Minyak Terimbas Kesepakatan Dua Pihak, Rilis Data China Dongkrak Aussie

Miss Universe China 2013 Jin Ye 靳燁 2Gerak nilai apresiasi mata uang AUD/ USD dilaporkan tampak tengah mempertahankan gerak penguatan nilai apresiasinya. Dilaporkan bahwa gerak nilai apresiasi mata uang Aussie telah sempat diperdangangkan di kisaran level 0.7500.

Hal tersebut terjadi, setelah adanya adanya rilis data ekonomi dari China. Perlu diketahui bahwa, negara China adalah merupakan mitra dagang utama dari Australia. Pihak China melaporkan bahwa, produksi industri (year-on-year) telah tumbuh sebesar 6,2%, lebih tinggi dari bulan sebelumnya.

Pada bulan sebelumnya, produksi industri China dilaporkan tumbuh sebesar 6,1%. Perkiraan dari para ekonom sebelumnya juga memperkirakan akan pertumbuhan produksi industri China adalah sebesar 6,1%.

Dilaporkan juga bahwa investasi aset tetap telah naik sebesar 8,3% sesuai dengan perkiraan dan sama dengan bulan sebelumnya. Hasil rilis data retail sales China dilaporkan telah naik sebesar 10,8%, dimana hasil tersebut lebih tinggi dari hasil data yang sama pada bulan sebelumnya yaitu sebesar 10,0% dan perkiraan dari para ekonom yaitu sekitar 10,2%.

Pihak Australia telah melaporkan bahwa data indeks harga rumah naik sebesar 1,5% di kuartal ketiga. Angka tersebut di bawah perkiraan yaitu sebesar 2,6%, dan merupakan angka yang terendah sejak kuartal pertama 2013. Laporan tingkat kepercayaan bisnis telah naik menjadi 5 di bulan November dari bulan sebelumnya adalah 4.

Gerak nilai harga di bursa saham Wall Street dilaporkan telah ditutup melemah pada sesi perdagangan pasar di hari Senin. Hal tersebut terjadi, seiring pudarnya gerak rally yang membawa gerak nilai harga komoditas minyak mentah ke level tertinggi dalam kurun waktu 17 bulan.

Para pelaku pasar juga tengah fokus pada pertemuan langkah kebijakan dari pihak Federal Reserve. Komite kebijakan The Fed akan memulai pertemuan dua-harian pada hari Selasa, di mana The Fed diperkirakan akan menaikkan suku bunga acuan sebanyak 25 basis poin.

Menurut FedWatch milik CME Group, para pelaku pasar memperkirakan akan adanya peluang besar mengenai adanya langkah kenaikan suku bunga Amerika. Para pelaku pasar memperkirakan keyakinan akan adanya kenaikan suku bunga Federal Reserve akan berada di atas 95% untuk kenaikan suku bunga di pekan ini.

Gerak nilai harga indeks saham Dow Jones dilaporkan telah bergerak menguat sekitar 40 poin. Gerak nilai harga indeks saham Dow Jones telah ditutup pada rekor tinggi baru, dipimpin oleh penguatan gerak nilai harga saham Johnson & Johnson.

Gerak nilai harga indeks saham S&P 500 dilaporkan telah ditutup melemah sekitar 0.1%. Hal tersebut terjadi, setelah gerak nilai harga indeks saham S&P 500 sempat menyentuh rekor tinggi.

Kondisi tersebut terjadi, seiring adanya pelemahan gerak nilai harga saham perusahaan di sektor keuangan sebesar 0,9%. Hal tersebut telah menutupi gerak penguatan nilai harga saham perusahaan sektor telekomunikasi.
Gerak nilai harga indeks saham Nasdaq dilaporkan juga ikut bergerak melemah. Gerak nilai harga indeks saham Nasdaq bergerak melemah turun sekitar 0.6%.

Dilaporkan bahwa gerak nilai harga saham Lockheed Martin turun lebih dari 2%. Hal tersebut terjadi, setelah Trump mengatakan pada tweet-nya bahwa program F-35 terlalu mahal. Dilaporkan juga bahwa, proposal merger antara CBS dan Viacom ditarik kembali oleh Shari Redstone, wakil kepala dewan kedua perusahaan.

