Saham Asia Merangkak Naik, Minyak Koreksi Tipis

0Dilaporkan bahwa, gerak nilai apresiasi mata uang Australia, yang lazim disebut dengan istilah Aussie, telah bergerak terkoreksi melemah terhadap Greenback pada sesi perdagangan pasar Asia hari Selasa. Hal tersebut terjadi, setelah adanya hasil rilis minutes pertemuan kebijakan terakhir Reserve Bank of Australia (RBA).

Pihak berwenang RBA menjelaskan bawah keputusan memangkas suku bunga untuk ke-2 kalinya dalam 4-bulan tidak lepas dari outlook inflasi yang masih rendah dan potensi pertumbuhan ekonomi yang lebih cepat. Langkah dari pihak berwenang untuk melakukan tindakan pemangkasan suku bunga, dinilai perlu untuk meredam penguatan mata uang lokal terhadap major currency lainnya.

Meskipun tidak memberikan sinyal mengenai langkah kebijakan selanjutnya, para pelaku pasar masih melihat peluang sebesar 50-50 bahwa RBA akan kembali menurunkan suku bunga dalam pertemuan di bulan Desember. Dilaporkan bahwa, gerak nilai apresiasi mata uang AUD/ USD terpantau telah diperdagangkan pada kisaran level $0.7660 atau sekitar 0,17% di bawah harga penutupan hari Senin, setelah sempat menyentuh level tertinggi intraday di $0.7682.

Gerak nilai harga di bursa saham Asia dilaporkan telah bergerak positif, bergerak menguat menuju ke level tertinggi dalam setahun. Gerak nilai harga di bursa saham Asia bergerak menguat, melanjutkan gerak kenaikan di tahun ini hingga hampir mencapai 10 %, dibantu membaiknya gerak nilai harga komoditas minyak dan ekspektasi para pelaku pasar pada kelanjutan kebijakan stimulus di berbagai belahan dunia.

Dilaporkan bahwa, gerak nilai harga Indeks MSCI telah bergerak menguat, menanjak sekitar 0,2 persen, menjadikan kenaikan total tahun ini sudah mencapai 9,9 %. Indeks MSCI adalah merupakan indeks yang berisi saham - saham di bursa negara-negara Asia Pasifik kecuali negara Jepang.

Gerak nilai harga indeks saham Nikkei 225 dilaporkan telah pula bergerak menguat tipis kurang dari 0.1% di kisaran level harga 16,887.57. Gerak nilai harga saham di bursa Cina dilaporkan telah dibuka lebih tinggi pada Selasa, dengan indeks komposit Shanghai naik sekitar 0,17 % menjadi diperdagangkan pada 3.130,53 poin.

Gerak nilai harga saham - saham di Seoul, Korsel, dilaporkan telah dibuka lebih tinggi pada sesi perdagangan pasar di hari Selasa. Dilaporkan bahwa, gerak nilai harga Indeks saham KOSPI telah bergerak menguat naik sekitar 9,12 poin atau sekitar 0,44 % menjadi 2.059,59 dalam 15 menit pertama sesi perdagangan pasar.

Dilaporkan bahwa gerak nilai harga komoditas minyak telah menyentuh level tertinggi pada sesi perdagangan pasar hari Senin kemarin, memberi kenaikan 10 % dalam reli yang berlangsung tiga hari berturut-turut. Hal tersebut terjadi, seiring adanya spekulasi negara produsen yang akan membahas perbaikan harga minyak.

Alexander Novak, Menteri energi Russia, telah mengatakan bahwa, negaranya sedang bekonsultasi dengan pihak Arab Saudi dan negara produsen lainnya untuk tercapainya kestabilan pasar minyak. Hal tersebut menimbulkan harapan negara produsen minyak akan beraksi untuk menstabilkan harga emas hitam ini.

Penguatan gerak nilai harga di bursa Asia juga dipicu pecah rekornya indeks saham Dow Jones. Indeks saham DJIA telah memecahkan rekor untuk kedua kalinya di bulan Agustus ini pada penutupan sesi perdagangan pasar Amerika di hari Senin.

Gerak nilai harga komoditas minyak dilaporkan telah bergerak melemah tipis di awal perdagangan pasar di hari hari Selasa. Hal tersebut terjadi, karena para pelaku pasar tampaknya melakukan tindakan taking provit, menguangkan keuntungan mereka setelah harga minyak reli sekitar 16% sejak awal Agustus yang sebagian besar dipicu oleh pembicaraan para produsen yang ingin mengambil sikap untuk menopang pasar.

Minyak West Texas Intermediate dilaporkan telah diperdagangkan di kisaran level harga $45.56 US/ barel, turun sekitar 18 sen dari level penutupan sebelumnya. Meskipun turun, gerak nilai harha komoditas minyak masih lebih tinggi 16% di atas $39.19 yang merupakan lebel terendah bulanan yang dicapai pada tanggal 3 Agustus.

Para pelaku pasar berasumsi bahwa, gerak nilai harga komoditas minyak yang bergerak turun adalah karena adanya aksi ambil untung setelah adanya gerak reli dari nilai harga komoditas minyak dalam kurun waktu dua pekan. Kenaikan atas gerak nilai harga komoditas minyak di sesi sebelumnya yang telah terjadi, karena didorong oleh pembicaraan para produsen untuk membatasi kondisi kelebihan suplai.

About author

You might also like

Komoditas 0 Comments

Koreksi Pagi Nilai Apresiasi Aussie, Gerak Harga Minyak Merambat

Dilaporkan bahwa pada sesi perdagangan pasar Asia di hari Rabu (16/ 09/ 2015) ini, gerak nilai apresiasi mata uang USD tampak tertekan dan terkoreksi. Hal tersebut terjadi, karena naiknya yield

Berita 0 Comments

Aussie Menyambut Baik Komentar RBA’s Stevens

Aussie melanjutkan rally setelah RBA’s Stevens tidak mengkritik nilai tukar aussie dan juga sinyalkan tidak akan melonggarkan kebijakan moneter lebih lanjut. Gubernur RBA, Glenn Stevens, mengatakan nilai tukar Dollar Australia

Yuan Belum Layak Jadi Alat Tukar Internasional, Koreksi USD Kembali Untungkan Emas

Pada sesi perdagangan pasar hari Rabu ( 03/ 06/ 2015) ini, dilaporkan bahwa gerak harga emas diperdagangkan dengan nilai lebih tinggi setelah dirilisnya data PDB Australia pada pagi ini, ketika

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply

CAPTCHA Image
Play CAPTCHA Audio
Reload Image