Jepang Tampak Mulai Bangkit, Euro Beresiko Semakin Tertekan Jelang PertemuanECB

713375979_f89bc0afd_634f22704185d_950f81947_11417229_4565758_41185131_713375979_nPada sesi perdagangan pasar di hari Senin (30/ 11/ 2015) ini, tampak bahwa sebagian besar pergerakan nilai apresiasi mata uang major currencies tengah berada di bawah. Tekanan terhadap pergerakan nilai apresiasi major currencies ini terjadi meskipun tidak banyak peristiwa ekonomi yang penting selama akhir pecan. Walaupun kondisi fundamental pasar demikian, namun prospek untuk pelonggaran lebih lanjut pada pekan ini oleh European Centrak Bank (ECB) kemungkinan akan mempertahankan gerak nilai apresiasi mata uang Euro untuk tetap bergerak secara defensif.

Mata uang Eurogroup tersebut, dilaporkan telah bergerak di bawah kisaran level $1.0600 pada awal perdagangan pasar Asia di hari Senin ini. Pergerakan nilai apresiasi mata uang Uni Eropa tersebuty, tampak hanya sedikit berubah dari levelnya pada akhir pekan lalu. Mata uang Euro sempat mencapai level terendah di kisaran $1.0565 pada beberapa hari yang lalu. Pencapaian level harga tersebut, merupakan sebuah pencapaian level harga yang mana level tersebut tidak terlihat sejak April. Kondisi ini terjadi, sebagai akibat dari pada pandangan para pelaku pasar akan adanya pelonggaran lebih lanjut dari ECB.

Gerak nilai apresiasi mata uang cross Euro terhadap mata uang Jepang, yaitu mata uang Yen, telah dilaporkan masih bergerak stabil di dekat 130.00. Meskipun demikian, namun tidak terlalu jauh dari level terendah tujuh bulan di 129.67 yang di capai pada sesi perdagangan pasar di hari Jumat lalu.

Pembacaan inflasi yang lesu dari zona Eropa pada hari Senin dan Selasa dapat memperkuat ekspektasi untuk tindakan ECB pada pertemuan kebijakan pada tanggal 3 Desember, namun apapun hasilnya, pelonggaran kuantitatif tampaknya masih akan akan kuat mempengaruhi sentimen untuk di masa depan. Richard Grace, kepala analis di Commonwealth Bank, telah mengatakan bahwa pihak berwenang ECB kemungkinan akan mengumumkan stimulus yang lebih besar pada pertemuan kebijakan di hari Kamis nanti, yang mana seharusnya kita akan melihat gerak nilai apresiasi mata uang EUR/ USD akan bergerak lebih rendah lagi dan secara umum juga bisa menyeret gerak nilai apresiasi mata uang AUD/ USD.

Dilaporkan bahwa pada sesi perdagangan pasar di hari Senin (30/ 11/ 2015) ini, gerak nilai harga indeks saham patokan China tengah naik. Kenaikan gerak nilai harga indeks saham Shanghai Composite tersebut terjadi, setelah pada sesi perdagangan pasar sebelumnya telah mengalami kerugian tajam dalam kurun waktu tiga bulan.

Kondisi tersebut terjadi, seiring para pelaku pasar tengah mempertimbangkan untuk mulai memburu saham di dalam periode penawaran saham pertama (IPO). Selain hal tersebut, gerak kenaikan nilai harga indeks saham Shanghai Composite terjadi karena adanya kondisi menjelang pertemuan International Monetery Fund (IMF). Pertemuan IMF tersebut berpengaruh terhadap gerak nilai harga indeks saham China, karena pembicaraan dalam pertemuan lembaga peminjaman dana internasional tersebut adalah untuk memutuskan apakah mereka akan berikan jaminan untuk status mata uang cadangan ke mata uang China, yaitu mata uang Yuan.

Dilaporkan bahwa, gerak nilai harga indeks Shanghai Composite naik sebesar 0.3% menjadi 3,446.84. Gerak nilai harga indeks saham Shanghai Composite telah mencetak penurunan terbesar sejak kejatuhan besar di bulan Agustus pada hari Jumat lalu. Kondisi tersebut terjadi, setelah beberapa broker terbesar di China akan mengurangi dana dari saham yang sudah ada. Langkah tersebut terungkap dalam penyelidikan regulator, dimana penurunan laba perusahaan dan kecemasan akan tumbuhnya IPO baru yang memicu untuk para broker melakukan tindakan tersebut.

Dilaporkan bahwa gerak nilai harga saham produsen energi memimpin penguatan pada sesi perdagangan pasar Asia di hari Senin. Gerak nilai harga saham China Yangtze Power Co. dilaporkan telah bergerak menguat, dengan bergerak naik sebesar 2.3%. Gerak nilai harga saham perusahaan broker Haitong Securities Co dilaporkan masih memperpanjang gerak kerugian, dengan bergerak melemah merosot sebesar 9.5% ketika saham-saham tersebut kembali diperdagangkan.

