Greenback Koreksi Atas Major Currencies, Kospi Tampak Cenderung Stabil

555010_488338611224175_1981932613_nDilaporkan bahwa gerak nilai apresiasi mata uang USD/ JPY bergerak turun di sesi perdagangan Asia pada hari Rabu. Gerak nilai apresiasi mata uang USD/ JPY bergerak di 109.10, turun 0.11%.

Kondisi tersebut terjadi, setelah para pelaku pasar mencatat data perdagangan yang bervariasi. Kondisi lain yang terjadi adalah, karena adanya pelemahan gerak nila paresiasi mata uang USD semalam.

Telah dilaporkan bahwa gerak nilai apresiasi mata uang USD pada sesi perdagangan pasar Amerika di hari Selasa semalam, gerak nilai apresiasi Greenback bergerak melemah terhadap major currencies. Hal tersebut terjadi, karena perilisan data sektor perumahan Amerika dilaporkan dengan hasil yang mengecewakan sehingga kembali membebani permintaan untuk Greenback.

Dilaporkan bahwa laporan neraca perdagangan Jepang yang disesuaikan untuk bulan Maret menunjukkan surplus. Laporan neraca perdagangan Jepang yang disesuaikan untuk bulan Maret menunjukkan surplus sebesar 280 miliar Yen.

Angka tersebut tercatat lebih kecil daripada perkiraan surplus sebelumnya. Perkiraan surplus sebelumnya adalah sebesar 450 miliar dan neraca perdagangan secara keseluruhan surplus sebesar 750 miliar Yen.

Hasil laporan ini adalah kenaikan kedua beruntun dan juga lebih kecil dari perkiraan untuk surplus 835 miliar. Nilai impor Jepang dilaporkan turun 14.9%, lebih kecil dari perkiraan untuk turun 16.2%. Meski demikian, namun nilai impor Jepang tersebut telah mencetak penurunan ke 15 beruntun.

Juga dilaporkan bahwa nilai ekspor Jepang tercatat turun sekitar 6.8%. Angka tersebut sedikit lebih rendah dari perkiraan sebelumnya yaitu diperkirakan angka export mengalami penurunan sekitar 6.9%. Hasil laporan nilai eksport Jepang tersebut adalah hasil penurunan nilai eksport untuk enam bulan beruntun.

Gerak nilai apresiasi mata uang Uni Eropa, yaitu mata uang Euro, dilaporkan telah diperdagangkan sedikit melemah terhadap mata uang Yen pada awal sesi perdagangan Asia hari Rabu. Meski demikian keadaanya, namun gerak nilai apresiasi mata uang EUR/ JPY tersebut masih berada di jalur menuju kenaikan.

Arah kenaikan nilai apresiasi mata uang EUR/ JPY tersebut, tengah menuju pada kenaikan mingguan terbesar sejak periode yang berakhir 11 Maret. Hal tersebut terjadi, di tengah spekulasi para pelaku pasar tentang perbedaan arah kebijakan dari pihak European Central Bank (ECB) maupun dari Bank of Japan (BoJ).

Presiden ECB, Mario Draghi, tengah dinantikan oleh para pelaku pasar dalam pertemuan kebijakan yang digelar hari Kamis besok. Secara luas diperkirakan oleh para pelaku pasar bahwa Mario Draghi akan mengambil sikap keputusan menahan diri dari pelonggaran moneter lebih lanjut.

Para pelaku pasar memperkirakan pula bahwa, Gubernur BoJ, Haruhiko Kuroda, dan juga para anggota dewan kebijakan lainnya akan meluncurkan stimulus tambahan. Keputusan tersebut dinantikan kepastiannya oleh para pelaku pasar dalam pertemuan 27-28 April mendatang.

Gerak nilai apresiasi mata uang EUR/ JPY terpantau diperdagangkan sekitar 0,05% lebih rendah di kisaran level 123.90. Mengacu dari grafik 4-jam, pasangan mata uang ini nampaknya masih berada dalam tren bullish seiring stochastic dan RSI terus bertahan di atas garis tengah. Dibutuhkan stabilitas di atas area 124.05 untuk memicu penguatan lanjutan menguji MA-100 di sekitar 124.90 dalam jangka pendek.

