Gerak Nilai Harga Minyak Tembus Ke Level Terendah Baru, BoE Terkesan Tunggu Federal Reserve

0_british_10152999_567681066709603_1818365414619373904_nKecemasan Bank of England (BoE) terhadap penurunan gerak nilai harga minyak dan tingkat gaji membuat gerak nilai amata uang Inggris, yaitu mata uang Poundsterling, bergerak negatif. Gerak nilai apresiasi mata uang Sterling tampak cenderung melemah pada sesi perdagangan pasar di hari Kamis. Pagi ini, dilaporkan bahwa gerak nilai apresiasi mata uang GBP/ USD telah diperdagangkan di kisaran level 1.5136. Gerak nilai apresiasi tersebut, telah menjauhi level tertinggi harian yaitu pada kisaran 1.5163.

Pelemahan gerak nilai apresiasi dari Cable, tampak berpotensi untuk bisa terus berlanjut ke sesi perdagangan pasar hari Jumat ini. Dengan rendahnya gerak nilai harga minyak saat ini, telah berpotensi untuk menahan laju inflasi di wilayah negara Inggris. Hal tersebut dapat menjadi alasan bagi pihak berwenang dari BoE untuk melakukan kebijakan dengan menahan tingkat suku bunga lebih lama.

Banyak dari para pelaku pasar memperkirakan bahwa pihak berwenang BoE akan menanti langkah yang diambil oleh Federal Reserve pada pekan depan. Meski demikian, namun dalam notulensi rapat moneter, BoE tampak menunjukkan jika kebijakan untuk “tidak berhubungan” dengan kebijakan dari bank sentral lainnya. Dalam berkas yang sama disebutkan kebijakan moneter pada akhirnya akan ditentukan oleh outlook inflasi Inggris.

Data-data ekonomi di Inggris yang dirilis belakangan, adalah termasuk tingkat gaji menunjukkan pertumbuhan moderat. Beberapa ekonom memperkirakan bahwa BoE akan menaikkan suku bunga pada pertengahan 2016.

Dilaporkan bahwa gerak nilai harga indeks saham Jepang, yaitu indeks saham Nikkei 225, kembali bergerak ke wilayah positif pada sesi perdagangan pasar hari Jumat ini. Gerak nilai harga indeks saham Nikkei225 bergerak positif, naik sebesar 255 poin, atau 1.3%, di kisaran level 19230.

Pada hari Jumat, Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe akan mulai kunjungan kenegaraannya ke India. Sebelumnya, pemerintahan di New Delhi telah menyetujui proposal Jepang senilai $14.7 miliar untuk membangun jalur kereta cepat pertama di India.

Gerak nilai harga saham perusahaan kereta Jepang dilaporkan, telah diperdagangkan secara mixed di balik berita itu. Gerak nilai harga saham Kawasaki Heavy Industries dilaporkan terkoreksi, bergerak melemah turun sebesar 0.86%. Gerak nilai harga saham perusahaan Kini Sharyo telah dilaporkan melemah sekitar 1%. Gerak nilai harga saham perusahaan Hitachi Transport naik 0.5%, Dilaporkan juga bahwa, gerak nilai harga saham Nippon Sharyo naik sekitar 0.33.%.

Gerak nilai harga saham Nissan dilaporkan telah diperdagangkan dengan mengalami kenaikan sekitar 0.52% lebih tinggi. Pada hari ini, dilaporkan bahwa rekan kerja perusahaan Nissan di Perancis, yaitu produsen mobil Renault, dilaporkan akan mengadakan pertemuan anggota dewan. Pertemuan tersebut adalah untuk membahas membahas konfliks yang berkepanjangan dengan pemerintah Perancis. Pada awal tahun ini, pemerintah telah meningkatkan saham di produsen mobil Renault tersebut untuk mendapatkan keuntungan dari undang-undang baru yang memungkinkan untuk hak suara untuk investor lama. Dilaporkan bahwa gerak nilai harga saham perusahaan bebasis ekspor, telah diperdagangkan di wilayah positif dengan nilai harga saham Toyota, Honda, Sony, Canon dan Mitsubishi Electric telah berada di zona hijau.

Dilaporkan bahwa gerak nilai harga di pasar ekuitas Negara China, telah dibuka dengan kondisi pergerakan harga lebih rendah. Hal tersebut terjadi, karena menjelang serangkaian rilis data ekonomi yang akan dilaporkan pada hari Sabtu. Rilis data yang akan dilaporkan pada hari sabtu besok, adalah termasuk laporan penjualan retail, produksi industri dan investasi aset tetap.

