Greenback Perkasa Atas Yen, Minyak Merangkak Naik

0_usa_10152999_567681066709603_18183654157293749031_nGerak nilai apresiasi mata uang USD/ JPY tampak masih terus bertahan di dekat level puncak 10-1/2 bulan, naik 0,15% ke level 118.05 pada awal sesi perdagangan pasar di hari Rabu. Hal tersebut terjadi, karena ditopang oleh adanya optimisme atas pertumbuhan ekonomi Amerika dan laju kenaikan suku bunga yang lebih cepat di bawah pemerintahan Presiden terpilih Donald Trump.

Gerak nilai indeks USD dilaporkan telah tercatat meningkat sekitar 5,8% sejak kemenangan Donald Trump dalam pemilu presiden Amerika. Dalam kampanyenya, Donald Trump telah menjanjikan pemotongan pajak, peningkatan belanja, dan memangkas tarif impor dari negara China dan Meksiko.

Tekanan jual pada mata uang Yen kembali meningkat setelah pihak dari Bank of Japan (BoJ) dalam rapat kebijakan pekan ini telah memutuskan untuk mempertahankan kebijakan tidak berubah. Haruhiko Kuroda, Gubernur BoJ, juga terlihat menghindari pembicaraan mengenai potensi kenaikan target yield obligasi 10-tahun di tahun depan.

Pihak berwenang dari BoJ memutuskan untuk tidak merubah kebijakan moneter nya sesuai perkiraan, meski di saat bersamaan terdapat kenaikan atas penilaian ekonomi. Gubernur BoJ, Haruhiko Kuroda menyatakan di hari Selasa, bahwa suku bunga jangka panjang masih berada di level yang sesuai, sehingga pelemahan Yen terhadap Dollar sejauh ini bukan merupakan masalah bagi bank sentral.

Gerak nilai harga di bursa saham Wall Street dilaporkan telah melanjutkan gerak penguatan harga di sesi perdagangan pasar di hari Selasa. Gerak nilai harga indeks saham blue chips bahkan menyentuh level tertinggi baru.

Dilaporkan bahwa gerak nilai harga indeks saham blue chips, melanjutkan gerak penguatan secara reli untuk 6 pekan berturut-turut. Hal tersebut terjadi, karena ditopang ekspektasi bahwa Presiden terpilih Donald Trump akan mengeluarkan kebijakan baru yang dapat mendongkrak pertumbuhan dan inflasi serta melonggarkan tekanan regulasi di berbagai perusahaan Amerika.

Gerak reli nilai harga indeks saham gabungan Dow Jones Industrial Average (DJIA) dilaporkan hanya terpaut 30 poin dari level psikologis 20,000. Level harga tersebut merupakan level yang belum tercapai sebelumnya.

Dilaporkan bahwa gerak nilai harga saham perusahaan sektor keuangan dan perusahaan industrial tampak yang paling diuntungkan. Hal tersebut telah berimbas pada penguatan gerak nilai harga indeks saham DJIA berulang kali mencapai rekor tinggi baru sejak 8 November.

Gerak nilai harga indeks saham DJIA masih dalam jalur gerak penguatannya. Penguatan dari gerak nilai harga indeks saham DJIA sekitar 15% untuk tahun ini.

Gerak nilai harga indeks saham S&P500 dilaporkan telah bergerak menguat. Gerak nilai harga indeks saham S&P500 telah melejit sekitar 11%.

Gerak nilai harga indeks saham Nasdaq Composite juga dilaporkan telah turut pula bergerak menguat. Dilaporkan bahwa Gerak nilai harga indeks saham Nasdaq Composite bergerak menguat naik sekitar 10%.

Prospek pertumbuhan yang lebih tinggi juga turut menopang performa gerak nilai apresiasi Greenback, dengan indeks USD ditutup di level tertinggi nya sejak Oktober 2002. Penguatan gerak nilai apresiasi mata uang USD pada sesi perdagangan pasar di hari Selasa juga turut didukung oleh pelemahan gerak nilai apresiasi mata unag Yen.

Gerak nilai harga komoditas minyak mentah dilaporkan telah bergerak menguat. Hal tersebut terjadi, dibalik ekspektasi untuk penurunan kembali di dalam cadangan minyak mentah Amerika, meskipun perdagangan diperkirakan akan lesu di tengah aktivitas yang mulai menurun menjelang libur hari Natal di akhir pekan.

Gerak nilai harga komoditas minyak mentah bergerak menguat lebih tinggi di level harga $53.60 US/ barel pada awal sesi perdagangan pasar di hari Rabu. Para pelaku pasar berasumsi bahwa gerak nilai harga komoditas minya mentah bergerak menguat, sebagian besar dikarenakan ekspektasi mereka akan adanya penurunan di cadangan minyak mentah Amerika, yang akan dilaporkan hari Rabu.

Analis dari Reuters mengatakan bahwa gerak nilai harga komoditas minyak mentah mungkin akan naik ke kisaran level harga $54.37 US/ barel. Penguatan gerak nilai harga komoditas minyak mentah akan mampu mencapai level harga tersebut, apabila mampu menembus level resisten di kisaran level harga $53.36 US/ barel.

About author

You might also like

Fundamental 0 Comments

Harga Emas Terimbas Kondisi Eropa

Dilaporkan bahwa gerak harga emas berjangka naik ke level tertinggi dalam hampir empat minggu karena kekhawatiran bahwa pertumbuhan ekonomi global yang melambat mendorong permintaan untuk aset ini. Gerak positif harga

Berita 0 Comments

Aussie Waspadai Kondisi Perekonomian Australia

Aussie melemah setelah publikasi data penjualan ritel dan neraca perdagangan Australia isyaratkan masih rapuhnya momentum pertumbuhan ekonomi negeri Kangguru tersebut. Penjualan ritel Australia hanya mencatatkan kenaikan 0,2% untuk bulan Februari;

Forex News 0 Comments

Yen Anjlok terhadap Dolar; Deflasi Masih Bertahan

Yen Jepang menyentuh level terendah dalam 2.5 tahun belakangan sebelum gubernur BoJ Masaaki Shirakawa berbicara hari ini. Sebelumnya hari Selasa kemarin bank sentral Jepang sudah mengumumkan rencana untuk pembelian aset

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply

CAPTCHA Image
Play CAPTCHA Audio
Reload Image