Gerak nilai harga indeks saham Korea Selatan dilaporkan telah bergerak stabil di zona hijau pada sesi perdagangan pasar di hari Rabu. Kondisi tersebut terjadi, seiring adanya imbas dari kenaikan gerak nilai harga komoditas minyak mentah semalam telah mendorong risk appetite dari para pelaku pasar.

Dilaporkan bahwa gerak nilai harga saham perusahaan Doosan Engineering & Construction Co. Ltd. memimpin sektor perusahaan konstruksi. Gerak nilai harga saham perusahaan Doosan Engineering & Construction Co. Ltd. dilaporkan telah mengalami gerak kenaikan sekitar 3,8%.

Hal tersebut terjadi, setelah pihak dari perusahaan Doosan Engineering & Construction Co. Ltd.melaporkan earnings kuartal pertama yang solid. Di sektor lain, gerak nilai harga saham perusahaan Korea Electric Power Corp. terapresiasi 0,8% menjelang pembayaran dividen pada hari ini.

Dilaporkan bahwa gerak nilai harga indeks saham KOSPI telah bertengger di kisaran level 2014.97 atau 0,18%. Angka tersebut di atas harga penutupan di sesi perdagangan pasar di hari Selasa.

Kondisi tersebut terjadi, setelah gerak nilai harga indeks saham KOSPI sempat menyentuh level tertinggi 20-minggu di awal pembukaan sesi perdagangan pasar hari Rabu. Sebagian kenaikan indeks saham ini dipicu oleh pembelian investor asing, yang tercatat telah mencapai ₩ 81,9 milyar atau setara dengan $72,41 juta US menjelang pertengahan sesi.

Dilaporkan bahwa gerak nilai harga komoditas minyak telah terkoreksi di sesi Asia pada hari Rabu. Hal tersebut terjadi, setelah dirilisnya sebuah laporan dari Amerika.

Laporan yang dirilis tersebut adalah laporan yang menunjukkan bahwa industri Amerika mengalami kenaikan cadangan minyak mentah yang lebih besar dari perkiraan pada pekan lalu. Hal tersebut terjadi, meskipun minyak suling levelnya turun.

Dilaporkan bahwa cadangan minyak suling turun 2.35 juta barel, dan cadangan bensin turun 1.020 juta barel. Kondisi tersebut adalah sebuah tanda positif menjelang musim mengendarai di musim panas.

Dilaporkan bahwa gerak nilai harga komoditas minyak WTI pada saat ini terpantau bergerak di $41.76, turun 1.58%. Gerak nilai harga komoditas minyak WTI memiliki level support di $41.20 dan level resisten di $42.50.

American Petroleum Institute (API) setelah penutupan jam perdagangan kemarin melaporkan bahwa cadangan minyak mentah Amerika naik 3.1 juta barel pada pekan lalu, berada di atas perkiraan untuk kenaikan 1.6 juta barel.

Energy Information Administration (EIA) Amerika akan merilis data cadangan minyak mentah Amerika pada malam nanti. Diperkirakan bahwa hasil rilis laporan EIA tersebut akan menunjukkan kenaikan sebesar 2.2 juta barel.

About author

You might also like

Forex News 0 Comments

Kurs Pound Hari Ini, Pasar Wait and See

Pergerakan mata uang Poundsterling hari ini (Rabu, 5 Maret 2014, 03:18:21 GMT) terpantau turun, dan mata uang tersebut terpantau didesak tipis mata uang utama lainnya Dollar AS setelah dibuka pada

Berita 0 Comments

Kondisi Global Dukung Geliat Emas

Gerak harga emas kembali diperdagangkan menguat diawal sesi perdagangan hari Selasa (21/ 10/ 2014) ini, setelah kekhawatiran seputar ekonomi zona eropa kembali meningkat. Meskipun demikian keuntungan yang tercatatkan dalam perdagangan

Berita 0 Comments

Greenback Tekan Major Currencies Minggu Lalu, Wall Street Sempat Rally

Dilaporkan bahwa gerak nilai apresiasi mata uang USD bergerak di dekat level tertinggi dalam kurun waktu dua bulan. Hal tersebut terjadi, karena dua pejabat The Fed bersepakat dengan lainnya untuk

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply

CAPTCHA Image
Play CAPTCHA Audio
Reload Image