Gerak nilai harga komoditas minyak mentah dilaporkan telah bergerak menguat hampir 6.5% pada sesi perdagangan pasar di hari Senin. Penguatan gerak nilai harga komoditas minyak mentah yang terjadi pada sesi perdagangan pasar di hari Senin tersebut, tercatat sebagai penguatan gerak nilai harga komoditas minyak mentah yang tertinggi dalam periode 1 ½ tahun terakhir.

Dilaporkan bahwa, gerak nilai harga komoditas minyak mentah telah sempat diperdagangkan di kisaran level harga $52.56 US/ barel. Diestimasikan bahwa level harga support terdekat gerak nilai harga komoditas minyak mentah adalah berada di kisaran level harga $51.78 US/ barel dan level harga resisten terdekat di kisaran level harga $54.46 US/ barel.

Penguatan dari gerak nilai harga komoditas minyak mentah ini adalah merupakan dampak lanjutan dari adanya kesepakatan pihak Organization of the Petroleum Exporting Countries (OPEC) dan pihak non-OPEC. Pertemuan ke dua belah pihak tersebut, terkait pemangkasan produksi minyak mentah yang bertujuan untuk membawa gerak nilai harga komoditas minyak mentah bergerak naik ke kisaran level harga $50.

Kesepakatan awal kedua pihak tersebut disepakati dua pekan lalu, dan kesepakatan terkait detail pembagian pemangkasan produksi masing - masing pihak dirilis akhir pekan lalu, untuk kemudian dijalankan selama enam bulan terhitung mulai 1 Januari 2017. Pada hari Sabtu lalu, pihak non-OPEC mencatat rekor pemangkasan tertinggi sepanjang sejarah sebesar 558.000 barel / hari setelah sebelumnya direncanakan sebesar 600.000 barel/ hari.

Dilaporkan bahwa pihak dari Saudi Arabia telah memangkas tingkat produksi mereka sebesar 486.000, dan sisanya 156.000 terbagi kepada anggota OPEC yang lainnya. Angka tersebut, yang sekaligus menggenapkan jumlah total pemangkasan produksi yang telah disepakati diantara OPEC dan non-OPEC sebesar 1.2 juta barel/ hari.

Pihak berwenang dari Departemen Energi Amerika melaporkan bahwa pertumbuhan rig minyak mentah Amerika beberapa bulan terakhir tengah stabil. Pertumbuhan rig minyak mentah Amerika beberapa bulan terakhir di kisaran 8.6 juta barel/ hari, sedikit lebih rendah dari pertumbuhan tahun 2015 sebesar 9.6 juta rig/ hari.

About author

You might also like

USD Tampak Hanya Mampu Atasi Yen, Tunggu Realisasi Kebijakan Shinzo Abe

Telah dilaporkan bahwa, gerak nilai apresiasi mata uang USD/ JPY bergerak menguat tipis. Hal tersebut terjadi, meskipun di sisi lain Greenback tengah tertekan terhadap sebagian besar major currencies. Dilaporkan bahwa,

Berita 0 Comments

Gerak Positif Emas Terjadi, Semalam Data Amerika Dirilis Mayoritas Positif

Gerak harga emas dilaporkan meningkat pada sesi pasar hari Jumat (27/ 02/ 2015) ini. Gerak positif terjadi usai rilis data ekonomi Amerika yang telah dilaporkan menguat di luar prediksi dan

USD Terkoreksi Terimbas Summers, Para Pelaku Pasar Amati Perkembangan Fundamental Ke Depan

Mata uang USD bergerak melemah setelah Lawrance Summers mengundurkan diri sebagai kandidat pimpinan Federal Reserve berikutnya. Summers merupakan calon terkuat untuk menggantikan Bernanke sebagai ketua The Fed pada awal tahun

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply

CAPTCHA Image
Play CAPTCHA Audio
Reload Image