Suku Bunga Amerika Dinaikkan The Fed, BoJ Tampak Akan Bertahan

928d67a60f4d4d2d4d4efa8559714484Telah dilaporkan bahwa, gerak nilai apresiasi mata uang USD bergerak positif, menguat terhadap mata uang Eurogroup, yaitu mata uang Euro. Gerak penguatan nilai apresiasi Greenback juga turut berdampak pada nilai apresiasi mata uang Jepang, yaitu mata uang Yen.

Gerak penguatan mata uag USD terjadi pada awal sesi perdagangan pasar di hari Kamis ini, setelah Federal Reserve dalam FOMC Meeting Minutes memberikan keputusan untuk menaikkan suku bunga. Langkah The Fed menaikkan suku bunga ini, merupakan yang pertama sejak tahun 2006 lalu.

Langkah kebijakan The Fed sudah diantisipasi dengan baik, ketika Federal Reserve menaikkan suku bunga acuan menjadi 0.25-0.50%, sesuai ekspektasi. Kondisi tersebut telah akhiri debat yang berkepanjangan terhadap apakah ekonomi cukup kuat atau tidak untuk bertahan dengan biaya pinjaman yang lebih tinggi.

Gerak nilai apresiasi Greenback naik tipis sebesar 0.2% menjadi 122.50 terhadap mata uang Yen, setelah naik 0.5% semalam. Greenback sempat turun ke level terendah di 121.38 karena sempat terombang ambing setelah langkah The Fed yang melakukan tindakan menormalkan kebijakan moneter pada akhir hari Rabu.

Gerak nilai apresiasi mata uang Euro tergelincir sebesar 0.3% menuju ke kisaran level $1.0850. Mata uang Uni Eropa inil mengakhiri sesi perdagangan pasar hari Rabu dengan bergerak turun nilai apresiasinya terhadap mata uang USD sekitar 0.6% setelah sempat mencapai level tertinggi di $1.1013.

Dilaporkan bahwa pihak berwenang Biro Statistik Selandia Baru telah merilis laporan pertumbuhan ekonomi New Zealand. Dilaporkan bahwa laju ekonomi New Zealand telah tumbuh 0,9% di kuartal ketiga. Rilis data tersebut sedikit lebih baik dari perkiraan para pelaku pasar sebelumnya, yaitu sebesar 0,8%. Reserve Bank of New Zealand (RBNZ) pada pekan lalu menurunkan suku bunga sebesar 25 basis poin menjadi 2,50%.

Melambatnya sektor agrikultur mampu diimbangi oleh penguatan sektor manufaktur dan jasa. 9 dari 11 jenis industri jasa dilaporkan tumbuh di kuartal ketiga. Data tersebut menjadi data bagus kedua pekan ini setelah pada Kamis kemarin harga produk olahan susu dilaporkan naik dua rilis beruntun, setelah sebelumnya menurun tiga rilis beruntun.

Untuk pertumbuhan kuartal kedua, direvisi turun menjadi 0,3% dari rilis awal 0,4%. Jika dibandingkan dengan kuartal ketiga 2014, produk domestik bruto tumbuh 2,3%, seusai dengan perkiraan ekonom, namun lebih rendah kenaikan 2,4% di kuartal kedua.

Menteri Keuangan Jepang, Taro Aso, pada hari Kamis ini telah mengatakan bahwa keputusan Federal Reserve Amerika untuk naikan suku bunga adalah merupakan langkah yang sudah tepat untuk mencerminkan membaiknya ekonomi di Amerika. Taro Aso berbicara kepada reporter setelah The Fed memutuskan untuk memberlakukan langkah kebijakan suku bunga dekat nol dan menaikkan suku bunga untuk pertama kalinya dalam hampir sedekade.

Gerak nilai harga di bursa saham Jepang dilaporkan telah turut mengikuti pergerakan indeks saham Amerika yang bergerak lebih tinggi. Hal tersebut terjadi seiring Federal Reserve sinyalkan bahwa mereka tidak terburu-buru untuk naikan suku bunga lebih lanjut setelah langkah pertama mereka selama hampir sedekade terakhir.

Gerak nilai harga indeks Nikkei225 dilaporkan telah bergerak positif, menguat sebesar 1.86%, atau 355 poin menjadi 19,425 pada sesi perdagangan pasar Asia hari Kamis pagi tadi. Gerak nilai harga saham perusahaan Sony Corp melonjak sebesar 4.2% setelah surat kabar Nikkei melaporkan bahwa produsen elektronik tersebut akan memproduksi batrei yang akan memungkinkan ponsel berjalan 40% lebih lama.

Analis di Sumitomo Mitsui Trust Bank Ltd di Tokyo mengatakan bahwa kenaikan suku bunga pertama sudah berakhir. Itu merupakan sebuah penegasan. Situasi dalam negeri di AS terlihat baik, dan jika AS kuat, itu positif untuk Jepang.

