Gerak Raly Bolak-balik Euro Terimbas Pertemuan ECB, Harga Minyak Turut Bergulir Naik

713375979_f89bc0afd_634f22704185d_950f81947_11417229_4565758_41185131_713375979_nGerak nilai apresiasi mata uang Uni Eropa, yaitu mata uang Euro, dilaporkan bergerak relatif stabil terhadap Greenback pada sesi perdagangan pasar Asia di hari Jumat. Hal tersebut terjadi, setelah pada sesi perdagangan pasar di hari Kamis, gerak nilai apresiasi yang volatile semalam terjadi, setelah berakhirnya pertemuan European Central Bank (ECB).

Pergerakan tersebut terjadi, karena para pelaku pasar pasar mempertimbangkan suku bunga yang stabil dan ekspektasi untuk pelonggaran stimulus lanjutan. Pihak ECB kemarin dilaporkan, tetap mempertahankan sikapnya terhadap kebijakan moneter.

Gerak nilai apresiasi mata uang Euro tampak sempat bergerak secara rely. Kondisi tersebut terjadi, karena respon acuan para pelaku pasar terhadap pandangan bahwa ECB tidak akan mengambil tindakan stimulus tambahan dalam waktu dekat.

Meski demikian, namun kemudian gerak nilai apresiasi mata uang Euro kembali bergerak melemah. Hal tersebut terjadi, setelah Mario Draghi, Presiden ECB, mengatakan bahwa dia akan menggunakan semua kebijakan “yang diperlukan” untuk menopang perekonomian zona Eropa.

Gerak nilai apresiasi mata uang EUR/ USD sempat terpantau menguat tipis sekitar 0.14% di kisaran level 1.1305. Nilai level support dari gerak nilai apresiasi mata uang EUR/USD diperkirakan berada di kisaran level 1.1250 dan level resisten berada di kisaran level 1.1355.

Gerak nilai apresiasi mata uang Euro berada di jalur pelemahan tipis pada tingkat mingguan terhadap mata uang USD. Dilaporkan bahwa, gerak nilai indeks USD, tampak bersiap untuk mengalami kerugian tipis untuk kurun waktu mingguan.

Dilaporkan bahwa laporan klaim pengangguran di Amerika turun ke level terendah sejak 1973. Hal tersebut terjadi, seiring pasar tenaga kerja Amerika masih menjadi pilar yang menopang perekonomian terbesar di dunia tersebut.

Dilaporkan bahwa jumlah klaim pengangguran turun sebanyak 6,000 menjadi 247,000 pekan lalu, demikian menurut data Departemen Tenaga Kerja pada hari Kamis. Para ekonom memperkirakan bahwa klaim mencapai angka 265,000.

Minimnya jumlah pemecatan telah mensinyalkan bahwa perusahaan masih cukup optimis terhadap outlook permintaan di Amerika. Para ekonom yakin bahwa pasar tenaga kerja dapat menopang belanja konsumen dan membantu mendongkrak laju pertumbuhan ekonomi pasca kuartal pertama yang lemah.

Menurut strategis, secara keseluruhan trend untuk klaim pengangguran masih menunjukkan penguatan pasar tenaga kerja, yang mana akan menopang tingkat belanja dan aktivitas sektor perumahan. Sementara jumlah klaim untuk wilayah Washington, D.C. hanya berupa estimasi, tidak ada keanehan pada data, menurut Dep. Tenaga Kerja.

Gerak nilai harga indeks saham Jepang dilaporkan turun dari level tertingginya dalam 11 pekan pada hari Jumat. Hal tersebut terjadi, karena gerak nilai apresiasi mata uang Yen yang mempertahankan penguatannya.

Gerak nilai harga indeks Nikkei dilaporkan telah turun sebesar 90 poin atau 0.52% di 17290. Gerak nilai apresiasi mata uang Yen pada sesi perdagangan pasar Asia di hari Jumat pagi ini telah diperdagangkan di kisaran level 109.34.

