Hasil Rilis Data Positif Amerika Dalam 2 Minggu Terakhir, Para Pelaku Pasar Cenderung Spekulatif

11696_3849381332391_2013197477_nGerak nilai apresiasi mata uang Dollar Australia, yang lazim disebut dengan istilah Aussie, dilaporkan telah bergerak lebih rendah pada sesi perdagangan pasar di hari Kamis pagi ini. Gerak nilai apresiasi Aussie tersebut, adalah merupakan gerak pelemahan ke dua kalinya dengan secara berturut-turut.

Pada pertengahan sesi perdagangan pasar, gerak nilai apresiasi AUD/ USD dilaporkan telah sempat bergerak dan menyentuh level terendah, yaitu di kisaran level di 0.7456. Gerak nilai apresiasi Aussie telah menembus level psikologis di kisaran level 0.75 - an.

Para pelaku pasar tengah menyesuaikan posisi dan berspekulasi berkenaan dengan langkah kebijakan dari Reverse Bank of Australia (RBA). Diasumsikan oleh para pelaku pasar, bahwa pihak berwenang dari RBA, akan elakukan langkah kebijakannya, yaitu dengan memotong suku bunga pada bulan depan seiring dengan adanya inflasi yang diperkirakan akan berada di bawah target.

Pertemuan dewan petinggi di RBA pada hari Selasa yang lalu, telah menggarisbawahi bahwa, faktor inflasi dan CPI diperkirakan berada di angka 2-3 % dibawah dari target RBA. Berpedoman dari adanya pernyataan tersebut, para pelaku pasar memperkirakan bahwa akan ada pemangkasan bunga lagi setidaknya sekali sebelum tahun ini berakhir.

Sentimen yang akan mempengaruhi gerak nilai harga dalam perdagangan pasar hari ini terbilang minim. Para pelaku pasar akan memperhatikan pada hasil pengumuman bulanan suku bunga dari pihak berwenang ECB dan hasil rilis data manufaktur Amerika.

Diperkirakan bahwa gerak nilai apresiasi mata uang AUD/USD pada selanjutnya akan mencoba untuk bergerak menuju ke level support yang berada di kisaran level 0.7450. Jika tren berasih berlanjut ada peluang AUD/USD menuju area konsolidasi dan berakhir di level 0.7320.

Dilaporkan bahwa gerak nilai harga di bursa saham Asia telah bergerak secara menguat pada sesi perdagangan pasar Asia di hari Kamis ini. Gerak nilai harga di bursa saham Nikkei, Jepang, dilaporkan telah memimpin gerak penguatan nilai harga indeks saham regional Asia.

Hal tersebut terjadi, seiring adanya rilis laporan media setempat yang mensinyalkan akan adanya paket stimulus besar dari pemerintahan Abe. Dilaporkan oleh Kyodo News bahwa, pihak pemerintah Jepang tengah mempersiapkan paket stimulus yang setidaknya bernilai 30 trilyun Yen, atau setara dengan $188 milyar US.

Langkah tersebut dilakukan, guna membantu gerak laju perekonomian domestik agar bisa bergerak bangkit dari deflasi, dan mencegah potensi dampak dari Brexit. Sebelumnya, paket stimulus diperkirakan mencapai sedikit di atas 10 trilyun yen, namun saat ini mungkin akan berkali lipat, demikian menurut laporan dari Kyodo News.

Dilaporkan bahwa gerak nilai harga indeks saham Nikkei 225 telah bergerak secara rally lebih dari 1%. Hal tersebut terjadi, adalah juga karena ditunjang oleh adanya pelemahan gerak nilai apresiasi mata uang Yen.

Gerak nilai harga saham McDonald’s Holdings di Jepang dilaporkan telah bergerak melejit sekitar 4.69%, setelah sempat bergerak menguat hampir 8% pada awal sesi perdagangan pasar Asia. Hal tersebut terjadi, setelah adanya pengumuman bahwa McDonald akan berkolaborasi dengan game “Pokemon Go” dalam waktu dekat ini.

Dilaporkan bahwa, gerak nilai harga saham Nintendo, telah kembali diperdagangkan secara menguat hingga sekitar 3.73% pada sesi perdaganagn pasar Asia di hari Kamis. Gerak nilai harga saham Nintendo telah terkoreksi kuat dan bergerak melemah anjlok sekitar 13% pada sesi perdagangan pasar di hari Rabu kemarin sebelumnya, setelah adanya berita tentang penundaan rilis di Jepang.

Gerak nilai harga indeks saham Kospi, Korsel, dilaporkan tidak sejalan dengan gerak nilai harga indeks saham Nikkei, Jepang, karena telah bergerak melemah. Dilaporkan bahwa gerak nilai harga indeks saham Kospi telah terkoreksi sekitar 0.22%.

Dilaporkan juga bahwa, gerak nilai harga indeks saham Hang Seng, Hong Kong, telah bergerak positif, dengan bergerak menguat sekitar 0.7%. Gerak nilai harga di bursa saham CHina juga dilaporkan telah diperdagangkan secara menguat, dengan gerak nilai harga indeks saham Shanghai bergerak naik sekitar 0.36%.

Pada sesi perdagangan pasar di hari ini, gerak nilai harga komoditas emas dilaporkan telah kembali terkoreksi turun. Gerak nilai harga komoditas emas dilaporkan telah sempat berada pada kisaran level harga $1,314.170.
Gerak nilai harga komoditas emas sebelumnya juga dilaporkan telah tergelincir di sesi perdagangan pasar di hari Rabu (20/ 07/ 2016) kemarin. Dilaporkan bahwa, gerak nilai harga komoditas emas telah mencatatkan angka keruian yang tajam.

