Greenback Tertopang Proyeksi Ekonomi Amerika, Game Pokemon Go Berimbas di Indeks Nikkei

CCASOcNWgAEi-KmDilaporkan pada sesi perdagangan pasar Asia di hari Rabu bahwa, nilai indeks USD telah melanjutkan gerak penguatan secara rally. Hal tersebut terjadi, menyusul hasil rilis data ekonomi Amerika pada sesi perdagangan pasar Amerika pada hari Selasa semalam.

Dari hasil rilis data ekonomi Amerika pada sesi perdagangan pasar Amerika pada hari Selasa semalam, telah mensinyalkan bahwa laju perekonomian Amerika akan terus bertumbuh. Kondisi tersebut menguatkan spekulasi para pelaku pasar atas langkah Federal Reserve.

Para pelaku pasar menjadi semakin kuat berasumsi, atas langkah yang akan diambil oleh The Fed. Asumsi para pelaku pasar tersebut adalah bahwa, langkah The Fed akan semakin jelas untuk melakukan langkah kebijakannya, dengan akan mengambil tindakan menaikkan suku bunga sebelum akhir tahun nanti.

Dilaporkan bahwa, jumlah konstruksi rumah baru di Amerika telah naik lebih dari estimasi sebelumnya. Hal tersebut semakin menambah jumlah data positif atas Amerika dalam kurun waktu belakangan ini, yang mensinyalkan laju pertumbuhan positif.

Para pelaku pasar mengatakan bahwa, serentetan data Amerika yang positif telah menghidupkan kembali peluang kenaikan suku bunga oleh The Fed. Para pelaku pasar berpendapat, kondisi perdagangan pasar akan mengantisipasi setidaknya ada kenaikan satu kali di tahun ini, hal tersebut akan menopang gerak nilai apresiasi Greenback.

Dilaporkan bahwa, Fed funds futures menunjukkan para pelaku pasar memperkirakan peluang hampir sebesar 50:50 bahwa The Fed akan menaikkan suku bunga sebelum pertemuan bulan Desember, demikian menurut FedWatch milik CME Group. Hal tersebut lebih tinggi kemungkinannya, dibandingkan dengan kurang dari 20% beberapa pekan sebelumnya.

Selain itu, menguatnya ekspektasi para pelaku pasar bahwa pihak berwenang dari Bank of Japan (BoJ) akan meluncurkan kebijakan pelonggaran lebih lanjut. Hal tersebut tentunya juga turut menopang gerak nilai apresiasi mata uang USD, terutama apresiasinya terhadap mata uang Yen.

Gerak nilai harga di bursa saham Nikkei Jepang dilaporkan telah bergerak melemah pada sesi perdagangan pasar di hari Rabu. Dilaporkan bahwa gerak nilai harga indeks saham Nikkei 225 telah bergerak melemah sekitar 0.7%, menuju ke kisaran level harga 16,602.90. Gerak nilai harga indeks saham Nikkei melemah setelah ditutup level tinggi 6-pekan pada sesi perdagangan pasar sebelumnya.

Gerak nilai harga saham perusahaan Nintendo Co. dilaporkan telah bergerak turun. Hal tersebut terjadi, karena menyusul adanya kenaikan hingga lebih dari 120% berkat game Pokemon Go yang digandrungi oleh masyarakat global. Game tersebut dijadwalkan akan dirilis di Jepang pada hari Rabu, demikian menurut TechCrunch.

Dilaporkan juga bahwa gerak nilai harga saham perusahaan McDonald’s Holdings Co. di Jepang, telah bergerak melejit hingga sekitar 9.1%. Hal tersebut terjadi, setelah perusahaan tersebut menjadi sponsor dari game Pokemon Go di Jepang. Kondisi tersebut telah membuat restorannya menjadi lokasi penting bagi para pemain game tersebut, demikian menurut laporan Wall Street Journal.

Dilaporkan bahwa gerak nilai apresiasi mata uang Yen bergerak menguat tipis terhadap Greenback pada awal sesi perdagangan pasar Asia di hari Rabu. Gerak nilai apresiasi mata uang USD/ JPY dilaporkan tengah bertahan di bawah level 106.

Hal tersebut terjadi, setelah gerak nilai apresiasi mata uang USD/ JPY sempat menyentuh level rendah di sekitar level 105.80. Penguatan dari gerak nilai apresiasi mata uang Yen tersebut, telah menekan gerak nilai harga saham dari perusahaan di sektor eksportir di Jepang.

Gerak nilai harga komoditas minyak mentah dilaporkan telah merosot sekitar 1,6% pada sesi perdagangan pasar di hari Selasa. Hal tersebut terjadi, seiring lonjakan dari gerak nilai apresiasi Greenback atas major currencies dan kelebihan pasokan bahan bakar global mengimbangi prediksi penurunan 9-pekan beruntun dalam persediaan Amerika.

Sebuah jajak pendapat Reuters menunjukkan bahwa, mayoritas para analis pasar memperkirakan bilaman stok minyak mentah Amerika turun 2,2 juta barrel pada sepanjang pekan lalu. Para pelaku pasar juga masih dicemaskan oleh melimpahnya persediaan minyak mentah dan produk minyak bumi di pasar global, pasca proyeksi terbaru dari International Monetary Fund (IMF) mensinyalkan potensi perlambatan permintaan energi.

Bagaimanapun, gerak pelemahan kerugian dari komoditas emas hitam ini, tampaknya masih terbatasi oleh adanya gerakan aksi protes yang telah menutup terminal minyak Hariga di Libya timur. Kondisi tersebut telah menyebabkan penundaan produksi minyak mentah sekitar 100.000 barrel/ hari.
.

About author

You might also like

Apresiasi USD Terlawan karena Kondisi Pasar Global

Pada sesi perdagangan pasar Asia hari Selasa (21/ 10/ 2014) ini, apresiasi mata uang USD masih pertahankan gerak pelemahannya mulai dari kemarin terhadap sebagian besar major currencies. Hal ini terjadi

Fundamental

Hasil Rilis Data Jepang Positif, Produksi OPEC Diperkirakan Turun

christian louboutin outlet Dilaporkan bahwa hasil rilis data harga grosir Jepang meningkat di laju tercepat tahunan hampir sembilan tahun di bulan Agustus. Hal tersebut terjadi, karena permintaan China yang kuat

Forex News 0 Comments

Sterling Rebound Pasca Merosot 3 Sesi Beruntun

Sterling mulai bangkit terhadap dollar pada perdagangan sesi Asia setelah merosot dalam tiga hari beruntun. Sterling mulai tertekan pada perdagangan Jumat setelah data non-farm payrolls AS dirilis lebih tinggi dari

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply

CAPTCHA Image
Play CAPTCHA Audio
Reload Image