Minyak Merangkak Naik, Apresiasi Kiwi Bergerak Flat

0a0a_0a0_0001_12651_0a0aaa01_00100504_02665411_nGerak nilai apresiasi mata uang NZD/ USD bergerak mendatar meski data ekonomi dari Selandia Baru dirilis jauh lebih baik dari perkiraan. Dilaporkan bahwa, gerak nilai apresiasi mata uang NZD/ USD telah sempat diperdagangkan di kisaran level 0.7202. Kemungkinan penurunan suku bunga lebih lanjut oleh Reserve Bank of New Zealand (RBNZ) menahan laju penguatan gerak nilai apresiasi Kiwi.

Keputusan dari pihak berwenang RBNZ menurunkan suku bunga sebesar 25 basis poin pada hari Kamis kemarin membuat gerak nilai apresiasi mata uang NZD/ USD menguat tajam, sebelum akhirnya terkoreksi kembali. Oleh sebagian pelaku pasar keputusan tersebut dianggap kurang agresif, dimana para pelaku pasar sebelumnya memperkirakan probabilitas penurunan sebesar 50 basis poin sebesar 20%.

Graeme Wheeler, Gubernur RBNZ, mengatakan untuk tidak membicarakan penurunan sebesar 50 basis poin, namun tetap membuka peluang penurunan suku bunga setidaknya satu kali lagi. Data yang dirilis dari Selandia Baru hari ini menunjukkan penjualan ritel di kuartal kedua naik 2,3%, jauh di atas perkiraan 1,0%. Sementara penjualan ritel inti naik 2,6% di atas estimasi 1,1%.

Gerak nilai harga di bursa saham China dilaporkan telah dibuka lebih rendah pada sesi perdagangan pasar di hari Jumat, melanjutkan pelemahan pada Kamis. Gerak nilai harga indeks saham Shanghai Composite dilaporkan telah bergerak melemah, turun sekitar 0,08 % menjadi diperdagangkan pada level 3.000,27 poin.

Gerak nilai harga indeks saham Shenzhen Composite dilaporkan telah dibuka melemah sekitar 0,17 % dan diperdagangkan pada kisaran level harga 10.373,05 poin. Pada indeks ChiNext merupakan papan pengembangan seperti NASDAQ di bursa saham Amerika, dibuka berkurang 0,22 % menjadi diperdagangkan di level 2.098,77 poin.

Saham-saham di Bursa China membalikkan keuntungan awal menjadi berakhir turun pada Kamis, terseret koreksi tajam saham sumber daya dan saham berkapitalisasi kecil, meskipun sektor keuangan menguat. Indeks saham unggulan CSI300 mengakhiri sesi dengan penurunan 0,3 persen menjadi 3.233,36, sementara indeks komposit Shanghai kehilangan 0,5 % menjadi 3.002,64 poin. Indeks sebelumnya telah meningkat, didukung oleh sektor keuangan yang naik di tengah kegembiraan yang didorong oleh akuisisi kepemilikan saham di New China Life Insurance.

Gerak nilai harga komoditas minyak dilaporkan telah bergerak menguat, menanjak pada awal sesi perdagangan pasar di hari Jumat dari sesi penutupan perdagangan pasar di hari Kamis. Hal tersebut terjadi, karena gerak nilai harga komoditas minyak bersandar pada harapan bahawa eksportir pada pertemuan OPEC nanti dapat memperbaiki pasar minyak yang cenderung memburuk karena kelebihan produksi terus terjadi.

Minyak Brent mengalami kenaikan 16 sen , atau 0,35 %, menjadi $46.20 US/ barel, dari penutupan terakhir dan tidak jauh dari harga tertinggi sebulan terakhir di $46,30 US. Sedangkan minyak West Texas Intermediate (WTI) naik 22 sen, atau sekitar 0,51 %, menjadi $43.71 US/ barel, dari harga penutupan sesi perdagangan pasar di hari Kamis.

Gerak nilai harga komoditas minyak menanjak didukung pernyataan menteri energi Arab Saudi Khalid al-Falih yang mengatakan bahwa negara-negara produsen minyak pada pertemuan bulan depan di Aljazair akan membicarakan cara untuk menstabilkan harga minyak. “Pembahasan mengenai pemangkasan produksi menyebabkan kenaikan harga minyak yang mulai terjadi sejak dini hari tadi,” ujar analis ANZ bank kepada Reuters, Jumat.

Outlook yang dipublikasikan oleh International Energy Agency (IEA) juga mengungkapkan suplai yang mulai ketat dan keseimbangan permintaan hingga akhir tahun juga akan menopang harga. Meski demikian, namun gerak nilai harga komoditas minyak untuk saat ini masih lebih rendah 12.5 % dari harga puncaknya di Juni lalu.

About author

You might also like

Rilis Data Tunjang Kiwi, Minyak Menggeliat Tipis

Gerak nilai apresiasi dari mata uang Selandia Baru, yang lazim disebut dengan istilah Kiwi, dilaporkan telah bergerak menguat pada sesi perdagangan pasar di hari Kamis. Hal tersebut terjadi, terutama adalah

Fundamental 0 Comments

Emas Akan Menjadi Ajang Aksi Spekulasi Pelaku Pasar

Gerak harga emas dilaporkan telah mampu bergerak menguat tajam pada sesi perdagangan pasar di akhir pekan lalu, dan juga telah berhasil mencatatkan nilai angka keuntungan yang sangat signifikan walaupun indeks

Berita 0 Comments

Harga Emas Terimbas Kondisi Eropa

Dilaporkan bahwa gerak harga emas berjangka naik ke level tertinggi dalam hampir empat minggu karena kekhawatiran bahwa pertumbuhan ekonomi global yang melambat mendorong permintaan untuk aset ini. Gerak positif harga

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply

CAPTCHA Image
Play CAPTCHA Audio
Reload Image