Greenback Terdongkrak Rilis Data Perumahan, Minyak Terjerembab Lagi

0_usa_10152999_567681066709603_1818365415729374905_nDilaporkan bahwa gerak nilai apresiasi mata uang USD telah mampu memangkas kerugiannya terhadap major currencies pada sesi perdagangan pasar di hari Kamis. Hal tersebut terjadi, karena kuatnya data dari sektor perumahan Amerika.

Hasil rilis data Amerika tersebut, telah memberikan dukungan terhadap Greenback Gerak nilai apresiasi mata uang USD juga terdukung, oleh karena adanya pernyataan yang optimis dari Presiden European Central Bank (ECB), Mario Draghi, yang gagal untuk meringankan kecemasan para pelaku pasar terhadap pertumbuhan ekonomi global.

Hasil rilis data pada hari Kamis telah menunjukkan bahwa, angka penjualan rumah yang sudah ada di Amerika naik sebesar 1.1% di bulan Juni menjadi 5.57 juta unit dari 5.51 juta unit di bulan Mei yang direvisi dari pembacaan sebelumnya untuk 5.53 juta unit. Perkiraan para pelaku pasar sebelumnya adalah, adanya angka penurunan sebesar 0.5% sehingga menjadi 5.48 juta unit.

Laporan tersebut datang setelah Departemen Tenaga Kerja Amerika yang mengatakan bahwa jumlah individu yang mengajukan tunjangan pengangguran dipekan yang berakhir 16 Juli turun 1,000 menjadi 253,000 dari total pekan sebelumnya yang berjumlah 254,000. Para pelaku pasar memperkirakan bahwa, angka klaim akan naik sekitar 11,000 sehingga menjadi 265,000 untuk pekan lalu.

Gerak nilai harga indeks saham Nikkei, Jepang, telah bergerak melemah pada sesi perdagangan pasar di hari Jumat. Hal tersebut terjadi, karena dipicu oleh adanya penguatan gerak nilai apresiasi mata uang Yen.

Penguatan gerak nilai apresiasi mata uang Yen terjadi, setelah Gubernur Bank of Japan (BoJ) Haruhiko Kuroda, pada hari Kamis mengumumkan telah menghapus peluang adanya kebijakan “helicopter money” untuk mengatasi inflasi di Jepang. Dilaporkan bahwa, gerak nilai harga indeks saham Nikkei 225, telah sempat tercatat melemah sebanyak 150 poin, atau sekitar 0.9% di kisaran level harga 16,660.

Gerak nilai apresiasi mata uang Yen dilaporkan telah bergerak menguat atas Greenback, dengan bergerak menuju ke kisaran level harga 105.80 terhadap pada sesi perdagangan pasar di hari Jumat pagi. Sebelumnya, gerak nilai apresiasi mata uang Yen telah sempat tecatat berada di kisaran level 107.15 pada sesi perdagangan pasar hari Kamis siang waktu setempat.

Gerak nilai harga saham dari perusahaan game Nintendo, dilaporkan telah tercatat naik hampir sebesar 4%. Hal tersebut terjadi, setelah akhirnya aplikasi game tersebut diluncurkan di Jepang.

Perusahaan game Nitendo adalah merupakan perusahaan yang memiliki bagian pada perusahaan produsen Pokemon, Pokemon Company dan pengembang game “Pokemon Go”, Niantic. Sejauh ini, aplikasi tersebut tersedia di AS, Australia, Selandia Baru, Kanada, dan sejumlah negara di Eropa serta Jepang.

Gerak nilai harga saham dari perusahaan McDonald’s Holdings dilaporkan juga telah bergerak menguat sekitar 7.91%. Hal tersebut terjadi, setelah dilaporkan bahwa perusahaan tersebut telah menjadi sponsor dari game Pokemon Go di Jepang, dan restorannya menjadi bagian dari permainan tersebut sebagai “Gym” tempat karakter Pokemon dapat berlatih.

Gerak nilai harga komoditas minyak mentah Amerika dilaporkan bergerak melemah, terkoreksi anjlok lebih dari 2% pada sesi perdagangan pasar di hari Kamis. Hal tersebut terjadi, setelah kenaikan persediaan stok bensin mendorong pasokan di konsumen minyak terbesar dunia itu ke rekor tertinggi, yang memperburuk kekhawatiran tentang banjir pasokan global.

Laporan dari pihak Energy Information Administration (EIA) pada hari Rabu menunjukkan bahwa, total stok minyak mentah dan produk olahannya meningkat 2,62 juta barrel, menuju ke rekor tertinggi 2,08 milyar barrel. Hal tersebut terjadi, seiring kenaikan mengejutkan sebesar 911.000 barrel dalam persediaan bensin.

Kelebihan stok produk olahan minyak tersebut telah mempersuram outlook harga ’emas hitam’ Amerika di sepanjang sisa tahun ini dan semester pertama tahun 2017, dengan selisih antara harga jangka pendek dan harga pengiriman di masa depan mencapai level terlebar dalam 5-bulan. Sentimen di perdagangan komoditas minyak juga terbebani oleh adanya pemberitaan tentang kembali beroperasinya terminal ekspor di Libya.

About author

You might also like

CFD News 0 Comments

Jerman dan China Bergerak Tumbuh, Emas Ikut Menguat

Dilaporkan bahwa semangat bisnis Jerman melonjak naik ke rekor tertinggi di bulan November, karena perusahaan meningkatkan prospek mereka untuk beberapa bulan ke depan, terlepas dari situasi politik Jerman yang tidak

Komoditas 0 Comments

Euro Merangkak Naik, Komoditas Minyak Koreksi

Gerak nilai apresiasi mata uang EUR/ USD dilaporkan tampak tengah melanjutkan gerak penguatannya pada sesi perdagangan pasar di hari Rabu. Hal tersebut terjadi, seiring adanya ketidakpastian atas perkembangan dari politik

Emas dan Major Currencies Menggeliat Kencang Semalam

Gerak harga emas berjangka dilaporkan bergerak naik pada hari Kamis dini hari pagi. Gerak harga emas menguat naik setelah adanya rilis laporan FOMC The Fed. Setelah pertemuannya, The Fed mengungkapkan