Terdampak The Fed, Greenback Tertekan

2aec6710-9cca-4114-9549-b669aae5ca82Dilaporkan bahwa gerak nilai apresiasi mata uang USD terus melemah dalam sesi perdagangan pagi Asia, Kamis, beberapa jam setelah Federal Reserve bergerak untuk menaikkan suku bunga dan China mengikuti pergerakan tersebut. Gerak nilai apresiasi mata uang USD juga tertekan oleh kekhawatiran perang dagang, dan Presiden Amerika Serikat Donald Trump akan mengumumkan sejumlah tarif impor baru terhadap China.

Indeks dolar AS yang melacak greenback terhadap enam mata uang utama turun menjadi 89,13 pada pukul 10.21 WIB, turun 0,13%. Greenback terus merosot meskipun langkah Federal Reserve AS telah menaikkan suku bunga pada pertemuan hari Rabu, 21 Maret.

Komite Pasar Terbuka Federal (FOMC) menambah target suku bunga acuannya berkisar 0,25% menjadi antara 1,5% dan 1,75%, yang menempatkan tingkat dana efektif sekitar 1,63%, level tertinggi sejak 2008. Dalam menaikkan suku bunga, the Fed mencatat bahwa “prospek ekonomi telah menguat dalam beberapa bulan terakhir.” Namun, The Fed tidak mengindikasikan bahwa kemungkinan akan menaikkan suku bunga empat kali tahun ini dan menjaga perkiraan inflasi tetap stabil.

Menambah tekanan pada dolar adalah harapan bahwa Trump akan mengumumkan pada hari Kamis sejumlah tarif impor baru terhadap China senilai $50 miliar, khususnya di sektor teknologi. Tarif baru itu menyusul penyelidikan oleh Perwakilan Perdagangan AS (USTR) ke dalam praktik perdagangan China. Penyelidikan menyarankan upaya yang dipimpin negara di China untuk memaksa perusahaan AS agar mengungkap kekayaan intelektual.

Di China Daratan, People`s Bank of China (PBOC) menaikkan suku bunga pasar jangka pendeknya Kamis pagi di sesi Asia, mengikuti langkah Fed AS. PBOC meningkatkan suku bunga perjanjian pembelian kembali sebanyak lima basis poin menjadi 2,55%. PBOC juga memompa sekitar $1,58 miliar ke dalam perekonomian melalui suku bunga repo tujuh hari.

Pasangan USD/CNY turun 0,13% pada pertengahan pagi di Asia, dengan perdagangan yuan China di 6,3173. PBOC menetapkan tingkat yuan terhadap dolar di 6,3167 pada hari Kamis, dibandingkan dengan 6,3396 pada hari Rabu.

Yen Jepang, menguat terhadap dolar. Pasangan USD/JPY jatuh 0,34% ke 105,69, menandai kelanjutan penguatan yen terhadap greenback sebagai perlindungan terhadap risiko tetapi juga dibantu oleh komitmen dari Bank of Japan (BoJ) yang mempertahankan kebijakan moneter ultra-longgar.

Deputi Gubernur BoJ Masayoshi Amamiya mengumpulkan perhatian pada hari Rabu ketika ia mengatakan BoJ belum mengesampingkan penyesuaian kurva imbal hasil bahkan sebelum inflasi mencapai target 2% dan Gubernur Haruhiko Kuroda juga mengatakan normalisasi kebijakan masih jauh.

Pasangan AUD/USD diperdagangkan pada 0,7742, berkurang 0,0023%, menyerahkan beberapa keuntungan dari penurunan sebelumnya. Biro Statistik Australia (ABS) melaporkan lonjakan pekerjaan pada Kamis pagi. Ketenagakerjaan meningkat 17.500 dalam jangka waktu yang disesuaikan secara musiman selama bulan Februari, kurang dari peningkatan yang diharapkan dari 20.000 dari 17 bulan berturut-turut pertumbuhan.

Telah dilaporkan bahwa harga bitcoin tergelincir pada hari Kamis. Pergerakan ini dipicu oleh laporan bahwa Inggris meluncurkan gugus tugas cryptocurrency untuk meneliti risiko dan manfaat dari koin digital.

Bitcoin diperdagangkan pada $9,044.4 pukul 11.25 WUB di bursa Bitfinex, melemah 0,4% selama 24 jam sebelumnya. Ethereum, mata uang kripto dengan kapitalisasi pasar terbesar kedua di dunia, merosot 1.9% ke $571.95 di bursa Bitfinex.

