Gerak Nilai Harga Saham Jepang Menggeliat, Minyak dan Aussie Terseok

d133040735992d9b3832a1097141fe75461-6-1366x768Mata uang Australia, atau lazim disebut dengan Aussie, pada sesi perdagangan pasar hari Jumat ini dilaporkan telah bergerak melemah nilai apresiasinya. Mata uang negeri kanguru ini bergerak negative, melemah anjlok pada awal sesi hari Jumat karena adanya sebuah kondisi. Hal yang menjadikan kondisi tersebut terjadi adalah, setelah dirilisnya penilaian yang pesimis teradap outlook ekonomi oleh Reverse Bank of Australia (RBA).

Dilaporkan bahwa pihak berwenang dari RBA telah mengatakan bahwa outlook pertumbuhan ekonomi untuk China dan negara berkembang telah memburuk. Kondisi global ini terjadi, dimana di saat kondisi domestik di sektor perumahan bersiap untuk resiko yang tinggi, ditunjukkan dalam laporan Financial Stability Review yang dirilis pada hari Jumat. Pihak berwenang dari RBA telah mengatakan bahwa fokus stabilitas keuangan global telah bergeser ke negara ekonomi berkembang dan mereka berpotensi untuk berkontribusi terhadap tidak stabilnya penyesuaian di pasar keuangan.

Outlook pertumbuhan untuk negara China dan juga negara berkembang telah memburuk. Pihak berwenang RBA juga menambahkan, bahwa dengan rendahnya harga komoditas, serta dengan tidak stabilnya tekanan inflasi dan politik telah meningkatkan ketidakpastian situasi ekonomi di beberapa kasus pada saat ini.

Dari Jepang, dilaporkan bahwa gerak nilai harga saham di Jepang telah bergerak positif. Gerak nilai harga saham di Jepang bergerak melonjak sekitar 1,4% menjelang sesi siang perdagangan pasar hari Jumat ini. Kondisi positif atas gerak nilai harga saham di Jepang ini terjadi, setelah kinerja mengesankan di Wall Street serta data inflasi dan klaim pengangguran Amerika yang positif meredakan kekhawatiran baru tentang ekonomi terbesar di dunia.

Sub-indeks real estate Topix terpantau naik 3,5% menjelang sesi perdagangan pasar siang, dengan Mitsui Fudosan Co. dan Tokyu Fudosan Holdings terapresiasi masing-masing 3,4% dan 5,7% sementara Mitsubishi Estate Co. diperdagangkan 2,7% lebih tinggi. Sektor asuransi dan keuangan juga beranjak lebih tinggi, membuntuti kenaikan 2,1% di sektor farmasi, seiring para pelaku pasar membeli saham-saham defensif. Saham Kyowa Hakko Kirin mencatat gain 3,5%, sedangkan Taisho Pharmaceutical naik 4,1%.

Meningkatnya harapan stimulus lebih lanjutan dari Bank of Japan turut memicu aksi pembelian. Sebagian para pelaku pasar nampaknya mulai mempertimbangkan kemungkinan dari BoJ. Kemungkinan yang dipertimbankan oleh para pelaku pasar dari BoJ adalah, bahwa pihak berwenang dari BoJ akan menawarkan stimulus segar setelah pertemuan kebijakan pada 30 Oktober mendatang.

Gerak nilai harga minyak dilaporkan pada sesi perdagan pasar hari Jumat ini, berada dalam tekanan. Tekanan yang terjadi atas gerak nilai harga minyak ini terjadi, setelah data kunci menunjukkan lonjakan stok cadangan minyak Amerika di tengah kecemasan melimpahnya pasokan minyak dunia yang menyebabkan harga komoditas melorot.
Terpantau sejauh ini harga minyak mentah Amerika berjangka melemah -0.85% di level $46.77 US/ barrel, setelah meraih titik tertinggi intraday di $47.14 US dan level terendah hariannya di $45.79 US/ barrel.

Kenaikan stok cadangan minyak merupakan sinyal bearish untuk market seiring ketidakseimbangan supply dan demand, yang telah menghambat penguatan harga minyak semenjak musim panas lalu. Gerak nilai harga minyak sempat terkerek naik diatas level harga $50 US/ barrel pekan lalu setelah serangkaian eksekutif dan pemimpin OPEC memberikan sinyal atas pemulihan harga minyak. Namun data produksi yang solid, termasuk dari OPEC ditambah ekspektasi kembali nya pasokan minyak Iran dikombinasi permintaan China yang melemah kembali memupus keyakinan para pelaku pasar.

About author

You might also like

Komoditas 0 Comments

Jepang Tak Turut Beriringan Menguat Di Bursa Asia, Kondisi Ekonomi Amerika Masih Mencemaskan

Gerak nilai apresiasi mata uang Kanada, yang lazim disebut dengan istilah Loonie, dilaporkan pada sesi perdagangan pasar di hari Rabu (03/ 02/ 2016) kemarin, bergerak rally. Gerak nilai apresiasi Loonie

Fundamental 0 Comments

Pasca FOMC Rilis, Koreksi Harga Warnai Pasar

Mata uang USD membuntuti kenaikan imbal hasil treasury dan terapresiasi untuk sesi ke-2 berturut-turut pada hari Kamis, setelah minutes pertemuan The Fed bulan Juli menjaga ekspektasi bahwa bank sentral Amerika

BoE Diterpa Isu, Minyak Tampak Melemah

Dilaporkan bahwa Gubernur Bank of England (BoE), Mark Carney, berada dalam tekanan untuk mengundurkan diri sebelum berakhir sebelum masa kerjanya berakhir oleh para pendukung Brexit. Mark Carney dianggap mendukung Inggris

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply

CAPTCHA Image
Play CAPTCHA Audio
Reload Image