Euro Terdampak Suasana Pemilu Prancis, Trump dan Abe Akan Bertemu

817d66a50f4d4d2d4d4efa8459714475Gerak nilai apresiasi mata uang EUR/ USD tampaknya tengah mencoba pulih pada sesi perdagangan pasar Asia. Dilaporkan bahwa gerak nilai apresiasi mata uang Euro telah sempat bergerak naik sekitar 0.05% di level 1.0685, menyusul tekanan dari kecemasan politik di zona Eropa menjelang pemilu.

Persaingan menuju kursi presiden di Perancis semakin terjebak dalam skandal setelah Emmanuel Macron dipaksa membantah adanya hubungan di luar nikah dan Francois Fillon dari partai konservatif meneruskan usaha untuk menyelamatkan reputasinya. Ketidakpastian mengenai pemilu dua putaran pada 23 April dan 7 Mei mendorong premi permintaan investor terhadap obligasi Perancis dibandingkan Jerman ke level tertinggi dalam hampir selama kurun waktu 4 tahun.

Hasil polling opini menunjukkan bahwa Macron masih sedikit unggul dibandingkan degnan Fillon di putaran pertama. Meski demikian, namun tertinggal dari Marine Le Pen, yang mana berjanji untuk menarik Perancis keluar dari zona Euro dan menggelar voting keanggotaannya dalam Uni Eropa.

Gerak nilai harga indeks saham Jepang, Nikkei 225, dilaporkan telah bergerak melemah sekitar 0,25% di kisaran level harga 18.930 pada sesi perdagangan pasar di hari Selasa (07/ 02/ 2017) ini. Hal tersebut terjadi, menyusul kekhawatiran investor jika tokoh sayap kanan Perancis, Marine Le Pen, memenangkan pemilu Perancis di April dan Mei mendatang.

Para pelaku pasar khawatir jika Le Pen menang karena wanita yang mengumandangkan slogan France First ini menginginkan Perancis keluar dari zona Euro. Hal ini diperkuat dengan hasil polling terabaru awal Februari yang menunjukkan peningkatan suara Le Pen, kendati masih di bawah Emmanuel Macron, menteri ekonomi Perancis saat ini yang juga mencalonkan diri.

Gerak nilai harga saham-saham eksportir dilaporkan telah mengalami koreksi mengikuti gerak nilai harga di bursa saham Eropa. Gerak nilai harga di bursa saham Eropa dilaporkan telah ditutup melemah pada sesi perdagangan pasar di hari Senin.

Marine Le Pen dalam peluncuran kampanye perdananya pada hari Senin kemarin, telah mengeluarkan manifesto untuk membawa Perancis keluar dari blok mata uang Eropa. Hal tersebut dicetuskan oleh Marine Le Pen, jika dia memenangkan pemilu. “Pemilu Perancis merupakan satu dari risiko besar tahun ini, dan jika Marine Le Pen menang, ada potensi Uni Eropa akan bubar,” demikian jelas Toshihiko Matsuno, senior strategist di SMBC Friend Securities Co. yang berbasis di Tokyo.

Gerak nilai apresiasi mata uang Yen pada sesi perdagangan pasar Asia di hari Selasa ini tampaknya masih melanjutkan penguatan kemarin. Dilaporkan bahwa gerak penguatan nilai apresiasi mata uang Yen kemarin telah mencapai 0,8% akibat adanya sentimen safe haven. Dilaporkan bahwa Presiaden Amerika, Donald Trump, dan Perdana Menteri Jepang, Shinzo Abe, dijadwalkan bertemu pada hari Jumat depan.

Gerak nilai harga komoditas minyak mentah dilaporkan telah kembali rebound ke kisaran level harga $51.55 US/ barel. Hal tersebut terjadi, setelah gerak nilai harga komoditas minyak mentah sempat dibuka melemah dan anjlok mencapai level rendah di kisaran harga $51.21 US/ barel pada awal sesi perdagangan pasar Asia.

Penguatan dari gerak nilai harga komoditas minyak mentah terjadi, menyusul penurunan lebih dari 1% pada sesi sebelumnya, terbantu oleh koreksi pada nilai apresiasi Greenback akibat aksi profit taking para pelaku pasar. Kenaikan tajam pada suplai minyak mentah Amerika dan penurunan tingkat permintaan minyak di China mensinyalkan bahwa pasar minyak global akan tetap mengalami kelebihan suplai kendati usaha pemangkasan output yang dipimpin oleh pihak OPEC.

Menurut pandangan para pelaku pasar, gerak nilai harga komoditas minyak mentah terkoreksi anjlok tajam akibat kenaikan tajam di luar ekspsektasi pada suplai minyak Amerika dan produknya, seperti yang dilaporkan oleh pihak berwenang dari American Petroleum Institute (API). Pihak berwenang dari API melaporkan kenaikan suplai minyak sebanyak 14.2 juta barel menjadi 503.6 juta barel, dibandingkan dengan estimasi untuk kenaikan sebanyak 2.5 juta barel.

Dilaporkan juga bahwa untuk suplai bensin dalam kondisi naik. Suplai bensin dilaporkan meningkat sebanyak 2.9 juta barel, dibandingkan dengan estimasi para pelaku pasar sebelumnya bahwa akan ada kenaikan suplai bensin sebesar 1.1 juta barel.

About author

You might also like

Berita 0 Comments

Kurs Pound Hari Ini, Merangkak Tipis

Poundsterling hari ini (05:00:02 GMT, Rabu, 30 April 2014 ) menguat setelah dibuka di 1.6822 pada awal perdagangan (00.00 GMT) dan telah naik sekitar 2 pips atau sekitar 0.01 %.

Berita 0 Comments

Aussie Fluktuatif Pasca Komentar Stevens

Aussie diperdagangkan fluktuatif pasca komentar Gubernur Reserve Bank of Australia, Glen Stevens. Aussie pada perdagangan kemarin berhasil menguat tajam terhadap dollar dan menembus di atas level 0.9000 menyusul apiknya data-data

CFD News 0 Comments

Revisi PDB Jepang Dirilis Sesuai Harapan, USD Masih Tekan Yen dan AUD

Di awal sesi perdagangan pasar asia pada hari Senin (08/ 09/2014), mata uang negara Jepang, yen, melemah apresiasinya. Hal ini terjadi setelah laporan kuartal kedua revisi PDB Jepang dirilis sesuai

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply

CAPTCHA Image
Play CAPTCHA Audio
Reload Image