Gerak Apresiasi Greenback Melandai, Inggris Cemaskan Warganya di Rusia

1385831_5400335302737348_477771820_nGerak nilai apresiasi Greenback dilaporkan bergerak melandai rendah di bawah level 90 seiring pasar Asia yang dibuka pada Senin pagi. Didorong oleh risk aversion, mata uang anti risiko yen Jepang melakukan yang terbaik minggu lalu dan terus menguat saat pasar Asia dibuka pada hari Senin.

Indeks dolar USD yang melacak greenback terhadap enam mata uang utama bertahan di 89,87 pada pukul 10:50 WIB, naik 0,08%. Indeks dolar diperdagangkan setinggi 90,37 Jumat lalu.

Pasangan USD/JPY melemah 0,16% ke 105,84, kemerosotan yang tajam dari level tertinggi minggu lalu di 107,23. Pemulihan perdagangan negara Jepang berlanjut setelah data ekspor mencapai 1,8% di bulan Februari, meleset sedikit dari kenaikan 1,9% yang diharapkan. Namun, ekspor ke China, mitra dagang terbesar negara itu, turun 9,7% dari tahun ke tahun.

Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe masih terlibat dalam skandal politik perubahan dokumen-dokumen yang terkait dengan istrinya. Ketegangan politik di negara tersebut mendorong mata uang safe haven saat rating Abe terkena pukulan dalam sebuah survei nasional dilakukan.

Pasangan AUD/USD diperdagangkan di 0,7701, naik 0,17%. Reserve Bank of Australia masih belum memberikan tanda-tanda kenaikan suku bunga, namun risalah rapat Bank Sentral negara ini yang dijadwalkan pada hari Selasa diperkirakan akan memberikan arahan tren Aussie selanjutnya. Data pekerjaan negara tersebut bulan Februari juga akan diumumkan pada hari Kamis.

Di tempat lain, People’s Bank of China (PBOC) menetapkan tingkat koreksi yuan terhadap dolar di 6,3141 versus hari Jumat 6,3238. Pasangan USD/CNY berkurang 0,04% menjadi 6,3311.

Telah dilaporkan bahwa pihak Inggris mengatakan pada hari Sabtu lalu bahwa prioritasnya adalah menjaga pegawainya di Rusia. Hal tersebut terjadi, setelah Moskow mengusir 23 diplomat Inggris dalam krisis yang meningkat antara dua negara atas peracunan agen ganda.

Langkah Rusia terjadi setelah keputusan Inggris pada Kamis mengusir 23 diplomat Rusia atas serangan racun saraf di Inggris kota Salisbury yang menyebabkan mantan mata-mata Rusia dan anak perempuannya sakit parah di rumah sakit.
Kantor Kementerian Luar Negeri Inggris mengatakan dalam sebuah pernyataan pada Sabtu bahwa Dewan Keamanan Nasional negara tersebut akan bertemu lebih awal minggu ini. Mereka akan bertemu pada minggu ini, untuk mempertimbangkan langkah selanjutnya

“Prioritas kami saat ini adalah menjaga pegawai kami di Rusia dan membantu mereka yang akan kembali ke Inggris, “kata Kementerian Luar Negeri dalam pernyataannya. “Tanggung jawabnya tetap berada di negara Rusia untuk menjelaskan tindakan mereka dan untuk memenuhi kewajiban internasional mereka.”

Dilaporkan pada minggu lalu bahwa gerak nilai harga komoditas emas melayang mendekati posisi terendah 2 minggu pada hari Jumat, namun kerugian bisa dibatasi akibat situasi politik AS yang kurang kondusif terus memberi tekanan kepada dolar dan kekhawatiran potensi perang dagang terus berlangsung.

Greenback melemah setelah Washington Post melaporkan pada hari Kamis bahwa Presiden AS Donald Trump telah memutuskan untuk mengganti penasihat keamanan nasionalnya, H.R. McMaster. Pasar sudah gelisah menyusul keputusan Presiden pada hari Selasa yang memecat Sekretaris Negara Rex Tillerson. Menambah kekhawatiran atas politik AS adalah potensi perang dagang yang telah meningkat setelah Donald Trump mengumumkan rencana minggu ini untuk mengenakan bea masuk kepada China hingga sebesar 60 miliar dolar, yang secara khusus menargetkan sektor teknologi dan telekomunikasi.
Indeks dolar AS, yang mengukur kekuatan greenback terhadap enam mata uang utama, melemah 0,14% ke 90,01, mundur dari level tertinggi satu minggu di 90,17 hari Jumat.

Dilaporkan pada minggu lalu bahwa gerak nilai harga komoditas emas berjangka sedikit berubah di $1,317.9 per troy ounce pada pukul 14.20 WIB, menjauh dari level terendah dua minggu $1.313.7. Gerak nilai harga komoditas emas sensitif terhadap pergerakan dolar. Melemahnya dolar membuat emas lebih murah bagi pemegang mata uang asing. Di tempat lain di Comex, perak berjangka hampir tidak berubah pada $16,43 per troy ounce.

About author

You might also like

Berita 0 Comments

Poundsterling Kembali Coba Intai Level Tertinggi Sejak Agustus 2011

Mata uang poundsterling Inggris tampak masih berniat untuk melanjutkan pergerakan menguatnya terhadap dollar AS pada perdagangan Senin ini (30/12). Mata uang Inggris ini di sesi perdagangan Jumat mengalami lonjakan hingga

Berita 0 Comments

Dollar Tergelincir Sebelum Pidato Yellen

Dollar bersiap untuk kenaikan mingguan terhadap sebagian besar mata uang utama sebelum ketua Federal Reserve Janet Yellen berpidato pada hari ini di pertemuan para bankir bank sentral di Jackson Hole,

Komoditas

Greenback Tampak Tertekan, Cadangan Minyak Amerika Dilaporkan Turun

ray ban sale michael kors outlet stores Dilaporkan bahwa gerak nilai apresiasi Greenback tampak masih tertekan di kisaran level rendah dalam kurun waktu dua setengah tahun terhadap mata uang Euro.