Harga Emas Sempat Menggeliat, USD Terkoreksi Karena Rilis Data Amerika

Harga Emas Sempat Menggeliat, USD Terkoreksi Karena Rilis Data Amerika

Golden Bugatti VeyronDilaporkan bahwa harga emas bergerak positif, menguat usai gerak USD melemah meskipun ada spekulasi bahwa suku bunga Amerika bisa naik lebih awal dan membuat membuat tekanan pada komoditas ini. Kenaikan harga emas usai mata uang USD terkoreksi melemah jatuh dari posisi tertingginya akibat dari terjadinya rilis data yang menyebutkan bahwa ada penurunan mengejutkan dalam penjualan ritel Amerika pada bulan Februari. Seperti yang telah terjadi, gerak harga emas terkoreksi tajam dalam sembilan sesi perdagangan beruturut-turut, mencatatkan kerugian sekitar $57.82 US sejak 27 Februari lalu. Gerak harga emas terkoreksi ditengah spekulasi para pelaku pasar yang melihat adanya potensi kenaikan suku bunga yang lebih awal oleh The Fed.

Selama sesi perdagangan di pasar Amerika semalam, dilaporkan bahwa memang para pelaku pasar saat itu tengah fokus pada hasil rilis data Klaim Pengangguran Amerika. Ternyata hasilnya adalah rilis data Klaim Pengangguran Amerika dilaporkan turun menjadi 289K salama periode minggu lalu, meski data dirilis lebih baik dari perkiraan dan data sebelumnya pada 305K (F) dan 320K (P). Data mencerminkan bahwa sektor tenaga kerja Amerika telah mengalami perubahan yang cukup signifikan. Dengan melansir dari Reuters, dilaporkan bahwa gerak harga emas di pasar spot emas naik 0,05 % menjadi $ 1.154,65 US/ ons. Sedangkan harga emas berjangka Amerika untuk pengiriman April ditutup naik Sebesar $ 1,30 US/ ons ke posisi $ 1.151,90 US. Hargas spot emas sebelumnya mencapai posisi tinggi $ 1.166,30 US/ ons, namun melemah kembali karena saham Amerika merangkak naik pada saat pembukaan. Harga emas telah jatuh ke level terendah sejak 1 Desember di mana sehari sebelumnya berada di posisi $ 1.147,10 US/ ons, penurunan terpanjang sejak Maret 2009. “Penjualan ritel pagi ini lebih lemah dari yang diharapkan dan meragukan beberapa untuk waktu kenaikan suku bunga The Fed, yang dianggap banyak orang sebagai sebuah kepastian Juni baru kemarin,” kata Direktur dan Kepala Penjualan untuk logam global di TD Securities di New York, Steve Scacalossi. Demikian juga pendapat dari Simon Weeks, kepala logam mulia di Bank of Nova Scotia, dimana dia mengatakan, “Ini adalah kepastian bahwa tingkat akan naik, itu hanya sebuah pertanyaan tentang kapan, dan seberapa banyak Dengan demikian, emas akan berjuangā€¯. Di sisi lain, mata uang euro telah turun 12 % terhadap mata uang USD di tahun ini sebagai kebijakan moneter di ECB dan Federal Reserve, dengan kondisi ECB meluncurkan pelonggaran kuantitatif dan The Fed bersiap untuk kenaikan suku bunga dalam hampir satu dekade. “Tindakan kebijakan masa depan oleh The Fed tetap tinggi pada agenda emas. Ini akan terus mendikte kecepatan di mana mata uang USD menghargai (dan permintaan sektor resmi untuk penurunan emas) dan sesuai berapa banyak tekanan akan diberikan pada emas,” menurut catatan BNP Paribas. Dilaporkan pula pada hari Jumat (13/ 03/ 2015) ini dengan mengacu ada situs resmi logam mulia bahwa, harga emas yang dijual PT. Aneka Tambang, Tbk (Antam) masih bertahan, dengan tetap berada di level harga Rp 543 ribu/ gram menjelang akhir pekan ini. Sedangkan untuk harga buyback, emas Antam telah bergerak turun senilai Rp 1.000 menjadi Rp 485 ribu/ gram. Berikut ini adalah merupakan daftar harga emas yang dijual Antam, yaitu untuk emas pecahan 500 gram - Rp 251.800.000, pecahan 250 gram - Rp 126.000.000, pecahan 100 gram - Rp 50.450.000, pecahan 50 gram - Rp 25.250.0000, pecahan 25 gram - Rp 12.650.000, pecahan 10 gram - Rp 5.090.000, pecahan 5 gram - Rp 2.570.000, dan untuk pecahan 1 gram - Rp 543.000.

Pada sesi perdagangan di hari Jumat (13/ 03/ 2015) ini, perdagangan pasar emas diperkirakan akan diperdagangkan pada kisaran yang cukup besar, dengan adanya laporan data Inflasi Amerika yang akan jadi fokus utama pasar malam nanti. Para pelaku pasar hendaknnya waspada selalu dengan kemungkinan adanya koreksi yang cukup besar pada USD. Jika USD terkoreski dengan cukup, maka besar kemungkinan bahwa gerak harga emas pun akan ikut rebound dan mungkin bisa saja mencatatkan nilai keuntungan hariannya yang cukup besar.

About author

You might also like

Berita 0 Comments

The Fed Tetap Tahan Kebijakan, Yen Tekan Greenback

Telah dilaporkan bahwa gerak nilai apresiasi mata uang USD/ JPY bergerak turun ke level 112.84 pada sesi perdagangan pasar Asia di hari Kamis. Hal tersebut terjadi, menyusul pelemahan gerak nilai

Sterling Stabil Dekat Level Tertinggi 5 Tahun

Mengawali perdagangan pagi sesi Asia di awal pekan ini sterling masih stabil di dekat level tertinggi dalam lima tahun terakhir terhadap dollar setelah pekan lalu berhasil membukukan penguatan dua pekan

Berita 0 Comments

Aussie Kembali ke Level 0.9400

Buruknya data produk domestik bruto AS membuat aussie berbalik menguat pada perdagangan Rabu terhadap dollar setelah hari sebelumnya merosot tajam. Mata uang Australia tersebut kini kembali diperdagangkan stabil dikisaran 0.9400.

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply

CAPTCHA Image
Play CAPTCHA Audio
Reload Image