Dilaporkan bahwa gerak nilai harga indeks saham Shanghai Composite terkoreksi melemah pada pagi tadi menjelang siang. Gerak nilai harga indeks saham Shanghai Composite terkoreksi turun sekitar 34 poin, atau 1.1% sehingga menjadi 3,420. Dilaporkan juga bahwa gerak nilai harga indeks saham Hongkong, yaitu indeks saham Hang Seng33, juga turut mengalami koreksi. Gerak nilai harga indeks saham Hang Seng33 telah terkoreksi turun sekitar 136 poin, atau 0.6% menjadi 21.568.98.

Gerak nilai harga saham dri perusahaan-perusahaan broker dan perbankan tampak sebagian besar tengah berada di zona merah. Dilaporkan bahwa gerak nilai harga saham Citic Securities bergerak melemah, turun sebesar 1.7%. Gerak nilai harga saham dari perusahaan Founder Securities terlah terkoreksi turun sekitar 2.37%, dan gerak nilai harga saham dari perusahaan Huatai Securities telah terkoreksi turun sekitar 2.2%.

Dilaporkan bahwa gerak nilai harga saham perusahaan Glencore di Hong Kong dilaporkan bergerak positif, dengan bergerak menguat naik sebesar 9.2%. Pada sesi perdagangan pasar hari Kamis kemarin, gerak nilai harga saham Glencore telah bergerak menguat naik sekitar 7% di bursa London. Hal tersebut terjadi, setelah pihak berwenang dari perusahaan tambang asal Swiss tersebut mengatakan bahwa pihak mereka akan mengurangi hutang lebih lanjut dan akan berikan earnings yang optimis. Sejak awal tahun ini, dilaporkan bahwa gerak nilai harga saham perusahaan Glencore telah terkoreksi melemah, dengan bergerak turun hingga lebih dari 70%.

Keputusan yang diambil oleh Organization of the Petroleum Exporting Countries (OPEC), tampaknya semakin menambahkan tekanan pada gerak nilai harga minyak mentah. Tekanan dari hasil langkah OPEC terhadap gerak nilai harga minyak mentah tersebut, telah mendorong gerak nilai harga minyak untuk meraih level terendah tahunan baru.

Dengan tercapainya gerak nilai harga terendah baru dari komoditas minyak mentah ini, maka keadaan tersebut telah mengakhiri sesi level harga terendah selama ini, yaitu tembus di bawah harga $37 US untuk pertama kalinya sejak tahun 2009. Dilaporkan bahwa, Gerak nilai harga minyak mentah berakhir turun di kisaran $0,63 atau 1,69% di level $36.58 US/ barel. Gerak nilai harga indeks USD yang pulih usai penurunan 2-sesi beruntun ikut membebani produk komoditas yang diperdagangkan dalam mata uang USD.

Laporan bulanan dari OPEC telah mengungkapkan bahwa total angka produksi minyak dari negara anggota organisai tersebut meningkat pada bulan November. Peningkatan produksi bulanan tersebut adalah merupakan produksi bulanan tertinggi OPEC dalam kurun waktu 3-tahun, terutama berkat kenaikan produksi dari wilayah Irak. Total produksi bulan November ini mengindikasikan terdapat kelebihan suplai 900.000 barel/ hari jika dibandingkan dengan permintaan untuk minyak mentah OPEC pada tahun depan. Kartel minyak tersebut juga telah mengestimasikan akan adanya penurunan suplai minyak dari non-OPEC untuk tahun depan, termasuk suplai dari Amerika dan Rusia, sebagai dampak kejatuhan gerak nilai harga minyak.

About author

You might also like

Fundamental 0 Comments

Greenback Masih Dibayangi Penguatan Yen, Kospi Beranjak Tipis

Gerak nilai apresiasi mata uang Jepang, yaitu mata uang Yen, dilaporkan telah diperdagangkan dengan keadaan menguat tipis terhadap Greenback pada sesi perdagangan pasar Asia di hari Kamis. Hal tersebut terjadi,

Komoditas 0 Comments

Aussie Terjerembab Keras, Minyak Tunggu Kemungkinan Lain

Negara China, yang merupakan mitra dagang utama Negara Australia, kembali memberikan pukulan telak bagi nilai apresiasi mata uang negeri Kangguru itu. Dilaporkan bahwa mata uang dollar Australia, atau lazim disebut

Berita 0 Comments

Data Manufaktur China Topang Penguatan Yen

Yen menguat terhadap semua mata uang utama setelah data manufaktur China hasilnya di bawah estimasi analis, kondisi tersebut telah memacu permintaan untuk aset safe haven seperti yen. Yen menguat terhadap

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply

CAPTCHA Image
Play CAPTCHA Audio
Reload Image