Koin Ripple XRP tergelincir 3% menjadi $0,68556 di bursa Poloniex. Sementara itu, Litecoin diperdagangkan 0,2% lebih rendah pada $170,00.

Departemen keuangan Britania Raya mengatakan pada hari Kamis bahwa gugus tugas akan mencakup bank sentral negara dan pengawas dari Otoritas Perilaku Keuangan (FCA). Gugus tugas akan melihat baik risiko dan manfaat dari cryptocurrency, menurut sebuah pernyataan.

“Saya berkomitmen untuk membantu sektor (fintech) tumbuh dan berkembang, dan strategi sektor ambisius kami menetapkan bagaimana kami akan memastikan bahwa Inggris tetap berada di ujung tombak revolusi digital,” kata Menteri Keuangan Philip Hammond dalam sebuah pernyataan. “Sebagai bagian dari itu, gugus tugas baru tersebut akan membantu Inggris mengelola risiko seputar aset kripto, serta memanfaatkan potensi teknologi utama yang digunakan.”

Pengumuman itu menyusul pernyataan Gubernur Bank of England Mark Carney pada awal Maret, di mana ia menyerukan lebih banyak peraturan pada sektor tersebut, dan menyebut gejolak harga berada dalam ruang “spekulatif gila.” Di tempat lain, komentar CEO Twitter Jack Dorsey terus mendapat perhatian karena ia mengatakan Bitcoin akan menjadi “mata uang tunggal dunia”.

“Dunia pada akhirnya akan memiliki mata uang tunggal, internet akan memiliki mata uang tunggal. Saya pribadi percaya bahwa itu akan menjadi bitcoin,” beber Dorsey.

Harga emas merangkak naik disokong oleh dolar yang terus melemah pada hari Kamis. Hal tersebut terjadi, beberapa jam setelah Federal Reserve AS bergerak untuk menaikkan suku bunga dan China mengikutinya.

Emas berjangka untuk pengiriman April di divisi Comex Bursa Perdagangan New York (NYMEX) meningkat $8,70, atau 0,66%, menjadi $1,330.20 per troy ounce pada pukul 11.45 WIB. The Fed menambah target suku bunga acuannya berkisar 0,25% menjadi antara 1,5% dan 1,75%, yang menempatkan tingkat dana efektif di sekitar 1,63%, tingkat tertinggi sejak tahun 2008 dan memperkirakan setidaknya dua kenaikan lagi pada tahun 2018 ini.

Indeks dolar AS yang melacak greenback terhadap enam mata uang utama turun ke 89,13. Dolar terus merosot meskipun langkah Federal Reserve AS meningkatkan suku bunga pada pertemuan dini hari tadi. Aset berdenominasi dolar seperti emas sensitif terhadap pergerakan dolar - Jatuhnya dolar membuat emas lebih murah bagi pemegang mata uang asing dan dengan demikian, meningkatkan permintaan untuk logam mulia.

Di China Daratan, People`s Bank of China (PBOC) juga menaikkan suku bunga pasar jangka pendeknya Kamis pagi di sesi Asia, mengikuti langkah Fed AS. PBOC menambah suku bunga pembelian kembalinya sebanyak lima basis poin menjadi 2,55%. Dalam perdagangan logam mulia lainnya, perak berjangka melonjak 0,7% menjadi $16,530 per troy ounce, sementara platinum berjangka naik 0,2% menjadi $959,20 per ounce.

About author

You might also like

Forex News 0 Comments

Aussie Tertekan Akibat China, Minyak Sedikit Menguat Di Awal Sesi Perdagangan Pasar

Gerak nilai apresiasi mata uang Jepang, yaitu mata uang Yen, telah mengalami awal terbaik diantara major currencies sejak di awal sesi perdagangtan pasar di tahun ini. Gerak nilai apresiasi mata

Komoditas 0 Comments

Laporan Data Rilis Amerika Semalam Pengaruhi Gerak Harga Emas dan Perak, Termasuk Juga Harga Emas Antam

Pergerakan harga emas sudah cenderung positif dalam kurun waktu seminggu ini, terlepas ada koreksi harga yang juga kerap terjadi. Gerak harga emas dilaporkan telah bergerak naik ke posisi tertinggi kurun

Berita

Major Currencies Menggeliat Setelah Natal, Laporan Industri China Turun

(9) adidas yeezy Can adidas yeezy not Make Enjoy Me (Allison adidas yeezy boost 350 for sale Iraheta): I adidas yeezy boost 350 for sale thought Cheap Jordan nothing Alternate

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply

CAPTCHA Image
Play CAPTCHA Audio
Reload Image