Kospi Masih Tampak Perkasa, Gerak Nilai Harga Minyak Menggeliat

713375979_f89bc0afd_634f22704185d_950f81947_11417229_4565758_41185131_713375979_nDilaporkan bahwa gerak nilai apresiasi mata uang USD telah terapresiasi oleh major currencies pada sesi perdagangan pasar di hari Jumat lalu. Hal tersebut terjadi, seiring ekspektasi para pelaku pasar atas pelonggaran moneter oleh European Central Bank (ECB) dan Bank of Japan (BoJ).

Keadaan tersebut telah memukul gerak nilai apresiasi mata uang Uni Eropa, yaitu mata uang Euro dan gerak nilai apresiasi mata uang Jepang, yaitu mata uang Yen. Kondisi tersebut turut pula mendorong pemulihan yang kuat pada gerak nilai harga minyak dan gerak nilai harga saham global. Gerak nilai apresiasi Greenback bergerak rebound kembali di atas level 118,00 Yen dan menyentuh level puncak dalam kurun waktu seminggu.

Pergerakan nilai apresiasi USD/ JPY tersebut, telah mencerminkan komentar pemerintah tentang gerak nilai apresiasi mata uang Yen dan ekspektasi para pelaku pasar bahwa BoJ mungkin akan memutuskan untuk memompa lebih banyak likuiditas ke dalam perekonomian pada pekan depan. Setelah Mario Draghi, Presiden ECB, memberikan sinyal bahwa akan meninjau kebijakan pada bulan Maret, nara sumber yang dekat dengan BoJ mengatakan bahwa gejolak pasar dapat memaksa bank sentral untuk mempertimbangkan pembelian aset yang lebih banyak.

Existing Home Sales Amerika dilaporkan telah mencatatkan rekor kenaikan bulanan terbesar. Existing Home Sales Amerika dilaporkan bergerak melonjak 14,7% di bulan Desember. Kondisi tersebut mencerminkan beberapa pemulihan laju penjualan setelah tertekan di bulan November.

Penjualan rumah kembali berakselerasi pada tingkat tahunan 5,46 juta, demikian menurut laporan National Association of Realtors (NAR) pada hari Jumat. Kondisi tersebut telah mematahkan estimasi para pelaku pasar sebelumnya, yaitu di angka 5,21 juta.

Angka bulan Desember itu juga 7,7% lebih tinggi dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya. Total penjualan pada tahun 2015 tercatat mencapai 5,26 juta, yang terbaik sejak penjualan mencapai 6,48 juta pada tahun 2006.

Permintaan untuk rumah telah semakin meningkat seiring pertumbuhan pasar tenaga kerja yang kuat dan bertambahnya rumah tangga, sehingga mendorong persediaan yang lebih rendah. NAR juga percaya bahwa aturan kredit baru, yang dikenal sebagai TRID atau “Know Before You Owe”, telah mendorong lebih banyak aktivitas pada bulan Desember.

Gerak nilai harga di bursa saham Korea Selatan, yaitu gerak nilai harga pada indeks saham Kospi, dilaporkan masih melanjutkan gerak penguatan pada sesi perdagangan Asia di hari Senin (25/ 01/ 2016) ini. Gerak penguatan nilai harga pada saham Korea Selatan dan indeks saham Kospi, adalah karena termotivasi oleh gerak nilai harga di bursa Wall Street yang rally pada sesi perdagangan pasar di hari Jumat lalu.

Dilaporkan bahwa gerak nilai harga spot Kospi (KS11) telah sempat bergerak naik sekitar 0,88 menjadi 1896.00. Gerak nilai harga Kospi (KS200) sempat bergerak menguat 0,81% menjadi 230.65. Gerak nilai harga di Kospi Futures dilaporkan telah diperdagangkan di kisaran level harga 231.40, dengan level terendah harian 229.25, dan tertinggi 232.00.

Gerak nilai harga di bursa saham global sebenarnya telah menunjukkan kinerja positif sejak di sesi perdagangan pasar hari Jumat, sehari setelah pihak berwenang dari ECB memberikan sinyal kemungkinan menambah stimulus di bulan Maret. Sentimen positif lainnya datang dari gerak nilai harga minyak mentah yang berhasil rebound.

Dilaporkan bahwa gerak nilai harga minyak mentah naik tajam pada sesi perdagangan pasar di hari Jumat dan berakhir di level tertinggi 2-pekan. Gerak nilai harga minyak tersebut telah memulihkan perdagangannya dari kondisi jenuh jual. Kondisi tersebut terjadi, setelah para pelaku pasar meyakini bahwa bank sentral utama akan mengumumkan stimulus baru yang dapat memperbaiki sentimen untuk komoditas yang tengah terpuruk.

Gerak nilai harga minyak mentah juga telah membukukan peningkatan persentase harian terbesar sejak akhir bulan Agustus lalu dan harga penutupan tertinggi sejak tanggal 8 Januari, berdasarkan data Factset. Gerak nilai harga minyak mentah berakhir naik 8% di level $32.25 US/ barel dibandingkan harga penutupan di sesi perdagangan pasar sebelumnya.

Dilaporkan bahwa, gerak nilai harga minyak WTI telah membukukan penguatan sekitar 9,41% dalam sepekan. Demikian juga dengan gerak nilai harga minyak Brent yang telah pula bergerak naik sekitar 12,71%.

Meski demikian, namun faktor fundamental pasar minyak masih tampak bearish. Hal tersebut diasumsikan, terutama dengan laporan mingguan yang terbaru dari pemerintah Amerika telah menunjukkan adanya kenaikan pesat suplai komoditas minyak mentah.

Suplai komoditas minyak mentah lebih tinggi dari ekspektasi para analis. Data mingguan Baker Hughes menunjukkan adanya penurunan jumlah rig minyak yang aktif di Amerika pada pekan lalu, sebanyak 5 rig menjadi total 510 rig. Tren penurunan hanya sebanyak 1 rig setiap pekan.

Perhatian para pelaku pasar pada sesi perdagangan pasar di pekan ini akan tertuju pada rapat moneter pertama Reserve Amerika di tahun ini. Para pelaku pasar akan melihat apakah ada sinyal mengenai kapan suku bunga akan kembali dinaikkan.

About author

You might also like

CFD News 0 Comments

Donde Puedo Comprar Metformina En Washington – Farmacia España Online

Haga clic aquí para ordenar Metformina AHORA! Genérico Metformina Metformina es una medicina de diabetes oral usada para tratar el tipo 2 de la diabetes. Puntuación 4.1 estrellas, basado en

CFD News 0 Comments

Dove Acquistare Dapoxetina A Roma – Farmacia Online Europa

Clicca qui per ordinare Dapoxetina ORA! Generic Dapoxetina Dapoxetina fa parte del gruppo di inbitori selettivi di riassorbimento di serotonin (SSRIs). Questo inibitore di azione corta viene usato per trattamento

Komoditas 0 Comments

New Zealand Dapat Izin Rusia, Euro Mencari Momentum

Dilaporkan bahwa mata uang New Zealand, lazim disebut dengan Kiwi, bergerak menguat terhadap mata uang USD dan Aussie nilai apresiasinya. Dilaporkan bahwa nilai apresiasi mata uang NZD/ USD naik 0,36%

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply

CAPTCHA Image
Play CAPTCHA Audio
Reload Image