Jerman dan China Bergerak Tumbuh, Emas Ikut Menguat

1622036_974285616049144_832616421173427569_nDilaporkan bahwa semangat bisnis Jerman melonjak naik ke rekor tertinggi di bulan November, karena perusahaan meningkatkan prospek mereka untuk beberapa bulan ke depan, terlepas dari situasi politik Jerman yang tidak pasti. Ukuran keyakinan bisnis Jerman membuat rekor baru pada bulan November.

Indeks lembaga Ifo meningkat menjadi 117,5 dari sebelumnya 116,8, melampaui perkiraan para ekonom untuk mengukur agar tetap tidak berubah. Angka tersebut menandai pencapaian tertinggi sejak tahun 1991.

“Perekonomian Jerman terlihat sangat kuat dan tidak terpengaruh oleh perkembangan politik,” demikian menurut ekonom Institut Ifo, Klaus Wohlrabe. Meski demikian, sekitar 10% jawaban dari 7000 perusahaan yang disurvei oleh IFO datang setelah perundingan hari Minggu yang bertujuan membentuk pemerintah koalisi Jerman.

Jerman masih tetap kuat di tahun 2017 sebagai percepatan perdagangan global dan kebangkitan zona eropa menjadi lebih broad-based. Bundesbank menunggu momentum Jerman untuk membawa pada kuartal final, dan ekonom memperkirakan pertumbuhan tercepat sejak 2011.

Ukuran ekspektasi Ifo naik menjadi 111,0 dari semula 109,2, meskipun ukuran kondisi ekonomi saat ini turun menjadi 124,4 dari 124,8. Produk domestik bruto Jerman diperluas pada tingkat kuartal-ke-kuartal sebesar 0,8 %dalam tiga bulan sampai September, atau 3,3 %dalam waktu satu tahun.

Di wilayah Eropa yang lebih luas, perluasan ekonomi bergerak maju, dengan Bank Sentral Eropa mengklaim kredit untuk kenaikan yang paling sinkron. Hal tersebut terjadi, sejak mata uang tunggal didirikan hampir dua dekade yang lalu.

Dilaporkan bahwa profit industri China berhasil mempertahankan momentum terbaru mereka, mendasari penguatan ekonomi dan penguatan inflasi produsen di negara. Pada bulan Oktober, profit industri naik 25,1 %dari periode satu tahun sebelumnya menjadi 745,4 miliar yuan, turun dari kenaikan 27,7 %di bulan September, menurut laporan oleh Biro Statistik Nasional.

Meskipun terdapat sedikit penurunan, tingkat pertumbuhan bulanan masih menjadi tingkat tercepat kedua dalam satu bulan di tahun ini. Data termasuk perusahaan besar dengan pendapatan tahunan mencapai 20 juta yuan dari bisnis utama.

Lebih dari 50 %pertumbuhan profit di bulan Oktober berasal dari pertambangan, peleburan besi dan baja dan bahan kimia pengolahan dan ekstraksi minyak dan gas alam, menurut biro statistik dalam sebuah pernyataan yang dikeluarkan dengan laporan tersebut. Biaya yang lebih rendah dibantu dalam mengangkat keuntungan, karena marjin operasi naik dari tahun ke tahun menjadi 6,24 %.

Sektor industri China telah dikendalikan oleh ledakan utama konstruksi pemerintan, yang membantu mendorong permintaan dan harga untuk bahan pembangunan, khususnya pada paruh pertama dalam satu tahun. Namun, aktivitas pabrik telah melemah dalam beberapa bulan terakhir seiring dengan pemerintah yang melakukan tindakan keras terkait krisis keuangan.

Gerak nilai harga komoditas emas dilaporkan telah bergerak naik di hari Senin, sementara itu dolar di dekat level rendah dua bulan yang dicatatkan dalam satu sesi sebelumnya. Para investor memperhatikan prospek inflasi Federal Reserve Amerika yang berhati-hati. Gerak nilai harga komoditas emas naik 0,2 %menjadi $1.290 per ons.

Gerak nilai harga saham emas Amerika untuk bulan Desember naik 0,2 %di $1.289,90. Indeks dolar, yang mengukur mata uang Amerika terhadap enam mata uang utama, ditutup datar di 92.675 yang dicapai pada hari Jumat. Para investor akan menantikan dengar pendapat Kongres terkait calon Ketua The Fed Jerome Powell hari Selasa.

Minggu lalu, notulen rapat The Fed sebelumnya menunjukkan bahwa beberapa pembuat kebijakan telah menyuarakan kekhawatirannya terkait outlook inflasi dan mencatat bahwa mereka akan menantikan data ekonomi mendatangf sebelum memutuskan waktu kenaikan suku bunga selanjutnya. Industri pertambangan emas global akan menghadapi pertumbuhan produksi yang stabil, di dukung oleh kenaikan harga dan peningkatan biaya operasional selama beberapa tahun mendatang, menurut catatan dari Penelitian BMI.

Dilaporkan juga bahwa logam mulia lainnya, perak naik 0,4 % sebesar $17.05 per ons. Platinum turun 0,2 % menjadi $938,05 per ons. Juga dilaporkan bahwa palladium turun 0,2 % menjadi $995,70 per ons.

About author

You might also like

Komoditas 0 Comments

Pelaku Pasar Fokus Pada Rilis Nonfarm Nanti, Emas Kemarin Tertekan Kembali

Gerak harga emas berjangka telah dilaporkan bergerak turun di bawah level harga $ 1.200 US/ ons pada perdagangan hari Kamis malam, atau masuk hari Jumat pagi ini. Hal tersebut terjadi,

Forex News 0 Comments

Apresiasi Mata Uang USD Masih Dominasi Pasar, Minyak Masih Tertekan

Nilai apresiasi mata uang USD dilaporkan telah sedikit menguat terhadap mata uang Jepang, yaitu mata uang Yen pada awal sesi perdagangan perdagangan pasar hari Selasa (08/ 09/ 2015) ini. Hal

Fundamental 0 Comments

Kemungkinan Emas Masih Lanjutkan Alami Tekanan

Pada sesi perdagangan emas minggu lalu, harga emas diperdagangkan melemah tajam.Harga emas tercatatkan mengalami kerugian mingguan lebih dari $30 US. Emas mengalami tekanan tajam akibat menguatan mata uang USD pada

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply

CAPTCHA Image
Play CAPTCHA Audio
Reload Image