksi negative dan anjlok menjelang pertemuan FOMC Minutes Amerika semalam. Harga hampir tidak bergerak pada saat menjelang even dan setelah pertemuan FOMC Minutes berlansung. Janet Yellen akhirnya

Komoditas 0 Comments

Yen Terdongkrak Kondisi China dan Minyak, Pasar Ragukan Kesepakatan di OPEC

Gerak nilai apresiasi mata uang negara Australia, yang lazim disebut dengan Aussie, dilaporkan masih tampil kokoh terhadap semua Major currencies. Hal tersebut terjadi, karena menjelang keputusan kebijakan dari Reserve Bank

Komoditas 0 Comments

Pasar Emas Cermati Fundamental Minggu Ini, Setelah Shutdown Terjadi Minggu Lalu

Setelah kemelut yang terjadi di kongres Amerika pada pekan lalu, ternyata tidak membuat komoditi emas menjadi investasi yang safe-heaven. Hal ini dikarenakan kondisi tersebut hanya diperkirakan untuk beberapa saat, namun