Gerak Nilai Euro Terkoreksi Atas Greenback, Nikkei Tampak Bergerak Positif

d13340735992d9b3832a19714fe75461-6-1386x769Telah dilaporkan bahwa gerak nilai apresiasi mata uang Uni Eropa, yaitu mata uang Euro, mengalami koreksi. Gerak nilai apresiasi mata uang EUR/ USD bergerak melemah sampai dengan 0,34%. Hal tersebut terjadi sehari menjelang pertemuan moneter European Central Bank (ECB).

Kondisi tersebut terjadi setelah hasil rilis data Amerika dilaporkan positif. Hasil rilis data properti Amerika yang dilaporkan positif, telah membantu memulihkan gerak nilai apresiasi Greenback. Data aktual existing home sales Amerika untuk bulan Maret yang lebih baik dari ekspektasi para pelaku pasar sebelumnya, turut membantu menghentikan gerak penurunan di 3-sesi perdagangan pasar beruntun dari indeks USD.

Para pelaku pasar akan fokus pada konferensi pers presiden European Central Bank (ECB) pada hari Kamis malam usai pertemuan ECB. Diharapkan oleh para pelaku pasar dalam konfrensi pers Mario Draghi tersebut, terutama untuk mencari tahu tinjauan ECB terkait efek suku bunga negatif pada perekomian dan juga proyeksi jangka panjang pertumbuhan ekonomi dan inflasi.

Diperkirakan bahwa gerak nilai apresiasi mata uang EUR/ USD akan cenderung tertekan. Gerak nilai apresiasi mata uang Euro akan menguji level support 1.1310, dan untuk gerak naik akan menghadapi level resisten terdekat yaitu di level 1.1355.

Dilaporkan bahwa Ian McCafferty, petinggi Bank of England, mengatakan laju pertumbuh upah di Inggris yang lebih lambat dari antisipasi mungkin hanya sementara. Meski laju kenaikan upah seiring dengan mengetatnya pasar tenaga kerja nampak terganggung oleh laju inflasi yang rendah saat ini, namun ketika laju CPI mulai naik, kondisi kemungkinan akan berbalik, dan laju upah akan merespon dengan cepat, demikian ucap McCafferty.

Ian McCafferty siap untuk mulai kembali mendukung langkah Bof menerapkan kebijakan menaikkan suku bunga. Adanya kenaikan suku bunga akan didukung oleh Ian McCafferty, saat dirinya melihat sinyal pulihnya laju inflasi.

Ian McCafferty mengatakan bahwa dirinya memperkirakan proses normalisasi akan berlanjut dan perekonomian akan terus pulih, begitu juga laju inflasi konsumen yang akan kembali menuju target 2%. Perubahan pada posisi kebijakan saya sendiri lebih dikarenakan faktor waktu bukan perubahan penilaian pada outlook fundamental perekonomian, tambahnya.

Ian McCafferty mendukung kenaikan suku bunga selama 6 bulan dan mengubah langkahnya di bulan Februari, mengatakan akselarasi laju pertumuhan upah akan berjalan lebih lambat dari yang diperkirakan sebelumnya. Ian McCafferty mengatakan bahwa perubahan tersebut mungkin hanya sementara jika laju inflasi terbukti berakselarasi.

Dilaporkan bahwa gerak nilai harga di bursa saham Jepang tampak bergerak menguat untuk hari ketiga. Gerak kenaikan nilai harga di bursa saham Nikkei dipimpin oleh gerak penguatan nilai harga saham di sektor perusahaan eksportir.

Gerak nilai harga indeks Nikkei dilaporkan telah sempat bergerak menguat sebesar 340 poin atau sekitar 2.01% di level 17.220 pada sesi perdagangan pasar di hari Kamis ini. Diperkirakan bahwa level support terdekat terlihat di kisaran level harga 17.150 dan level resisten terdekat di kisaran level harga 17.390.

Hal tersebut terjadi, karena juga ditunjang oleh dan tingginya gerak nilai harga komoditas minyak. Para pelaku pasar juga tengah mempertimbangkan dampak dari penurunan gerak nilai harga saham dari perusahaan Mitsubishi Motor Corp terhadap manipulasi pengujian bahan bakar.

