Pertemuan OPEC Terancam Gagal Sepakat, Nilai Saham Eropa Menguat

9842848747272722_779892498928298_94922498448280_nDilaporkan bahwa gerak nilai apresiasi mata uang USD bergerak melemah terhadap major currencies pada sesi perdagangan pasar di hari Jumat. Hal tersebut terjadi, karena penurunan di dalam yield obligasi Amerika.

Penurunan yield obligasi Amerika telah memicu adanya aksi ambil untung dari para pelaku pasar, di tengah gerak nilai apresiasi Greenback yang menuju kinerja terbaik dalam hampir di kurun waktu dua tahun. Ekspektasi untuk kenaikan inflasi Amerika dan suku bunga telah menggiring gerak nilai apresiasi Greenback naik lebih dari 6% di periode Oktober dan November, itu adalah yang terkuat seperti periode awal 2015.

Sebagian para pelaku pasar memperkirakan bahwa gerak kenaikan nilai apresiasi Greenback masih akan berlanjut. Meski demikian, namun kombinasi libur Thanksgiving, serta pengolahan arus modal perusahaan sebelum akhir bulan dan resiko yang meningkat untuk pasar di pertengahan pertama bulan Desember telah membuat adanya beberapa aksi ambil untung.

Gerak nilai harga saham Eropa dilaporkan telah ditutup sedikit lebih tinggi pada sesi perdagangan pasar di hari Jumat. Hal tersebut terjadi, berkat gerak rally dari nilai harga saham-saham produsen obat, di tengah tipisnya likuiditas akibat sesi singkat di bursa saham Wall Street.

Gerak nilai harga indeks saham FTSE 100 Inggris dilaporkan telah berakhir sekitar 0,17% lebih tinggi di kisaran level harga 6840.75. Gerak nilai harga indeks saham FTSE 100 dilaporkan telah berhasil membukukan angka kenaikan mingguan ke-3 beruntun.

Hal tersebut terjadi, seiring pelemahan sektor perbankan dan pertambangan yang terimbangi oleh kinerja solid sektor usaha farmasi. Para pelaku pasar relatif tidak banyak merespon estimasi ke-2 GDP Inggris kuartal ke-3 yang masih sesuai dengan estimasi awal yaitu sekitar 0,5%.

Gerak nilai harga saham produsen obat AstraZeneca dilaporkan bergerak melonjak sekitar 2,2% nilai harga sahamnya. Kondisi tersebut terjadi, dipicu oleh adanya laporan bahwa pihak dari perusahaan Johnson & Johnson, perusahaan kesehatan dari Amerika, yang tertarik untuk membeli perusahaan Swiss, yaitu perusahaan Actelion.

Gerak nilai harga indeks saham DAX, Jerman, dilaporkan telah terapresiasi sekitar 0,09% untuk ditutup di kisaran level harga 10699.27. Gerak nilai harga saham E.ON SE menjadi yang terbaik dengan mencatat gain sekitar 1,64%, dan diikuti oleh kenaikan saham Merck KGaA sekitar 1,28%.

Gerak nilai ahrga indeks saham CAC 40, Perancis, dilaporkan naik sekitar 0,17% ke kisaran level harga 4.550,27. Hal tersebut terjadi, karena didukung oleh perolehan keuntungan yang tercatat di sektor kesehatan, kebutuhan konsumen dan teknologi.

Dilaporkan bahwa gerak nilai harga komoditas minyak mentah telah bergerak melemah anjlok pada permulaan sesi perdagangan pasar di hari Senin pagi hari ini. Hal tersebut terjadi, karena disebabkan oleh meningkatnya keraguan pasar akan keberhasilan dari kesepakatan Organization of the Petroleum Exporting Countries (OPEC).

Tekanan pada gerak nilai harga komoditas minyak mentah semakin berat, karena adanya pernyataan dari pihak Arab Saudi pada hari Minggu kemarin. Dilaporkan bahwa gerak nilai harga komoditas minyak mentah telah sempat diperdagangkan di kisaran level $45.68 US/ barel, dengan level support terdekat di kisaran level harga $44.83 US/ barel, dan resisten di kisaran level harga $48.59 US/ barel.

Dilaporkan bahwa, pada hari Minggu kemarin pihak Arab Saudi telah menyatakan kepada OPEC bahwa rencana pembatasan tingkat produksi minyak mentah menjadi tidak terlalu penting. Pihak Arab Saudi juga menolak untuk menghadiri pertemuan dengan pihak non-OPEC hari Senin ini.

Sikap dari pihak Arab Saudi ini juga dipertegas oleh pernyataan dari menteri energi Arab Saudi, Khalid al-Falih. Khalid al-Falih mengatakan bahwa pasar minyak mentah global akan membaik dengan sendirinya pada tahun 2017 nanti, walaupun tidak ada pembatasan tingkat produksi.

About author

You might also like

Meski USD Positif Pada Sesi Pasar Asia, Pelaku Pasar Cenderung Ke Yen

Mata uang USD diperdagangkan lebih rendah terhadap mata uang Jepang, yeng pada perdagangan sesi Asia hari Selasa (24/ 09/ 2013). Hal ini adalah karena Bank Sentral mengatakan tentang niatnya untuk

Emas Terkoreksi Menguat Setelah Fundamental Amerika Tidak Mendukung Penguatan USD

Emas diperkirakan hari ini akan diperdagangkan pada kisaran level harga 1,335.50 – 1,408.80 USD. Dalam sesi perdagnagan akhir pekan pada akan terfokus dengan pertemuan Kelompok G-20 di Washington, DC yang

Forex News 0 Comments

Indeks Dollar AS Sentuh Level Tertinggi 11-Tahun Jelang Rapat ECB

Dollar AS meroket ke level tertinggi dalam 11 tahun terakhir terhadap berbagai mata uang utama di hari Selasa, dimana Dollar menyentuh level tinggi 6-pekan vs Euro seiring perbedaan suku bunga