Pasar Amerika Terkoreksi, Minyak Bergerak Menguat

0_usa_10152999_567681066709603_1818365415729374906_nGerak nilai harga di bursa saham Wall Street, gerak nilai apresiasi mata uang USD dan gerak nilai harga di pasar yield obligasi Amerika dilaporkan dengan secara bersamaan telah bergerak melemah secara signifikan, dengan begerak turun ke level terendahnya dalam lebih dari 2-bulan terakhir. Hal tersebut terjadi, setelah Presiden Amerika, Donald Trump menyatakan akan menggodok kebijakan perdagangan, pajak dan berbagai regulasi negara Amerika Serikat.

Dilaporkan bahwa gerak nilai apresiasi Greenback telah terkoreksi turun -0.56%. Hal tersebut terjadi, karena para pelaku pasar tidak mendapatkan rencana spesifik Donald Trump, seperti mendapatkan rencana spesifik seperti penurunan pajak yang dapat merangsang laju perekonomian.

Para pelaku pasar malah khawatir atas kebijakan proteksionis dari Presiaden Donald Trump yang dapat melukai laba korporat dan menghambat laju pertumbuhan. Secara keseluruhan gerak nilai harga di indeks saham Dow Jones masih naik 8% sejak pemilu Presiden Amerika, namun penguatan berangsur memudar ditengah ketidakpastian kebijakan Donald Trump.

Dalam pertemuan Donald Trump dengan berbagai pemimpin bisnis Amerika, Donald Trump menyatakan akan menerapkan pajak yang ketat bagi berbagai perusahaan yang memindahkan operasi nya ke luar negeri, dan sebaliknya akan memangkas pajak secara massive yang menguntungkan masyarakat kelas menengah dan berbagai perusahaan yang tetap beroperasi di dalam Amerika Serikat. Para pelaku pasar juga cemas jika kebijakan Donald Trump akan mendorong negara lainnya untuk menjaga mata uangnya tetap lemah terhadap Greenback, untuk mendapatkan keuntungan dari sisi perdagangan ekspor impor.

Gerak nilai harga di bursa saham Eropa pada sesi perdagangan pasar di hari Senin telah mencatatkan angka penurunan, setelah Presiden Amerika, Donald Trump secara resmi bertugas pada hari Senin ini. Kebijakan proteksionisme Donald Trump direspons negatif oleh para pelaku pasar.

Presiden Donald Trump ingin produk-produk buatan perusahaan Amerika dibuat di dalam negeri, bukan lagi di China atau negara lain yang akhirnya mengekspor produk tersebut ke Amerika. Presiden Donald Trump juga berambisi untuk menciptakan 25 juta lapangan kerja baru bagi rakyatnya.

Meski Presiden Donald Trump mengungkap rencana proteksionisme, namun dia tidak banyak mengungkapkan tentang detail rencana kebijakannya, seperti kebijakan fiskal, pemotongan pajak dan belanja infrastruktur. Hal tersebut diharapkan untuk dijelaskan, karena hal-hal tersebut yang selama ini digembar-gemborkan dalam kampanye Pilpres Amerika.

Gerak nilai harga indeks Euro Stoxx 50 dilaporkan telah kehilangan 0,40%. Juga dilaporkan bahwa, gerak nilai harga indeks CAC 40 di bursa saham Perancis terkoreksi 0,37%, dan gerak nilai harga indeks DAX Jerman diperdagangkan lebih rendah 0,38%.

Pidato pertama Donald Trump sebagai presiden keluar setelah sesi perdagangan pasar Eropa ditutup pada hari Jumat pekan lalu. Oleh karena itulah, sehingga pasar Eropa baru merespons pidato Donald Trump pada sesi perdagangn pasar di hari Senin ini.

Gerak nilai harga di lantai bursa Asia rata-rata dilaporkan naik. Gerak nilai harga indeks saham Shanghai Composite dilaporkan telah bergerak naik 0,4 %, dan gerak nilai harga indeks saham Hang Seng naik 0,1 %, namun gerak nilai harga indeks saham Nikkei melemah 1,29% atau 246 poin seiring penguatan gerak nilai apresiasi mata uang Yen terhadap Greenback.

Gerak nilai harga komoditas minyak dilaporkan telah bergerak menguat naik pada sesi perdagangan pasar di hari Selasa. Hal tersebut terjadi, karena gerak nilai harga yang melemah, namun kenaikan aktivitas pengeboran di Amerika kemungkinan akan membatasi kenaikan harga.

Dilaporkan bahwa gerak nilai harga komoditas minyak telah bergerak menguat naik ke level $$53.02. Analis dari ANZ mengatakan bahwa kenaikan kuat lainnya dalam operasional rig di Amerika lebih banyak direspon daripada OPEC yang sepakat untuk pengurangan produksi.

Dia juga menambahkan bahwa komentar Presiden Trump bahwa Amerika akan akhiri ketergantungan pada minyak impor. Hal tersebut juga menambah kegelisahan di kalangan para pelaku pasar.

About author

You might also like

Komoditas 0 Comments

Gencatan Senjata di Ukraina Beri Imbas Positif Pada Emas

Harga emas diperdagangkan menguat tajam selama sesi perdagangan pada hari Rabu (03/ 09/ 2014) kemarin. Hal ini terjadi setelah indeks USD terperosok anjlok dari sesi tertinggi sejak bulan Juli lalu.

Komoditas 0 Comments

Potensi Penguatan USD Cukup Tinggi, Cadangan Minyak Amerika Turun

Pada sesi perdagangan pasar komoditas berjangka di hari Kamis (30/ 07/ 2015) ini, dilaporkan bahwa gerak harga emas dan perak terpantau diperdagangkan lebih tinggi dengan mencatat kenaikan pada sesi perdagangan

Berita 0 Comments

Pihak RBA Bersikap Netral, Pasar Bersiap Untuk BoJ dan The Fed

Telah dilaporkan bahwa gerak nilai apresiasi Greenback telah memperpanjang gerak kerugian terhadap major currencies. Para pelaku pasar menjadi lebih berhati-hati menjelang dilaksanakannya pertemuan kebijakan Federal Reserve dan Bank of Japan

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply

CAPTCHA Image
Play CAPTCHA Audio
Reload Image