Hal lain yang turut serta menunjang dari penguatan gerak nilai harga saham di bursa Jepang adalah, karena gerak nilai apresiasi mata uang Yen yang masih cenderung bergerak melemah. Gerak nilai apresiasi mata uang Yen pada sesi perdagangan pasar di hari Kamis pagi ini, dilaporkan telah diperdagangkan di kisaran level 109.75.

Gerak pelemahan nilai apresiasi mata uang Yen terjadi, di tengah ekspektasi para pelaku pasar untuk langkah pelonggaran moneter yang lebih besar oleh Bank of Japan (BoJ). Hal tersebut terjadi, setelah pada sesi perdagangan pasar di hari Rabu berakhir di level terendah dalam dua pekan pada spekulasi bahwa BoJ akan memperbesar stimulus pada pertemuan selanjutnya.

Gerak nilai harga komoditas minyak mentah dilaporkan telah bergerak reli sebesar 4% pada sesi perdagangan pasar di hari Rabu. Gerak nilai harga komoditas minyak mentah sempat bergerak menembus atas level $44 US/ barel. Kondisi tersebut meningkatkan harga saham energi, dan mendorong kenaikan indeks saham Eropa dan Amerika.

Analis di Ichiyoshi Asset Management Co di Tokyo mengatakan bahwa kondisi di luar negeri menjadi positif untuk saat ini dan harga minyak yang saat ini sedang rebound telah mendorong lebih banyak investor untuk beralih ke aset beresiko. Dia juga menambahkan bahwa indeks saham Jepang seharusnya dapatkan dukungan dari ekspektasi bahwa BOJ akan melakukan pelonggaran yang lebih besar.

Dilaporkan bahwa gerak nilai harga komoditas minyak di sesi perdagangan pasar Asia pada hari Kamis ini, tampak bergerak melemah tipis. Para pelaku pasar tampaknya tengah melakukan aksi mengambil keuntungan dari kenaikan gerak nilai harga komoditas minyak di sesi perdagangan pasar Amerika semalam.

Dilaporkan bahwa gerak nilai harga komoditas minyak WTI untuk bulan Juni terpantau telah bergerak turun sekitar 1% di kisaran harga $43.75 US/ barel. Level support gerak nilai harga komoditas minya terdekat diperkirakan berada di kisaran level harga $42.40, dan level resisten di kisaran level harga $43.90.

Gerak nilai harga komoditas minyak sebelumnya telah bergerak melonjak ke level tertinggi tahun ini. Gerak nilai harga komoditas minyak telah bergerak menguat, melonjak dengan dratis di sesi perdagangan pasar Amerika. Hal tersebut terjadi, karena produksi dalam negeri merosot ke level terendah dalam 18 bulan.

Hal lain yang turut mendukung kondisi tersebut adalah, adanya kenaikan cadangan yang lebih kecil dari perkiraan pada pekan lalu. Keadaan tersebut telah turut mengurangi kecemasan para eplaku pasar yang masih berlangsung terkait dengan suplai komoditas minyak yang melimpah di pasar energi global.

About author

You might also like

Berita 0 Comments

Awan Kelam Masih Selimuti Zona Eropa, Inflasi Cina Tak Seburuk Yang Diperkirakan Pasar

Tidak banyak berita yang menjadi fokus pasar selama sesi perdagangan Senin kemarin (08/04/2013). Pasar hanya sedikit menantikan press conference dari Ben S. Bernanke yang sepertinya juga tidak memberikan pernyataan yang

Berita 0 Comments

Aksi Taking Profit Warnai Pasar Kemarin Di Perdagangan Emas

Harga emas ditutup dengan harga cenderung menetap pada sesi perdagangan hari Kamis (03/ 10/ 2013) kemarin. Komoditi emas sempat diperdagangkan hingga level harga rendahnya di 1,301.95 USD selama sesi perdagangan

Forex News 0 Comments

USD Dominasi Arah Pasar

Apresiasi mata uang USD bertahan di level 115 terhadap mata uang yen pada sesi perdangan pasar Asia hari ini. Mata uang USD tengah menuju penguatan apresiasi dalam tiga minggu beruntun.

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply

CAPTCHA Image
Play CAPTCHA Audio
Reload Image