Hal tersebut terjadi, di tengah adanya ekspektasi para pelaku pasar, atas gerak kenaikan suku bunga Amerika yang kembali meningkat, setelah sederetan data ekonomi dirilis dengan hasil yang lebih baik selama dua pekan terakhir ini. Aksi spekulasi para pelaku pasar juga nampak terjadi di tengah musim laporan keuangan dari saham-saham Amerika yang mendorong banyak investor keluar dari asset safe-haven.

Pada sesi perdagangan pasar di hari Rabu (20/ 07/ 2016) kemarin, dilaporkan bahwa gerak nilai harga komoditas emas spot, telah ditutup turun sebanyak $13.00 atau sekitar 0.98%. Gerak nilai harga komoditas emas spot pada sesi perdagangan pasar di hari Rabu, telah ditutup dengan berakhir pada level $1,315.580, setelah sebelumnya sempat diperdagangkan hingga setinggi $1,312.497 dan serendah $1,337.890.

Gerak nilai harga komoditas emas berjangka kontrak Agustus di divisi Comex New York Mercantile Exchange, dilaporkan telah ditutup turun. Gerak nilai harga komoditas emas berjangka kontrak Agustus telah ditutup turun sebanyak $13.00 atau sekitar 1.00% dengan berakhir pada level harga $1,319.300.

Para pelaku pasar berasumsi atas lagkah The Fed, dengan melihat sederetan data ekonomi Amerika dalam kurun waktu dua pekan terakhir. Kondisi tersebut telah kembali meningkatkan spekulasi para pelaku pasar, bahwa The Fed akan melakukan langkah menaikkan suku bunga Amerika pada tahun ini.

Memasuki sesi perdagangan hari ini, pasar emas masih akan terfokus pada pergerakkan pada rival utamanya. Adanya pertemuan ECB akan menjadi fokus utama para pelaku di sesi perdagangan pasar Eropa di sore nanti. Di sesi perdagangan pasar Amerika, akan dirilis hasil data Existing Home Sales dan jadwal Press Konference Kepala ECB Mario Draghi akan jadi fokus para pelaku pasar.

Para pelaku pasar hendakanya waspada akan adanya potensi gerak penurunan pada nilai harga komoditas emas. Hal tersebut terasumsikan, karena tingginya nilai index USD yang telah menembus level 97 untuk pertama kalinya sejak Maret lalu. Gerak nilai harga komoditas emas secara teknis diperkirakan akan diperdagangkan pada kisaran level harga $1,320.100 - $1,303.500.

Dilaporkan bahwa gerak nilai harga komoditas minyak telah bergerak rebound. Gerak nilai harga komoditas minyak telah kembali berbalik menguat pada sesi prdagangan pasar di hari Rabu.

Hal tersebut terjadi, setelah hasil rilis data dari pemerintah Amerika yang menunjukkan penurunan 9-minggu beruntun dalam persediaan minyak mentah. Sehingga mengurangi beberapa kekhawatiran pasar tentang kelebihan pasokan global.

Pihak dari Energy Information Administration (EIA) mengatakan bahwa, angka ketersediaan stok minyak mentah domestik telah turun sekitar 2,3 juta barrel dalam pekan yang berakhir 15 Juli sehingga menjadi 519,5 juta barrel. Meski demikian, namun masih belum menjauh dari rekor tertinggi.

Laporan dari pihak EIA tersebut sedikit lebih besar dibandingkan estimasi angka penurunan ketersediaan stok minyak sebelumnya. Estimasi angka penurunan ketersediaan stok minyak sebelumnya yaitu sekitar 2,2 juta barrel dan sejalan dengan penurunan yang dilaporkan oleh American Petroleum Institute (API) pada hari Selasa malam.

Meski demikian, namun pemulihan gerak nilai harga komoditas minyak nampaknya masih terbatasi oleh berita yang menyebutkan jika aktivitas ekspor di pelabuhan Hariga, Libya, telah kembali berjalan menyusul berakhirnya aksi mogok pekerja. Pelabuhan itu terletak di dekat ladang minyak Sarir, yang memiliki kapasitas sekitar 120.000 barrel per hari untuk ekspor.
.

About author

You might also like

Berita 0 Comments

USD Tertekan Valuta Major Lain, Pasar Condong Ke Mata Uang Yen

Pada sesi perdagangan Asia di pagi ini (Rabu, 17/04/2013), valuta EUR diperdagangkan lebih tinggi sebesar 1.10% menjadi 1.3177, mencapai titik terendah harianya pada 1.3028 dan titik tertingginya pada 1.3201. Memasuki

Kebijakan RBNZ Bikin Pasar Shock, Gerak Wall Street Terdorong Minyak

Dilaporkan bahwa, gerak nilai apresiasi mata uang Selandia Baru/ New Zealand, yang lazim disebut dengan istilah Kiwi, telah bergerak melemah. Gerak nilai apresiasi Kiwi terkoreksi kuat dan bergerak terjun bebas

Berita 0 Comments

Aussie Coba Naik di Tengah Suasana Libur

Kurs Aussie (AUDUSD) nampak tidak banyak bergerak di perdagangan hari Jumat (25/4) akibat sepinya perdagangan berkenaan hari libur nasional Anzac Day. Anzac Day merupakan hari libur nasional guna memperingati aksi

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply

CAPTCHA Image
Play CAPTCHA Audio
Reload Image