Para Pelaku Pasar Masih Gamang, Gerak Nilai Harga Pasar Rata-rata Rebound

0a1y01e8947aDilaporkan bahwa gerak nilai apresiasi mata uang USD bergerak stabil pada sesi perdagangan pasar hari Rabu. Indeks USD dilaporkan menguat tipis ke 99.18 dari level terendah pekan ini di 98.25 pada hari Senin lalu. Gerak nilai apresiasi Greenback terhadap mata uang Yen, dilaporkan bergerak menguat.

Gerak nilai apresiasi Greenback terhadap mata uang Yen, dilaporkan bergerak menguat menuju ke level 117.80 Yen. Kondisi tersebut memperpanjang gerak rebound dari level terendah dalam kurun waktu empat bulan yaitu di kisaran 116.70 yang disentuh pada hari Senin.

Gerak nilai apresiasi mata uang Eurogroup, yaitu mata uang Euro, dilaporkan juga melemah ke level $1.0845 dari level puncak hari Senin di $1,.0970. Kedua mata uang tersebut cenderung menguat pada saat pasar tertekan karena negara di belakang mereka adalah kreditor internasional.

Hal tersebut terjadi, karena perburuan terhadap mata uang safe haven seperti mata uang Jepang, yaitu mata uang Yen, dan mata uang Uni Eropa, yaitu mata uang Euro, sementara terhenti. Kondisi tersebut terjadi, setelah pemerintah China melakukan intervensi besar-besaran untuk membendung jatuhnya nilai apresiasi mata uang Yuan.

Gerak nilai harga di bursa saham Amerika juga bergerak positif, dengan bergerak menguat dalam kurun waktu dua hari terakhir. Kondisi penguatan gerak nilai harga di bursa saham Amerika telah membantu mengurangi kegelisahan para pelaku pasar terhadap kondisi ekonomi global, meskipun berita buruk dari kejatuhan gerak nilai harga minya masih membayangi pasar.

Para pelaku pasar pada kurun waktu saat-saat ini, tampak bila masih belum terlalu yakin atas kondisi saat ini. Para pelaku pasar tampak masih meragukan kondisi bahwasannya gerak nilai apresiasi mata uang Yuan dan pasar ekuitas China telah keluar dari titik terendahnya dalam waktu dekat. Hal tersebut terasumsikan, setelah pergerakan yang liar di sepanjang tahun ini yang telah membuat banyak pelaku pasar khawatir bahwa ekonomi China telah kehilangan momentum - di luar kendali Beijing.

Gerak njilai apresiasi mata uang Jepang, yaitu mata uang Yen, terombang-ambing di antara area positif dan negatif seiring langkah China. Pemerintah China telah mengambil langkah menjaga kestabilan gerak nilai apresiasi mata uang Yuan dan penguatan pasar saham, sementara gerak nilai harga minyak bertahan di dekat level terendah 12-tahun.

People Bank of China (PBoC) dilaporkan telah menetapkan reference rate yang rendah untuk mata uang Yuan dalam hampir sepanjang pekan lalu. Langkah kebijakan PBoC tersebut telah membantu gerak nilai apresiasi mata uang Yen untuk menguat terhadap Greenback.

Pihak berwenang dari PBoC telah menetapkan reference rate mata uang Yuan sehingga mampu untuk lebih stabil gerak nilai apresiasinya dalam kurun waktu hari ketiga pada hari Selasa kemarin. Kebijakan PBoC tersebut tentunya mampu untuk meredam kepanikan para pelaku pasar. Beberapa pelaku pasar menjadi lebih yakin untuk berperan kembali dalam perdagangan baik di bursa saham Eropa maupun juga di perdagangan bursa Amerika yang telah bergerak positif, dengan bergerak menguat untuk 2-sesi beruntun.

Gerak nilai harga di perdagangan pasar saham Asia dilaporkan bergerak rebound serta menunjukkan tanda-tanda stabilisasi pada sesi perdagangan pasar di hari Rabu ini. Kondisi tersebut terjadi, seiring meredanya tekanan atas kondisi perdagangan pasar China dan gerak nilai harga minyak yang bergerak lebih tinggi.

Gerak nilai harga di bursa China dibuka positif, memperpanjang kenaikan sesi sebelumnya dengan menguat 0,55%, setelah rilis data perdaganan bulan Desember yang lebih baik dari ekspektasi. Nilai ekspor negara China dalam denominasi Yuan dilaporkan telah tumbuh 2,3% dari tahun sebelumnya. Nilai impor negara China dilaporkan turun 4,0%.