Sebanyak 10 perusahaan yang termasuk Hubei Kailong Chemical Co. dibeli pada penawaran perdana mereka pada hari Jumat, yang merupakan awal pemasaran saham IPO dalam tiga hari pertama pekan ini. Hal tersebut dapat dilakukan, setelah regulator mengakhiri pembekuan selama lima bulan terhadap penjualan saham baru. People Bank of China (PBoF) mengurangi tingkat pinjaman selama enam bulan yang digunakan untuk menambah dana ke sisten keuangan di tengah kecemasan bahwa pembukaan penjualan saham baru akan mengacaukan suplai uang tunai.

Menilik perkembangan kondisi perdagangan pasar di Jepang. Dilaporkan bahwa rilis data output industri Jepang tengah naik untuk bulan ke dua secara beruntun di bulan Oktober. Hal tersebut merupakan sebuah tanda untuk kenaikan bertahap di dalam aktivitas pabrik seiring mulai berkurangnya penurunan ekspor. Kondisi tersebut berpotensi sebagai pertanda yang optimis dalam kemampuan ekonomi Jepang untuk pulih dari resesi.

Kementrian perdagangan Jepang telah menunjukkan bahwa output industri Jepang telah naik sebesar 1.4% pada tingkat bulanan di bulan Oktober, dibandingkan dengan estimasi median untuk kenaikan 1.9% di dalam survei Reuters dan kenaikan 1.1% dari bulan sebelumnya. Ini merupakan indikator terbaru setelah data pada pekan lalu yang menunjukkan pelemahan di dalam sektor belanja rumah tangga dan inflasi konsumen, yang masih berikan tekanan kepada Bank of Japan untuk meningkatkan jumlah stimulus saat ini, meskipun bank sedang tidak ingin bertindak itu pada saat ini.

Dilaporkan juga dalam rilis data terpisah pada hari Senin bahwa penjualan retail telah bergerak naik sekitar 1.8% di bulan Oktober dari setahun yang lalu. Kenaikan tersebut lebih besar dari estimasi para pelaku pasar untuk perkiraan kenaikan tahunan yaitu sebesar 0.8%.

Dilaporkan bahwa gerak nilai harga minyak menguat di awal sesi perdagangan pasar Asia pada hari Senin ini. Gerak penguatan nilai harga minyak tersebut terjadi, meskipun gerak penguatan harga tersebut dibatasi oleh kondisi dimana para pelaku pasar yang melihat perkembangan ke depan terhadap pertemuan OPEC. Para menteri-menteri dari kelompok produsen minyak OPEC akan menetapkan kebijakan dalam menghadapi pasar yang masih melimpah.

Pejabat OPEC telah dipertanyakan untuk sebuah perkiraan yang optimis dari kelompok riset pada pekan lalu sebelum berkumpulnya para menteri perminyakan pada tanggal 4 Desember, dengan beberapa sikap skeptis akan ada penurunan besar-besaran dari melimpahnya suplai di tahun 2016. Tim riset tersebut memperkirakan tingginya permintaan untuk minyak OPEC paada tahun depan seiring suplai dari para produsen seperti Amerika turun, yang berpotensi berkurangnya pelimpahan minyak global, dengan permintaan minyak dunia diperkirakan akan naik 1.25 juta barel/ hari.

Gerak nilai harga minyak tampak menuju pada gerak penurunan sebesar 10% pada bulan ini karena penilaian yang optimis bahwa bergantungnya pasar akan penurunan suplai telah terbukti salah. Gerak nilai harga minyak Amerika dilaporkan naik sebesar 18 sen di kisaran harga $41.88 US/ barel. Hal tersebut terjadi, setelah gerak nilai harga minyak turun lebih dari 3% pada sesi perdagangan pasar di hari Jumat lalu. Kontrak menuju penurunan sebesar 10% untuk bulan November. Gerak nilai harga minyak telah turun lebih dari setengahnya sejak pertengahan tahun lalu karena melimpahnya suplai.

About author

You might also like

Greenback Tekan Kiwi, Minyak Tampak Menguat

Dilaporkan bahwa, gerak nilai apresiasi mata uang New Zealand Dollar, atau lazim disebut dengan istilah Kiwi, telah bergerak melemah. Gerak nilai apresiasi Kiwi telah bergerak melemah pada awal sesi perdagangan

Forex News 0 Comments

Angka Pengembalian LTRO Mengecewakan Euro

Euro anjlok ke posisi terendah 6-minggu versus Dollar AS setelah European Central Bank mengumumkan jumlah pembayaran kredit perbankan yang jauh di bawah ekspektasi pasar, yang memicu keraguan atas kesehatan sistem

CFD News 0 Comments

Greenback Terkoreksi Kuat, Rupiah Tampak Suram

Dilaporkan bahwa gerak nilai apresiasi mata uang USD mengalami koreksi yang kuat. Gerak nilai apresiasi Greenback terkoreksi dan melemah terhadap 23 dari 31 major currencies. Dilaporkan bahwa, gerak nilai indeks

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply

CAPTCHA Image
Play CAPTCHA Audio
Reload Image