Pasar Masih Hiraukan Perkembangan OPEC, Rilis Data Kanada Tekan Balik Greenback

0a0aaa221653985Telah dilaporkan bahwa, gerak nilai apresiasi mata uang Kanada, yang lazim disebut dengan istilah Loonie, bergerak menjauh dari level paling lemah dalam 7 bulan terhadap Greenback pada sesi perdagangan pasar di hari Jumat. Hal tersebut terjadi, seiring hasil rilis data tenaga kerja Amerika yang buruk, sementara data tenaga kerja Kanada menopang gerak penguatan.

Dilaporkan bahwa, tingkat pengangguran Kanada tetap berada di level 7.0%, sesuai estimasi para analis sebelumnya. Gerak nilai apresiasi mata uang USD/ CAD telah terkoreksi turun ke kisaran level 1.3185 pasca data dirilis, dari level 1.3295 sebelum dirilis.

Laporan dari Kantor statistik Kanada telah menunjukkan bahwa, jumlah orang yang mendapatkan pekerjaan bertambah sebanyak 67,200 di bulan September. Angka tersebut melebihi ekspektasi kenaikan sebanyak 10,000 dan menyusul penambahan sebanyak 26,200 pada bulan sebelumnya.

Gerak nilai harga di bursa saham Wall Street dilaporka telah terkoreksi lemah. Hal tersebut terjadi, setelah data nonfarm payrolls Amerika meleset dibawah estimasi. Dilaporkan bahwa, perekonomian Amerika hanya mendapatkan 156,000 tenaga kerja di bulan September, pertumbuhan terkecil sejak bulan Mei, dibawah proyeksi ekonom atas pertumbuhan 170,000.

Hasil laporan nonfarm payrolls Amerika tersebut tidak merubah ekspektasi kenaikan suku bunga di bulan Desember, dengan probabilitas 66%. Data ekonomi lainnya, tingkat pengangguran naik ke 5.0%, namun data kemungkinan tidak memberikan kekhawatiran bagi The Fed karena di saat bersamaan laju partisipasi tenaga kerja juga naik ke 62.9%.

Dilaporkan juga bahwa, data pada laju pendapatan masih solid, dimana average hourly earnings naik 0.2%, sehingga menjaga laju tahunan tetap di 2.6%. Secara keseluruhan laporan ini masih menjaga jalur kenaikan suku bunga pada rapat FOMC bulan Desember.

Menjelang rilis data tenaga kerja, sentimen market sudah negatif akibat kekacauan swing harga Pounsterling. Gerak nilai apresiasi mata uang Poundsterling menunjukkan volatilitas tinggi sepanjang bursa Eropa.

Para pelaku pasar menyebutkan penurunan tajam Poundsterling terakselerasi oleh program transaksi otomatis di saat likuiditas sedang rendah, ketika harga Poundsterling menyentuh level psikologis memicu aksi jual secara otomatis. Peningkatan trading algoritmik disertai penurunan partisipasi investment banking di market turu menjadi katalis pada kenaikan volatilitas, serupa dengan ayunan tajam di pasar mata uang di awal musim panas lalu.

Gerak nilai harga komoditas minyak terkoreksi melemah setelah komentar Menteri Energi Russia, Alexander Novak memupus harapan atas kesepakatan bersama pemangkasan produksi minyak pada rapat OPEC pekan depan. Sekjen OPEC Mohammad Sanusi Barkindo dilaporkan akan menemui Mr. Novak untuk berdiskusi sebelum konferensi energi pekan depan.

Dilaporkan bahwa, gerak nilai harga komoditas minyak terpantau sempat menguat terhadap mata uang USD, setelah laporan Departemen Tenaga Kerja Amerika melaporkan kenaikan 156,000 tenaga kerja Amerika dibawah estimasi 170,000. Dalam beberapa bulan terakhir, nasib minyak juga turut berhubungan dengan mata uang Amerika.

Para pelaku pasar tampak masih terfokus pada OPEC dan rencana tentative OPEC untuk memangkas produksi. Meski terdapat keraguan dapat diraihnya kesepakatan tersebut, namun harga minyak sempat reli ke titik tertingginya sejak Juni.

About author

You might also like

FOMC Rilis Ditunggu Pasar, Para Pelaku Pasar Tengah Waspada

Pada hari Rabu (17/ 09/ 2014) ini, harga emas bergerak menguat setelah sempat diperdagangkan lebih rendah tadi pagi. Harga emas dan perak terpantau diperdagangkan lebih rendah pada awal sesi setelah

Berita 0 Comments

Libur Hari Buruh Pasar Amerika dan Perkembangan Ukraina Pengaruhi Emas

Perdagangan harga logam mulia bergerak flat di sesi pasar Asia pada hari Selasa (02/ 09/ 2014) ini. Pasar emas pun bergerak flat selama sesi perdagangan hari Senin (01/ 09/ 2014).

Komoditas

Para Pelaku Pasar Tunggu FOMC, BoJ Kemungkinan Pangkas Suku Bunga

“Awww just waking up in adidas yeezy boost 350 vente Brazil, Adidas Yeezy Boost 350 France Vente Pas Cher seeing Kanye won 3 Grammy’s a week ago!!! That makes a

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply

CAPTCHA Image
Play CAPTCHA Audio
Reload Image