Pernyataan Yellen telah Tersampaikan, Minyak Menguat Moderat

0_natural_gas_10152999_567681066709603_18183414619373903_nGerak nilai apresiasi mata uang NZD/ USD dilaporkan telah tampak masih melanjutkan gerak penguatan. Gerak nilai apresiasi mata uang NZD/ USD dilaporkan telah sempat menyentuh 0,7326 sebelum kembali melemah beberapa pip ke area sekitar 0,7315.

Gerak nilai apresiasi mata uang NZD/ USD dilaporkan sebelumnya telah berhasil menembus level 0,7300. Meski demikian, namun minat beli para pelaku pasar tidak cukup kuat mendorong gerak nilai apresiasi mata uang NZD/ USD tersebut, untuk mampu melewati level 0,7345, yang adalah merupakan level tertinggi dalam beberapa bulan terakhir yang sempat tercapai di awal pekan ini, di tengah ketidakpastian kebijakan moneter Federal Reserve.

Oleh karena itu, pidato hari ini dari Ketua The Fed, Janet Yellen, di Simpoisum Jackson Hole minggu lalu, menjadi lebih penting untuk mencari kejelasan atas waktu berikutnya The Fed akan menaikkan bunga. Sementara itu, rilis revisi kuartal kedua GDP Amerika bisa juga memicu volatilitas baru dan membantu peserta untuk ambil kesempatan trading jangka pendek.

Dilaporkan bahwa gerak nilai harga di bursa saham Jepang telah bergerak menguat, dengan melejit ke level tinggi dalam kurun waktu 1-1/2-pekan pada awal sesi perdagangan pasar Asia di hari Senin ini. Hal tersebut terjadi, seiring adanya gerak pelemahan nilai apresiasi mata uang Yen.

Pelemahan gerak nilai apresiasi mata uang Yen terjadi, setelah Ketua Federal Reserve, Janet Yellen, mensinyalkan akan kenaikan suku bunga masih terbuka untuk tahun ini. Hal tersebut telah mendongkrak gerak nilai harga saham perusahaan di sektor asuransi dan eksportir.

Berbicara pada event tahunan bank sentral di Jackson Hole, Wyoming, Janet Yellen mengatakan peluang kenaikan suku bunga Amerika telah meningkat berkat kemajuan pada pasar tenaga kerja dan ekspektasi laju pertumbuhan ekonomi yang moderat. Dilaporkan bahwa gerak nilai harga indeks saham Nikkei 225 telah bergerak rally sebesar 2.24% menuju level 16,727.52. Gerak nilai harga indeks saham Nikkei 225 sebelumnya telah sempat mencapai level tinggi 16,737.95, level paling tinggi sejak 17 Agustus lalu.

Gerak nilai harga saham-saham perusahaan asuransi bergerak secara rally. Hal tersebut terjadi, seiring kenaikan suku bunga Amerika akan membuat mereka meraup yield dari investasi pada obligasi Amerika, sementara portofolio saham domestik mereka juga akan diuntungkan dari rally pada Nikkei.

Gerak nilai harga saham Dai-ichi Life Insurance dilaporkan telah bergerak menguat, dengan bergerak melejit sebanyak 6.3%. Dilaporkan juga bahwa, gerak nilai harga saham dari Sompo Japan Nipponkoa Holdings telah bergerak menguat naik sekitar 5.1% dan gerak nilai harga saham Japan Post Insurance menguat sekitar 2.2%.

Gerak nilai harga saham perusahaan di sektor eksportir juga turut bergerak menguat, melejit setelah Greenback menguat gerak nilai apresiasinya sekitar 0.2% terhadap mata uang Yen menuju ke kisaran level 102.03. Gerak nilai harga saham milik Toyota Motor Corp dilaporkan telah bergerak menguat naik sekitar 4.0%, gerak nilai harga saham Honda Motor Co telah pula bergerak melejit sekitar 3.5% dan gerak nilai harga saham dari Nissan Motor Co telah bergerak menguat sekitar 2.7%.

Gerak nilai harga komoditas minyak dilaporkan telah bergerak menguat moderat pada sesi perdagangan pasar yang volatil di hari Jumat. Gerak nilai harga komoditas minyak pada sesi perdagangan pasar di hari Jumat, dilaporkan telah berakhir dengan tercatat di level harga $ 47.29 US/ barel.

Hal tersebut terjadi, karena para pelaku pasar bereaksi terhadap komentar pimpinan Federal Reserve, Janet Yellen, serta laporan aktivitas misil di Arab Saudi. Para pelaku pasar melihat pergerakan Greenback yang bergerak liar antara penguatan dan pelemahan menyusul pidato Janet Yellen. Pada satu kesempatan, gerak nilai harga minyak sempat menguat hingga 2% sebelum memangkas penguatan tersebut.

Pelemahan gerak nilai apresiasi mata uang USD dapat mendorong penguatan komoditas yang berdenominasi mata uang Amerika tersebut karena akan menjadi lebih murah bagi pemegang mata uang lainnya, yang dapat meningkatkan permintaan. Gerak nilai harga minyak menyentuh level tertinggi intraday.

Hal tersebut terjadi, setelah laporan menunjukkan misil dari Yaman menghantam fasilitas minyak Arab Saudi. TV nasional Arab Saudi melaporkan misil yang ditembakkan dari Yaman menghantam fasilitas relay listrik di Najran, Arab Saudi bagian selatan.

About author

You might also like

Berita 0 Comments

Greenback Terkoreksi Kuat Setelah Menekan Sebelumnya, Minyak Terdukung Ekspektasi

Gerak nilai apresiasi Greenback dilaporkan telah mengalami gerak koreksi pelemahan terhadap major currencies pada sesi perdagangan pasar di hari Selasa kemarin. Hal tersebut terjadi, setelah adanya hasil rilis data inflasi

Berita 0 Comments

Aussie Sambut Baik Perbaikan Tenaga Kerja Australia

Aussie menguat setelah data tenaga kerja Australia membuat investor lebih optimis dengan outlook perekonomian negeri Kangguru tersebut. Jumlah tenaga kerja di Australia meningkat sebanyak 14.200 untuk bulan April; lebih baik

Berita 0 Comments

Sterling Lanjutkan Dominasi Terhadap Dollar

Sterling melanjutkan dominasinya terhadap dollar setelah laporan menunjukkan tingkat pengangguran Inggris dalam tiga bulan sampai Februari turun di bawah estimasi pasar. Sementara dollar mendapat tekanan dari pernyataan Janet Yellen yang

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply

CAPTCHA Image
Play CAPTCHA Audio
Reload Image