Hal tersebut terjadi, setelah gerak nilai apresiasi mata uang Yen sempat menguat sebesar 0.4% pada sesi perdagangan pasar di hari Kamis. Gerak nilai apresiasi mata uang Yen tersebut adalah gerak penguatan pertama sejak pekan lalu.

Faktor lain yang turut berkontribusi atas kondisi pelemahan gerak nilai harga indeks saham Nikkei tersebut adalah, pendapatan dari perusahaan teknologi mulai dari Sony Corp sampai Alphabet Inc menghentikan reli indeks saham di Tokyo dan New York. Pertumbuhan laba tahunan dari perusahaan Sony Corp terkoreksi, setelah terhentinya permintaan smartphone global. Sementara itu gerak nilai harga saham dari perusahaan induk Google, Alphabet dan Microsoft dilaporkan setelah penutupan pasar mendapatkan hasil di bawah estimasi sebelumnya.

Analis dari Nomira Holdings Inc di Tokyo mengatakan bahwa setelah reli yang kuat, gerak nilai harga indeks saham Amerika menjadi terkoreksi. Keadaan tersebut telah membebani gerak nilai harga indeks saham Nikkei.

Laporan hasil pendapatan perusahaan Amerika kurang menggembirakan, sehingga tidak sulit bagi para pelaku pasar mengambil untung di indeks saham Amerika. Para pelaku pasar juga mulai memangkas posisi menjelang akhir pekan.

Gerak nilai harga komoditas minyak dilaporkan naik di sesi perdagangan pasar Asia pada hari Jumat. Para pelaku pasar tengah menantikan hasil laporan data jumlah rig Amerika dari Baker Hughes yang akan dirilis malam nanti diperkirakan masih pada ekspektasi yang sama.

Gerak nilai harga komoditas minyak WTI untuk kontrak bulan Juni dilaporkan telah diperdagangkan naik sekitar 1.27% di level $43.73 US/ barel. Level support dari gerak nilai harga komoditas minyak WTI terdekat terlihat di kisaran level harga $42.40 dan level resisten terdekat di kisaran level $43.90.

Gerak nilai harga komoditas minyak WTI melemah dari level tertinggi tahun 2016, karena gerak nilai apresiasi mata uang USD yang menguat. Hal tersebut terjadi, setelah pernyataan yang dovish dari presiden European Central Bank (ECB) Mario Draghi, terhadap kemungkinan pemangkasan suku bunga di masa mendatang sebelum akhir tahun.

Pelemahan gerak nilai harga komoditas minyak WTI terjadi sehari setelah harga minyak melonjak hampir 7% untuk menyentuh level tertinggi sejak awal November. Meskipun melemah tipis pada hari Kamis, gerak nilai harga komoditas minyak WTI masih melonjak lebih dari 50% sejak menyentuh level terendah dalam 13 tahun di tanggal 11 Februari di $26.05 US/ barel.

About author

You might also like

Pertemuan Doha Kandas, Nikkei dan Minyak Terjerembab

Dilaporkan bahwa gerak nilai apresiasi mata uang USD/ JPY bergerak turun untuk hari kedua. Kondisi tersebut terjadi, setelah gerak nilai harga komoditas minyak melemah. Hal lain yang turut mendorong kondisi

Forex News 0 Comments

USD Alami Perlemahan Akibat Data Domestik Negatif

Apresiasi valuta Yen kembali menguat atas Dolar AS pada perdagangan Senin (01/04/2013),  setelah data ekonomi AS yang menyatakan penurunan aktifitas manufaktur secara tidak terduga. Data ekonomi AS sebagaimana yang diterbitkan

CFD News

Aussie Berpotensi Menggeliat Kembali, Minyak Tampak Akan Koreksi Lagi

This special model is superbly produced comfort and protection. It has been achieved by together with a full-length cushion foam midsole. The articulated Max Air unit offers maximum cushioning and

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply

CAPTCHA Image
Play CAPTCHA Audio
Reload Image