Gerak nilai apresiasi mata uang Yen diperdagangkan di kisaran 122.48, setelah tergelincir sebesar 0.4% pada sesi perdagangan pasar di hari Rabu karena The Fed mengakhiri suku bunga dekat nol persen hampir tujuh tahun, meningkatkan permintaan untuk Greenback. Sementara itu Bank of Japan (BoJ) diperkirakan akan mempertahankan stimulus dalam catatannya pada akhir pertemuan hari Jumat.

Gerak nilai harga di lantai bursa saham China dilaporkan turut bergerak menguat naik ke level tertinggi dalam dua pecan. Hal tersebut terjadi, karena dana investor kembali mengalir ke pasar ekuitas setelah banjir penawaran perdana saham baru-baru ini. Sementara itu gerak nilai apresiasi mata uang China, yaitu mata uang Yuan bergerak melemah untuk 10 hari, meningkatkan outlook untuk ekspor. Mata uang Yuan bergerak menuju gerak pelemahan nilai apresiasi secara beruntun yang terpanjang, sejak setidaknya tahun 2007.

Gerak nilai harga di Shanghai Composite Index dilaporkan bergerak menguat naik sekitar 1.5% menjadi 3,567. Gerak nilai harga saham perusahaan pengembang properti dan kebutuhan konsumen pimpin gerak penguatan di Shanghai Composite Indeks. Gerak nilai harga saham perusahaan Poly Real Estate Group Co, melonjak ke level tertinggi dalam sepekan sebelum perilisan data harga rumah pada hari Jumat mendatang. Gerak nilai harga saham produsen peralatan rumah tangga Midea Group Ltd juga dilaporkan bergerak positif, menguat ke level tertinggi empat bulan.

Dana sekitar 2.7 triliun Yuan, atau sekitar $420 miliar US, telah kembali ke pasar setelah perilisan sembilan IPO pada hari Senin, dilaporkan oleh Securities Times. Gerry Alfonso, seorang trader di Shenwan Hongyuan Group Co. di Shanghai mengatakan bahwa keputusan The Fed untuk menaikkan suku bunga untuk pertama kalinya dalam hampir sedekade sinyalkan keyakinan mereka untuk ekonomi Amerika dan menjadi pertanda baik untuk ekspor China.

Gerak nilai harga minyak mentah berjangka sedikit menguat di awal perdagangan hari Kamis, mengurangi beberapa kerugian dari sesi sebelumnya, ketika minyak turun tajam setelah Federal Reserve naikan suku bunga dan angka pemerintah menunjukkan kenaikan yang mengejutkan di dalam cadangan minyak mentah Amerika.

Cadangan minyak mentah Amerika dilaporkan naik pada pekan lalu karena impor ke Gulf Coast naik, data ditunjukkan oleh Energy Information Administration (EIA) pada hari Rabu kemarin, itu cukup mengejutkan analis yang perkirakan cadangan akan turun. Data EIA menunjukkan cadangan minyak mentah naik 4.8 juta barel pada pekan lalu ke dekat rekor tertingginya, sementara itu dalam survei Reuters menunjukkan perkiraan untuk penurunan 1.4 juta barel.

Gerak nilai harga minyak WTI untuk kontrak Januari, dilaporkan telah naik sebesar 3 sen menjadi $35.55, setelah berakhir turun hampir 5% pada sesi perdagangan pasar hari Rabu kemarin. Yang menambah gambaran bearish global secara umum adalah para produsen OPEC melihat sedikitnya kesempatan untuk kenaikan yang signifikan di harga minyak di tahun 2016 karena produksi ekstra dari Iran dapat menambah suplai yang sudah melimpah dan prospek dari kesediaan untuk menahan output masih belum ada.

The Fed naikan suku bunga untuk pertama kalinya dalam hampir sedekade pada hari Rabu, ini adalah sebuah sinyal bahwa mereka yakin ekonomi Amerika secara umum sudah bisa mengatasi krisis keuangan yang terjadi di periode 2007 - 2009. Suku bunga yang lebih tinggi biasanya mendukung Greenback, membuat minyak dan komoditas lainnya yang berdenominasi dengan mata uang USD menjadi lebih mahal.

About author

You might also like

Umum 0 Comments

Kondisi Global Pengaruhi Gerak Emas

Pada sesi perdagangan pasar Asia di hari Jumat (17/ 10/ 2014) ini, harga emas diperdagangkan flat. Hal ini terjadi karena para pelaku pasar fokus menunggu laporan ekonomi global pada hari

Forex News 0 Comments

USD Menguat Di Akhir Pekan Atas Major Currencies, Meski Yen Tak Bergeming

Dilaporkan bahwa, gerak nilai apresiasi mata uang dengan berbasis pada gerak nilai harga komoditas telah mendapakan tekanan yang kuat. Hal tersebut terjadi, setelah dirilisnya laporan inflasi Amerika untuk bulan Januari.

Fundamental 0 Comments

Setelah Libur Paskah, Emas Menguat

Pada sesi pasar hari Senin (06/ 04/ 2015) ini, gerak harga emas masih diperdagangkan lebih tinggi dengan berada di wilayah positif. Hal ini terjadi setelah gerak harga emas mendapat dukungan

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply

CAPTCHA Image
Play CAPTCHA Audio
Reload Image