Minyak Menguat di Awal Tahun, Pasar Inggris dan Amerika Baru Akan Dibuka Hari Ini

1209311_312851242192588_666557041_nDilaporkan bahwa gerak nilai apresiasi mata uang USD/ CAD telah bergerak turun. Hal tersebut terjadi, setelah adanya penguatan dari gerak nilai harga komoditas minyak mentah pada sesi perdagangan pasar hari ini.

Gerak nilai apresiasi Loonie terhadap Greenback dilaporkan telah sempat bergerak di kisaran level 1.3413. Level support dari gerak nilai apresiasi mata uang USD/ CAD untuk sementara diasumsikan berada di kisaran level 1.3364, dan untuk level resisten diasumsikan berada di kisaran level 1.3484.

Penguatan gerak nilai harga komoditas minyak mentah pada sesi perdagangan pasar hari ini adalah merupakan reaksi dari realisasi kesepakatan dari Organization of the Petroleum Exporting Countries (OPEC) dan para negara non-OPEC. Kesepakatan dari ke dua belah pihak tersebut adalah, untuk memangkas tingkat produksi minyak mentah yang bertujuan untuk mendongkrak gerak nilai harga komoditas minyak mentah global.

Penguatan gerak nilai harga komoditas minyak mentah tersebut, telah pula turut berperan dalam menguatkan nilai apresiasi Loonie atas Greenback. Hal tersebut terjadi, karena komoditas ekspor terbesar dari negara Kanada adalah komoditas minyak mentah.

Gerak nilai harga di bursa saham Eropa dilaporkan telah diperdagangkan lebih tinggi pada sesi perdagangan pasar di hari Senin. Hal tersebuit terjadi, karena didorong oleh sebagian besar penguatan gerak nilai harga saham perusahaan di sektor perbankan.

Hal lain yang turut berperan dalam kondisi tersebut adalah, karena adanya hasil rilis data ekonomi terbaru Italia. Hasil rilis data tersebut telah menunjukkan adanya sinyal penguatan pada gerak laju perekonomian dari negara Italia.

Dilaporkan bahwa utuk volume perdagangan masih tampak tipis. Hal tersebut terjadi, karena banyak para pelaku pasar yang tampaknya masih menjalani liburan Tahun Baru. Sesi perdagangan pasar tampaknya masih ditutup di London dan Amerika pada hari Senin, dan akan dibuka kembali keduanya pada hari Selasa.

Dilaporkan untuk gerak nilai harga dari indeks saham negara bahwa, gerak nilai harga dari indeks saham FTSE MIB, Italia, telah bergerak naik sekitar 1.7%, sehingga menjadi 19,566.53. Dilaporkan juga bahwa gerak nilai harga dari indeks saham DAX 30, Jerman, telah bergerak menguat sekitar 1.0% dengan berada di kisaran level harga 11,598.33.

Dilaporkan bahwa gerak nilai harga dari indeks saham CAC 40, Perancis, telah beregerak menguat naik sekitar 0.4% di kisaran level harga 4882.38. Gerak nilai harga indeks saham IBEX 35 Spanyol, dilaporkan telah bergerak menguat sekitar 0.7% dengan berada di kisaran level harga 9,418.70.

Kenaikan dari gerak nilai harga saham sektor usaha perbankan Italia terjadi, setelah pihak dari Reuters merilis laporan dengan mengutip dari beberapa surat kabar Italia. Laporan dari pihak Reuters tersebut adalah, bahwa bank Banca Monte dei Paschi di Siena SpA yang sedang bermasalah akan merilis surat hutang dengan nilai sebesar €15 miliar, atau setara dengan $15.77 miliar US, di tahun 2017 ini.

Langkah tersebut dilakukan oleh pihak dari bank Banca Monte dei Paschi tersebut, adalah untuk membantu meningkatkan kepercayaan diri mereka dan likuiditas. Gerak nilai harga saham bank Banca Monte dei Paschi tersebut masih ditangguhkan dari perdagangan.

Gerak nilai harga komoditas minyak mentah pada pagi hari ini dilaporkan telah bergerak menguat. Gerak nilai harga komoditas minyak mentah telah mampu bergerak melonjak naik menembus level harga $54.00 US/ barel.

Hal tersebut terjadi, setelah diyakini bahwa kesepakatan Organization of the Petroleum Exporting Countries (OPEC) dan non-OPEC telah berjalan per 1 Januari 2017. Gerak nilai harga komoditas minyak mentah dilaporkan telah diperdagangkan di kisaran level $54.03 US/ barel, dengan level harga support sementara di kisaran level harga $53.39 US/ barel dan level resisten sementara berada di kisaran level harga $54.48 US/ barel.

Walaupun telah dijadwalkan bahwa perjanjian tersebut mulai efektif pada tanggal 1 Januari 2017, namun karena tutupnya perdagangan di pasar minyak mentah pada tanggal 1 dan 2 Januari kemarin, maka pergerakan nilai harga komoditas minyak mentah setelah aktifnya kesepakatan OPEC dan non-OPEC baru terlihat pada perdagangan hari ini. Negara Oman adalah merupakan salah satu kontributor pada kesepakatan ke dua belah pihak tersebut.

Negara Oman pada minggu kemarin telah sepakat memangkas produksi hingga 45.000 barel/ hari, atau sekitar 4,5% dari total produksi minyak negara tersebut untuk setiap harinya. Pihak Rusia yang adalah sebagai perwakilan dari kubu negara non-OPEC, telah merencanakan untuk memangkas tingkat produksinya yaitu sebesar 300.000 barel/ hari, di semester awal tahun 2017.

About author

You might also like

Berita 0 Comments

Yen Melemah ke Level Terendah dalam 2 Minggu

Mata uang yen Jepang mengalami penurunan yang signifikan (6/3). Mata uang Jepang ini melemah ke posisi paling rendah dalam dua minggu terhadap dollar AS. Turunnya minat terhadap mata uang safe

Forex News 0 Comments

Para Pelaku Pasar Lakukan Aksi Jual Atas Greenback, Kenaikan Harga Minyak Tak Kuasa Dongkrak Bursa Saham

Gerak nilai apresiasi Greenback dilaporkan telah bergerak lebih rendah terhadap major currencies pada sesi perdagangan pasar di hari Rabu. Hal tersebut terjadi, karena para pelaku pasar melakukan tindakan aksi jual

Berita 0 Comments

Persetujuan Pembangunan Australia Lemahkan Aussie

Aussie melemah setelah data persetujuan pembangunan Australia menggerogoti optimisme investor terhadap outlook perekonomian negeri Kangguru tersebut. Persetujuan pembangunan Australia turun 5,6% untuk bulan April; lebih buruk dari estimasi kenaikan 1,8%

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply

CAPTCHA Image
Play CAPTCHA Audio
Reload Image