Jepang Tak Turut Beriringan Menguat Di Bursa Asia, Kondisi Ekonomi Amerika Masih Mencemaskan

amrik policeGerak nilai apresiasi mata uang Kanada, yang lazim disebut dengan istilah Loonie, dilaporkan pada sesi perdagangan pasar di hari Rabu (03/ 02/ 2016) kemarin, bergerak rally. Gerak nilai apresiasi Loonie bergerak rally hingga menyentuh level tertinggi satu bulan terhadap mata uang USD.

Dilaporkan bahwa gerak nilai apresiasi mata uang USD/ CAD telah sempat diperdagangkan di kisaran level 1.3840, menjauhi level tertinggi harian 1.4102. Pergerakan kuat dari nilai apresiasi Loonie terjadi, mengikuti rebound dari gerak nilai harga komoditas minyak mentah. Setelah gerak nilai apresiasinya menyentuh level terendah sejak tahun 2003 lalu, Loonie perlahan mulai bergerak bangkit, dimana pada sesi perdagangan pasar di minggu lalu telah berhasil mencetak gerak penguatan dalam kurun waktu dua pekan beruntun.

Greenback dilaporkan telah bergerak melemah nilai apresiasinya, dan mengalami tekanan karena akibat kecemasan para pelaku pasar. Para pelaku pasar cemas akan kondisi pelambatan laju ekonomi Amerika yang dapat menunda niat dari Federal Reserve untuk kembali menaikkan suku bunga.

Gerak nilai indeks USD dilaporkan telah terperosok ke level terendah dalam lebih dari 7-pekan. Hal tersebut terjadi, di tengah meningkatnya skeptisisme terhadap laju kenaikan suku bunga The Fed tahun ini, setelah data menunjukkan pertumbuhan industri jasa Amerika yang lebih lambat dari harapan pada bulan lalu.

William Dudley, Presiden The Fed New York, pada hari Rabu mengatakan bahwa kondisi pasar keuangan semakin buruk dalam pekan ini. Kondisi tersebut terjadi sejak Federal Reserve menaikkan suku bunga dan para pembuat kebijakan moneter harus mengambil tindakan untuk mempertimbangkan fenomena yang masih berlangsung.

William Dudley dalam sebuah wawancaran dengan MNI dalam tambahannya mengatakan bahwa, outlook yang memburuk untuk ekonomi global dan penguatan lebih lanjut dalam dollar dapat “berikan konsekuensi yang signifikan” terhadap kesehatan ekonomi Amerika. William Dudley adalah merupakan pemilih permanen di dalam Federal Open Market Committee (FOMC).

William Dudley mengatakan bahwa satu hal yang saya pikir bahwa kami dapat mengatakan dengan lebih percaya diri bahwa kondisi keuangan semakin buruk daripada pada waktu pertemuan FOMC di bulan Desember. “Jadi, jika kondisi keuangan masih seperti ini pada saat kita sampai ke pertemuan di bulan Maret, kami akan mempertimbangkan segala sesuatunya terhadap keputusan kebijakan moneter pada saat itu,” demikian tambahnya.

Gerak nilai harga komoditas minyak menguat sekitar 9% pada sesi perdagangan pasar hari Rabu, setelah Sergei Lavrov, Menteri Luar Negeri Rusia, memberikan pernyataan. Sergei Lavrov, mengatakan bahwa, jika ada konsesus antara Organization of the Petroleum Exporting Countries (OPEC) dan non-OPEC untuk mengadakan pertemuan, maka hal tersebut akan terjadi.

Gerak nilai harga komoditas minyak mentah WTI dilaporkan bahkan masih mampu menguat setelah adanya rilis dari Energy Information Administration (EIA) yang melaporkan kondisi stok minyak Amerika. Dilaporkan bahwa stok minyak Amerika bertambah sebesar 7,8 juta barel menjadi 502,7 juta barel dalam sepekan yang berakhir 29 Januari. Kondisi tersebut terjadi, karena dipicu oleh lonjakan impor dan berkurangnya penyulingan.

Telah pula dilaporkan bahwa, sebagian besar gerak nilai harga saham di bursa saham Asia diperdagangkan menguat pada sesi perdagangan pasar di hari Kamis ini. Kondisi tersebut terajdi, menyusul adanya gerak penguatan gerak nilai harga saham di bursa Wall Street semalam.

Gerak nilai harga di bursa saham China dilaporkan telah dibuka di area positif, dengan gerak nilai harga indeks saham Hang Seng bergerak menguat sekitar 1.79%. Indeks gabungan Shanghai juga menguat sebanyak 1.03%. Dilaporkan dari zona ekonomi Korea Selatan bahwa, gerak nilai harga indeks saham Kospi diperadagangkan menguat sekitar 0.94%. Dari sisi earnings, sejumlah nama besar akan merilis hasil earningsnya hari ini, termasuk Sharp, Tata Steel, dan Singapore Airlines.

Diasumsikan oleh para pelaku pasar bahwa, gerak nilai harga saham di perdagangan bursa Asia akan ditopang oleh aksi beli para pelaku pasar hari ini, selain Jepang. Gerak nilai harga indeks saham Jepang, yaitu indeks saham Nikkei 225 dilaporkan justru diperdagangkan melemah 0.8%. Walaupun demikian, namun gerak jilai harga indeks saham Nikkei masih terlepas dari level rendah sesi.

Gerak nilai harga indeks saham Nikkei akan terkena aksi jual akibat gerak penguatan nilai apresiasi mata uang Yen. Volatilitas pada gerak nilai harga komoditas minyak dapat mendorong gerak nilai harga saham naik atau turun sebesar 5-10%.

About author

You might also like

CFD News 0 Comments

Pasar Nantikan Theresa May, Pasar Antisipasi Pelantikan Trump

Gerak nilai apresiasi mata uang USD/ JPY dilaporkan telah diperdagangkan melemah turun pada sesi perdagangan pasar Asia di hari Selasa. Hal tersebut terjadi seiring meningkatnya permintaan untuk mata uang safe

Berita 0 Comments

Rupiah Kembali Terpukul oleh Penguatan Dollar

US Dollar kembali menguat terhadap Rupiah dan beberapa mata uang lainnya. USD/IDR melewati resistance tengah 20-hari Bollinger di level 13.060 setelah rilis data ekonomi Amerika Serikat (AS). Indeks Dollar menguat

Berita 0 Comments

Forex Harian Dollar AS, Rebound Menguat

Setelah pada perdagangan kemarin bergerak naik, Dollar AS pada hari ini (06:10:54 GMT, Jum’at, 2 Mei 2014) menguat terhadap mata uang utama lainnya. Dibuka pada 0.8792 di awal perdagangan (00.00

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply

CAPTCHA Image
Play CAPTCHA Audio
Reload Image