Pasar Lebih Memilih Emas Dibanding Aussie, Minyak Turut Berimbas Pada Saham Asia

Gerak nilai apresiasi mata uang AUD/ USD tengah memasuki kondisi konsolidasi tanpa ada peristiwa penting yang akan mempengaruhi gerak nilai apresiasi Aussie. Ada sedikit risiko sehingga para pelaku pasar beralih ke komoditas emas sebagai safe haven. Langkah tersebut diambil, untuk menghindari pelemahan gerak nilai apresiasi mata uang USD pekan ini sebagai dampak minimnya angkatan kerja nonfarm payrolls (NFP).

“Meskipun jatuh sedikit semalam, prospek minyak tetap positif - yang akan menjaga tren kenaikan baru-baru,” jelas analis ANZ. Ia menambahkan saat ini, kita melihat arah kinerja komoditas dan ekuitas Asia, tetapi mengharapkan pasar perlahan stabil. “Momentum untuk imbal hasil yang lebih rendah berlanjut semalam di pasar utama dan meyeret pasar Australia sepanjang perdagangan. Kami berharap langkah ini untuk berlanjut pagi ini, meskipun di akhir peka ada ruang untuk beberapa konsolidasi,”tuturnya. Untuk saat ini, pihaknya menunggu data China di akhir pekan sebagai sentimen pembukaan pekan depan.

Gerak nilai harga di bursa saham Asia dilaporkan telah diperdagangkan dalam kondisi mengalami pelemahan di penghujung pekan ini. Hal tersebut terjadi, menyusul penurunan gerak nilai harga komoditas minyak yang menekan performa gerak nilai harga saham di Wall Street pada sesi perdagangan pasar Amerika semalam.

Para pelaku pasar berpendapat bahwa, pelemahan gerak nilai harga di bursa saham sebagian disebabkan oleh penurunan gerak nilai harga komoditas minyak pada sesi perdagangan pasar Amerika semalam. Hal tersebut terjadi, karena adanya akibat rebound pada gerak nilai apresiasi Greenback.

Gerak nilai harga indeks saham Nikkei 225 dilaporkan telah bergerak secara melemah. Gerak nilai harga di bursa saham Jepang telah mengalami pelemahan gerak nilai harga sebanyak 0.13%. Hal tersebut terjadi, seiring gerak nilai apresiasi mata uang Yen masih diperdagangkan relatif kuat terhadap Greenback.

Dilaporkan juga bahwa gerak nilai harga indeks saham Kospi, Korea Selatan, telah bergerak melemah. Gerak nilai harga indeks saham Kospi telah bergerak melemah turun sekitar 0.46%.

Gerak nilai harga indeks saham Hong kong, yaitu indeks saham Hang Seng 33, dilaporkan juga turut mengalami pelemahan gerak nilai harga sahamnya. Gerak nilai harga indeks saham Hang Seng 33 telah bergerak melemah sebesar 0.5%.

Gerak nilai harga komoditas minyak mentah dilaporkan telah mengakhiri gerak penguatan rally selama kurun waktu 3-hari. Hal tersebut terjadi, karena gerak nilai harga komoditas minyak mentah tertekan oleh aksi profit-taking.

Aksi profit taking dilakukan oleh para pelaku pasar, seiring adanya gerak rebound dari nilai apresiasi Greenback. Gerak nilai apresiasi mata uang USD bergerak rebound, setelah adanya rilis data klaim pengangguran pada sesi perdagangan pasar Amerika semalam.

Meski demikian yang telah terjadi, namun berlanjutnya aksi sabotase terhadap beberapa fasilitas minyak di Nigeria dan kekhawatiran para pelaku pasat terhadap keamanan jalur pasokan di seluruh dunia masih membantu membatasi penurunan gerak nilai harga dari komoditas ’emas hitam’ ini.

Aksi taking profit para pelaku pasar minyak muncul seiring indeks USD terapresiasi sekitar 0,5%. Angka yang tercatat atas indeks USD tersebut merupakan angka terbesar dalam kurun waktu 3-minggu.

Hal tersebut terjadi, di tengah meningkatnya keprihatinan para pelaku pasar terhadap pertumbuhan laju ekonomi pasar global. Gerak nilai apresiasi mata uang USD yang lebih kuat membuat gerak nilai harga komoditas yang berdenominasi dengan Greenback, menjadi kurang menarik bagi para pelaku pasar pemegang mata uang oposan seperti mata uang Euro dan mata uang lainnya.

