Gerak Nilai Harga Pasar Rata – rata Terkoreksi di Hari Jumat Lalu

10320407_644997535574280_6728359167296705100_nGerak nilai apresiasi mata uang EUR/ USD pada sesi perdagangan pasar di hari Jumat lalu, dilaporkan telah mampu bergerak menguat naik ke level tinggi dalam kurun waktu sekitar 6-bulan. Hal tersebut terjadi, setelah adanya rilis data yang menunjukkan laju pertumbuhan pekerjaan di Amerika naik tajam di bulan April tidak cukup untuk mengurangi ekspektasi bullish para pelaku pasar terhadap gerak nilai apresiasi mata uang Euro menjelang pemilu Perancis putaran kedua.

Hasil rilis data Non-farm payrolls (NFP) Amerika menunjukkan adanya penambahan 211,000 pekerjaan bulan lalu. Angka tersebut tentunya di atas estimasi para eplaku pasar sebelumnya, yaitu sebanyak 185,000.
Dilaporkan pula bahwa ada revisi NFP turun menjadi 79,000 untuk bulan Maret. Dilaporkan juga bahwa, tingkat pengangguran turun menjadi 4.4%.

Para pelaku pasar tampak telah mengantisipasi bahwa gerak nilai apresiasi mata uang EUR/ USD dapat menguat menembus resisten teknikal $1.10 terhadpa Greenback. Hal tersebut diasumsikan, jika hasil pemilu putaran kedua Perancis hari Minggu nanti sesuai ekspektasi dengan kemenangan kandidat sentris Emmanuel Macron.

Telah pula dilaporkan bahwa gerak nilai harga di bursa saham regional Asia pada sesi perdagangan siang di hari Jumat lalu, bergerak secara bervariasi dengan kecenderungan melemah. Mengacu data Bloomberg, hingga pada hari Jumat siang, gerak nilai harga indeks saham Asia Pasifik di luar Jepang, MSCI index telah bergerak melemah 7,9 poin, atau sebesar 0,67 %, mencapai level harga 1.082,7.

Dilaporkan bahwagerak nilai harga indeks saham Nikkei 225 Jepang naik 135,9, atau sebesar 0,70 %, mencapai level harga 19.445,1 poin. Adapun gerak nilai harga indeks saham Topix Index Tokyo, telah bergerak menguat naik 10,4 atau sebesar 0,68 % dengan mencapai level harga 1.550.

Dilaporkan bahwa gerak nilai harga indeks saham Shanghai SE Composite, China, telah dilaporkan bergerak melemah. Gerak nilai harga indeks saham Shanghai SE Composite bergerak melemah sekitar 21,1 poin, atau sebesar 0,68 % mencapai level harga 3.106.

Gerak nilai harga indeks saham CSI index dilaporkan telah pula bergerak melemah. Gerak nilai harga indeks saham CSI index bergerak melemah sekitar 23,9 poin, atau sebesar 0,70 % dengan mencapai level harga 3.380.

Dilaporkan bahwa gerak nilai harga indeks saham Hang Seng, Hong Kong, telah bergerak secara melemah pada sesi perdagangan pasar di hari Jumat lalu. Gerak nilai harga indeks saham Hang Seng terkoreksi sekitar 282,1 poin, atau sebesar 1,15 % dengan mencapai level harga 24.401.

Gerak nilai harga indeks saham Kospi, Korea Selatan, dilaporkan telah mampu bergerak menguat. Gerak nilai harga indeks saham Kospi bergerak menguat naik sekitar 21,5, atau sebesar 0,97 %, dengan bergerak mencapai level harga 2.241 pada sesi perdagangan pasar di hari Jumat.

Gerak nilai harga indeks saham Strait Times, Singapura, telah terkoreksi melemah di sesi perdagangan pasar di hari Jumat lalu. Dilaporkan bahwa gerak nilai harga indeks saham Strait Times tekoreksi sekitar 11,3 poin, atau sebesar 0,35 %, dengan mencapai level harga 3.217,8.

Gerak nilai harga komoditas minyak mentah tampak masih melanjutkan gerak pelemahan nilai harga. Gerak nilai harga komoditas minyak mentah menuju harga terendah dalam kurun waktu lima bulan terakhir atau harga di akhir tahun lalu.

Hal tersebut terjadi, karena kekhawatiran para pelaku pasar atas kelebihan pasokan global kendati negara-negara produsen baik OPEC maupun non OPEC telah sepakat mengurangi produksi. “Sejauh ini strategi OPEC agar stok minyak dunia menurun tidak berhasil… sehingga OPEC tampaknya akan memperpanjang pemangkasan produksinya enam bulan supaya harga naik kembali,” jelas Neil Beveridge, analis minyak dan gas di AB Bernstein, Hong Kong kepada Reuters.

Gerak nilai harga komoditas minyak mentah West Texas Intermediate (WTI) dilaporkan telah anjlok 1,34% ke $44.87 US/ barel. Sementara pada perdagangan sehari sebelumnya harga minyak terjun sekitar 4%, yang adalah merupakan penurunan harga terbesar dalam dua hari perdagangan sejak Februari 2016.

Suplai ke tangki persediaan minyak di Malaysia mengalami peningkatan melebihi jumlah minyak yang keluar. Sementara pasokan yang meningkat dari produk pesaing yaitu shale oil juga menyebabkan gerak nilai harga komoditas minyak mentah tidak beranjak naik.

About author

You might also like

Emas Dilirik Kembali Oleh Pasar, Zona Eropa Sebaiknya Juga Mulai Berbenah

Pergerakan harga emas bergerak melonjak tajam pada sesi perdagangan pasar Amerika, setelah index Dow Future dalam sesi perdagangan berlangsung brgerak melemah tajam hampir seratus poin sehari setelah diberlakukannya federal shutdown

Aussie Terkendala Data Ekonomi, China Masih Suram

Mata uang Negara Australia, yang lazim disebut dengan istilah Aussie, dilaporkan pada sesi perdagangan pasar hari Selasa (27/ 10/ 2015) kemarin bergerak melemah. Aussie pada sesi perdagangan pasar kemarin bergerak

Minyak Diperhatikan Pasar, Saham Di Wallstreet Koreksi Harga

Dilaporkan bahwa, gerak nilai apresiasi mata uang USD/ CAD telah diperdagangkan melemah pada sesi perdagangan pasar di hari Kamis. Hal tersebut terjadi, setelah laporan dari pihak EIA (Energy Information Administration)

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply

CAPTCHA Image
Play CAPTCHA Audio
Reload Image