Pasar Tengah Perhatikan China dan The Fed, Harga Minyak Pulih Di Awal Pekan

71c243b5d7ae5bd468969e82d95e2c88Gerak nilai apresiasi mata uang USD/ CAD dilaporkan pada akhir pekan lalu bahwa, telah bergerak menguat seiring melemahnya kembali gerak nilai harga komoditas minyak dunia. Gerak nilai apresiasi Loonie adalah merupakan mata uang yang sensitif terhadap gerak nilai harga minyak, karena negara Kanada merupakan eksportir besar minyak.

Telah dilaporkan bahwa kenaikan produksi minyak Amerika hingga 1 % menjadi 9,34 juta barel/ hari, dengan demikian naik hingga lebih dari 10 % sejak Juni 2016. Akibatnya, gerak nilai harga komoditas minyak terpangkas, bahkan sempat menurun hingga 1 %.

Dilaporkan bahwa gerak nilai harga di bursa saham Asia telah bergerak meningkat pada sesi perdagangan pasar di hari Senin, 10 Juli 2017. Hal tersebut terjadi, karena didukukng oleh kondisi hasil rilis data Non - Farm Payroll (NFP) Amerika yang lebih baik dari perkiraan minggu lalu.

Pada sesi perdagangan pasar pada hari Jumat pekan lalu, gerak nilai harga di bursa saham Amerika dilaporkan telah ditutup menguat. Hal tersebut terjadi, karena didukung oleh data yang menunjukkan pasar tenaga kerja kembali bertumbuh, setelah jumlah pekerjaan Amerika yang tercipta pada bulan Juni melampaui ekspektasi yang menunjukkan bahwa pertumbuhan ekonomi tetap kuat.

Tiga indeks saham utama Amerika memulai sesi perdagangan pasar di hari Jumat lalu dengan secara menguat, setelah Biro Statistik Tenaga Kerja melaporkan pada hari Jumat, NFP tumbuh sebesar 222.000 di bulan Juni. Angka tersebut jauh di atas ekspektasi kenaikan 179.000.

Telah dilaporkan juga bahwa, tingkat pengangguran Amerika telah naik menjadi 4,4%, meleset dari perkiraan analis yang tidak berubah sebesar 4,3%. Dilaporkan pula bahwa rata-rata pendapatan/ jam naik 2,5% dari tahun ke tahun, di bawah ekspektasi kenaikan 2,6%.

Gerak nilai harga saham perbankan, yang secara luas dilihat mendapatkan keuntungan dari kenaikan tingkat suku bunga, meningkat lebih tinggi menyusul laporan pekerjaan yang optimis. Hal tersebut terjadi, karena ekspektasi para pelaku pasar yang berkembang bahwa pihak dari Federal Reserve akan melanjutkan rencana untuk menaikkan suku bunga setidaknya sekali lagi pada tahun ini.

Dilaporkan bahwa pada hari hari Senin, 10 Juli 2017, pihak dari China telah melepas harga produsen dan inflasi konsumen untuk bulan Juni dengan penurunan 0,1% bulan ke bulan dan kenaikan 1,5% terlihat dalam setahun. Harga produsen terlihat naik 5,5% setahun.

Dilaporkan bahwa gerak nilai harga indeks saham Dow Jones Industrial Average ditutup menguat. Gerak nilai harga indeks saham Dow Jones Industrial Average ditutup menguat di kisaran level harga 21.414,34, atau naik sekitar 94 poin.

Gerak nilai harga indeks saham S&P 500 dilaporkan telah ditutup secara melemah. Gerak nilai harga indeks saham S&P 500 tercatat ditutup melemah sekitar 0,64%.

Dilaporkan bahwa gerak nilai harga indeks saham Nasdaq Composite ditutup menguat. gerak nilai harga indeks saham Nasdaq Composite tercatat ditutup pada kisaran level harga 6153.08, atau telah bergerak menguat naik sekitar 1%.
Dilaporkan bahwa gerak nilai harga indeks saham Nikkei 225 Jepang, telah bergerak menguat naik. Gerak nilai harga indeks saham Nikkei 225 Jepang telah bergerak menguat naik sekitar 0,57%.

Pihak Jepang sebelumnya telah melaporkan bahwa, surplus transaksi berjalan yang tidak disesuaikan di ¥1,654 triliun, lebih sedikit dari ¥1,796 triliun yang terlihat. Sementara pesanan mesin inti turun 3,6% setahun di bulan Mei, dibandingkan dengan kenaikan 7,7% yang terlihat.