Tekanan negatif pada gerak nilai harga komoditas minyak mentah, juga datang dari ekspektasi para pelaku pasar. Ekspektasi para pelaku pasar tersebut adalah, bahwa produksi Kanada akan kembali normal dalam beberapa pekan mendatang setelah kebakaran hutan pada bulan lalu mengganggu produksi minyak pasir di wilayah Alberta. Bagaimanapun juga, gerak nilai harga komoditas minyak mentah masih bertahan di atas level psikologis, yaitu pada kisaran level harga $50 US/ barel.

Dilaporkan bahwa pada sesi perdagangan pasar Asia di hari Jumat ini, gerak nilai harga emas diperdagangan dalam kondisi masih dengan pergerakan kenaikan harga. Hal tersebut terjadi, di tengah indikasi bahwa bank sentral utama di seluruh dunia sudah siap untuk meninggalkan keputusan mereka selama ini, yang selalu mempertahankan tingkat suku bunga rendah.

Gerak nilai harga spot emas untuk pengiriman Agustus di Divisi New York Merchantile Exchange, dilaporkan telah bergerak menguat naik. Gerak nilai harga spot emas untuk pengiriman Agustus dilaporkan telah naik sekitar 0.18% di kisaran level harga $1.269.20 US/ troy ons.

Pada sesi perdagangan pasar Amerika tadi malam, gerak niilai harga emas dilaporkan bergerak menguat menjadi segar 3 minggu tertinggi. Hal tersebut terjadi, meskipun gerak nila apresiasi mata uang USDr juga bergerak kuat.

Para pelaku pasar tampaknya masih terus menumpuk menjadi aset brankas-di tengah sedikit indikasi bahwa bank sentral utama di seluruh dunia sudah siap untuk meninggalkan prinsip mempertahankan tingkat suku bunga rendah bersejarah. Sejak awal tahun, gerak nilai harga emas berjangka telah bergerak menguat naik lebih dari 15%.

Gerak nilai harga emas berjangka telah memegang keuntungan dari kuartal pertama terkuat setahun di lebih dari satu dekade. Pada hari Kamis, survei dari ekonom terkemuka yang dikutip dari Reuters menunjukkan ada 40% kesempatan Federal Reserve akan menaikkan suku bunga pada bulan Juli, menurut proyeksi rata-rata, bersama dengan probabilitas 65% kenaikan tingkat awal September.

Para ekonom hampir mengambil kenaikan suku bunga bulan Juni dari tabel laporan pekerjaan Amerika yang suram pada bulan Mei, ketika ekonomi menambahkan dengan paling sedikit nonfarm payrolls hampir enam tahun. Pada saat yang sama, pelaku pasar telah terlibat dalam penerbangan ke keselamatan aset berisiko rendah seperti emas dan yen, saham keuangan dan hasil bond yang terus jatuh.

Juga dilaporkan bahwa gerak nilai harga spot perak berjangka untuk pengiriman Juli pada perdagangan Comex, telah bergerak naik sekitar 0.19% sehingga menjadi $17.300 US/ troy ons. Dilaporkan juga bahwa gerak nilai harga tembaga berjangka untuk pengiriman Juli telah tercatat turun sekitar 0.29% sehingga menjadi menjadi $2.033 US/ troy pound.

About author

You might also like

Loonie Bergerak Menguat, Nikkei Mengalami Koreksi

Dilaporkan bahwa, gerak nilai apresiasi mata uang USD/ CAD telah sempat terpantau menguat. Gerak nilai apresiasi Loonie dilaporkan telah sempat bergerak menuju ke kisaran level 1.3650. Hal tersebut terjadi, karena

Berita 0 Comments

Aussie Tergerus Oleh Prospek Suku Bunga AS

Mata uang dollar Australia atau dikenal dengan sebutan Aussie terkoreksi cukup signifikan diperdagangan hari Rabu (16/7) seiring investor menyikapi dengan pesimis atas pernyataan Pimpinan Federal Reserve – Janet Yellen terhadap

Berita 0 Comments

PBoC Ambil Kebijakan di Akhir Pekan, Pasar Global Bergolak Kembali

Pada awal perdagangan sesi Asia hari Senin (26/ 10/ 2015) ini, dilaporkan bahwa gerak nilai apresiasi mata uang Aussie telah kembali bergerak naik. Telah dilaporkan bahwa nilai apresiasi mata uang

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply

CAPTCHA Image
Play CAPTCHA Audio
Reload Image