Gerak nilai harga indeks saham Hongkong, yaitu indeks saham Hang Seng33, dilaporkan terapresiasi sekitar 2,55%, dengan gerak kenaikan harga minyak menopang sentimen. Gerak n ilai harga saham di sektor energi China yang listing di bursa Hongkong telah mencatatkan angka kenaikan signifikan antara 2,62% sampai 3,96%.

Gerak nilai harga di bursa Jepang, dilaporkan bahwa gerak nilai harga indeks saham Nikkei 225 telah mencatat gain sekitar 2,7% di awal sesi perdagangan pasar di hari Rabu ini. Pergerakan nilai harga di sektor energi juga menjadi perhatian, dengan saham Inpex dan Japan Petroleum mengumpulkan masing-masing 0,14% dan 1,61%.

Dilaporkan bahwa gerak nilai harga indeks saham Korea Selatan, yaitu indeks saham KOSPI, bergerak naik sekitar 1,4%. Kondisi tersebut terjadi, karena ditopang oleh gerak kenaikan nilai harga saham Samsung Electronics yakni sebesar 0,79%. Raksasa elektronik konsumen tersebut dilaporkan tengah mempertimbangkan untuk berinvestasi ke dalam perusahaan panel LCD patungan antara Sharp dan Hon Hai Precision Industry di Taiwan.

Gerak nilai harga komoditas minyak mentah dilaporkan kembali merosot ke dekat level terendah 12-tahun. Kondisi tersebut menimbulkan kecemasan pada beberapa pelaku pasar, sehingga beralih untuk membeli aset-aset safe haven seperti mata uang Jepang, yaitu mata uang Yen. Gerak nilai harga komoditas minyak mentah sempat pulih di sesi perdagangan pasar Eropa menyusul aksi short covering sehingga gerak nilai harga minyak mentah sempat menyentuh level $32 US/ barel.

Gerak nilai harga komoditas minyak mentah berjangka Amerika naik pada sesi perdagangan pasar hari Rabu untuk pertama kalinya dalam delapan hari. Kondisi tersebut telah menarik kembali dari level psikologis $30 US/ barel yang telah ditembus pada sesi sebelumnya. Hal tesebut terjadi, setelah data industri menunjukkan cadangan minyak mentah secara tak terduga jatuh pada pekan lalu.

Gerak nilai harga minyak West Texas Intermediate dilaporkan naik sebesar 45 sen di $30.88 US/ barel. Gerak nilai harga minyak mentah Amerika turun sebesar 3.9 juta barel pada pekan lalu menjadi 480.071 juta barel.

Angka tersebut di bawah ekspektasi analis untuk kenaikan 2.5 juta barel, data ditunjukkan oleh kelompok industri American Petroleum Institute (API) pada akhir perdagangan hari Selasa. API mengatakan bahwa cadangan minyak mentah di Cushing Oklahoma, titik pengantaran untuk WTI turun 302.000 barel.

Meski demikian, namun outlook bearish untuk gerak nilai harga minyak masih ada. Kondisi tersebut memnungkinkan terjadi, setelah pemerintah Amerika pada hari Selasa perkirakan melimpahnya minyak global masih akan terjadi sampai akhir 2017.

About author

You might also like

Iran Berencana Akan Gelontor Minyak Ke Dunia, Loonie Menggeliat Kembali

Gerak nilai apresiasi mata uang negara Kanada, yang lazim disebut Loonie, dilaporkan tampak bergerak positif. Hal tersebut terjadi, karena adanya gerak rebound nilai harga minyak mentah pada perdagangan pasar di

Berita 0 Comments

Gerak Harga Pasar Mulai Menyesuaikan Diri Setelah Imbas China

Apresiasi mata uang USD dilaporkan bergerak menguat lebih dari 1% terhadap mata uang Jepang, yaitu mata uang Yen, pada sesi perdagangan pasar hari Selasa (25/ 08/ 2015) ini. Gerak nilai

CFD News 0 Comments

Pasar Global Tengah Tertekan, Kondisi China Perberat Tekanan

Mata uang Inggris, yaitu mata uang Poundsterling, dilaporkan merosot gerak nilai apresiasinya ke level terendah 4 setengah bulan terhadap Greenback di sesi perdagangan pasar hari Senin kemarin. Kondisi tersebut terjadi