Telah dilaporkan bahwa gerak nilai apresiasi mata uang USD/JPY bergerak menguat. Gerak nilai apresiasi mata uang USD/JPY dilaporkan telah sempat bergerak ke kisaran level 113,98, naik 0,06%.

Juga telah dilaporkan bahwa gerak nilai harga indeks saham Kospi, Korea Selatan, turut pula bergerak menguat. Dilaporkan bahwa gerak nilai harga indeks saham Kospi telah bergerak menguat tipis sekitar 0,14%.

Dilaporkan bahwa gerak nilai harga indeks saham S&P/ASX 200 telah bergerak menguat sekitar 0,41%. Untuk sesi perdagangan pasar di Thailand tengah ditutup karena adanya libur publik.

Dilaporkan bahwa gerak nilai harga indeks saham Shanghai Composite telah ditutup pada hari Jumat minggu lalu, dengan keadaan melemah turun. Gerak nilai harga indeks saham Shanghai Composite tercatat telah terkoreksi melemah sekitar 0,17%, sementara gerak nilai harga indeks saham Hang Seng, Hong Kong bergerak secara flat.

Gerak nilai harga komoditas minyak dilaporkan telah pulih pada sesi perdagangan pasar Asia, di hari Senin, 10/ 07/ 2017. Gerak nilai harga komoditas minyak telah pulih setelah sebelumnya terkoreksi turun sekitar 3 % di sesi perdagangan pasar pada akhir pekan lalu.

Meski demikian, namun para pelaku pasar masih terbebani oleh adanya peningkatan aktivitas pengeboran minyak di Amerika. Selain hal tersebut, para pelaku pasar juga terpengaruh oleh adanya kenaikan produksi dari beberapa anggota OPEC.

Telah dilaporkan bahwa, gerka nilai harga komoditas minyak West Texas Intermediate (WTI) diperdagangkan di kisaran level harga $44.62 US/ barel, atau naik 29 sen atau 0.65 %. Para pelaku pasar mengatakan bahwa, kenaikan harga disebabkan mereka melihat peluang posisi beli karena laporan penurunan stok Amerika yang cukup dalam jelang akhir pekan lalu.

Dilaporkan bahwa cadangan minyak mentah di gudang-gudang Amerika tengah tercatat turun. Cadangan minyak mentah di gudang-gudang Amerika tengah turun sebesar 6.3 juta barel di pekan lalu sementara stok bensin berkurang 3,7 juta barel.

Papar pelaku pasar mengatakan bahwa mereka masih melihat peningkatan aktivitas pengeboran minyak di Amerika sebagai ancaman kenaikan harga. Dalam sepekan ke depan, para pelaku pasar akan fokus pada testimony kebijakan moneter dari Ketua Federal Reserve, Janet Yellen.

Para pelaku pasar jugaakan focus pada hasil rilis data inflasi dan penjualan ritel Amerika, yang akan keluar pada hari Jumat mendatang. Para pelaku pasar tengah pula menunggu hasil rilis data perdagangan dari China pada hari Kamis.

About author

You might also like

Komoditas 0 Comments

USD Tampak Hanya Mampu Atasi Yen, Tunggu Realisasi Kebijakan Shinzo Abe

Telah dilaporkan bahwa, gerak nilai apresiasi mata uang USD/ JPY bergerak menguat tipis. Hal tersebut terjadi, meskipun di sisi lain Greenback tengah tertekan terhadap sebagian besar major currencies. Dilaporkan bahwa,

Fundamental 0 Comments

Data Ekonomi dan FOMC Kecewakan Greenback, Saham Fast Retaing Dicermati Pelaku Pasar Jepang

Gerak nilai apresiasi mata uang Australia, yang lazim disebut dengan Aussie, dan mata uang New Zealand, atau lazim disebut dengan Kiwi, tampak masih bergerak optimis nilai apresiasinya. Gerak nilai apresiasi

Umum 0 Comments

Kemungkinan Emas Masih Lanjutkan Alami Tekanan

Pada sesi perdagangan emas minggu lalu, harga emas diperdagangkan melemah tajam.Harga emas tercatatkan mengalami kerugian mingguan lebih dari $30 US. Emas mengalami tekanan tajam akibat menguatan mata uang USD pada