Terorisme Berimbas Pada Pasar, Loonie Terkoreksi Greenback

10981847_671899269621115_6016942494672919398_nDilaporkan bahwa gerak nilai apresiasi mata uang USD/ CAD tampak masih diperdagangkan naik sekitar 0,08% di kisaran level $1.3424 pada awal sesi perdagangan pasar di hari Kamis. Hal tersebut terjadi, karena akibat dari adanya gerak penurunan yang tajam pada nilai harga komoditas minyak mentah.

Telah dilaporkan sebelumnya bahwa gerak nilai apresiasi mata uang USD/ CAD tampak sempat menyentuh level tertinggi di level $1.3445. Meski demikian, namun kenaikan cenderung akan terbatas di tengah menipisnya volume perdagangan menjelang libur hari Natal di akhir pecan ini.

Gerak nilai harga komoditas minyak mentah bergerak melemah merosot sekitar 1,5% pada sesi perdagangan pasar di hari Rabu. Hal tersebut terjadi, setelah adanya rilis laporan pemerintah menunjukkan kenaikan mengejutkan dalam persediaan minyak mentah Amerika pada pekan lalu.

Keadaan tersebut telah mematahkan estimasi para pelaku pasar sebelumnya. Para pelaku pasar sebelumnya berasumsi bahwa kecil kemungkinan untuk adanya sebuah kenaikan.

Penurunan dari gerak nilai harga “emas hitam” tersebut, telah menempatkan mata uang terkait komoditas, seperti Loonie, berada di bawah tekanan. Gerak nilai apresiasi Greenback dilaporkan tampak masih terus menuai dukungan dari ekspektasi laju kenaikan suku bunga Amerika yang lebih cepat di tahun depan, menyusul keputusan kebijakan Federal Reserve pada minggu lalu.

Gerak nilai harga saham Eropa dilaporkan telah dibuka bervariasi pada hari ini. Hal tersebut terjadi, setelah adanya konfirmasi dari pihak otoritas Jerman bahwa serangan yang terjadi di Berlin merupakan hasil dari campur tangan teroris.

Dilaporkan bahwa pihak otoritas Jerman masih mencari pelaku yag mengemudikan truk dan menabrak serta membunuh 12 orang dalam pasar karnaval natal di Berlin. Dilaporkan juga dari Turki bahwa, pihak otoritas Turki juga sedang berada dalam tahap investigasi terhadap para tersangka terkait pembunuhan duta besar Rusia untuk Turki pada hari Senin lalu.

Adanya sentimen - sentimen terkait aksi terorisme ini dinilai telah menurunkan selera pasar terhadap aset - aset beresiko, dalam hal ini, investasi dalam bursa saham. Gerak nilai harga indeks saham FTSE 100, Inggris, dilaporkan telah bergerak menguat tipis.

Gerak nilai harga indeks saham FTSE 100 bergerak menguat sekitar 0.05%. Gerak nilai harga indeks saham DAX, Jerman, tampak pula bergerak turut menguat tipis sekitar 0.04% dan gerak nilai harga indeks saham CAC, Perancis, bergerak berbeda dengan bergerak melemah sekitar 0.14%.

Gerak nilai harga komoditas minyak mentah dilaporkan telah sempat bergerak sedikit lebih tinggi pada sesi perdagangan pasar di hari Kamis. Gerak nilai harga komoditas minyak mentah dilaporkan telah sempat bergerak naik sekitar 0.3% ke kisaran level harga $52.66 US/ barel. Hal tersebut terjadi, karena didukung oleh adanya pelemahan gerak nilai apresiasi Greenback dan adanya optimisme bahwa para produsen minyak akan menjalankan kesepakatan mereka untuk membatasi output dalam upaya menaikan gerak nilai harga komoditas minyak mentah.

Meski demikian, namun kenaikan gerak nilai harga komoditas minyak mentah tampak berjalan terbatas. Hal tersebut terjadi, karena adanya rilis laporan bahwa ada kenaikan yang tak terduga di dalam cadangan minyak mentah Amerika semalam.

Hal lain yang turut mempengaruhi gerak nilai harga komoditas minyak mentah juga adalah karena adanya pernyataan dari pihak Libya. Dilaporkan bahwa pihak Libya memperkirakan bahwa akan menaikan output dalam beberapa bulan mendatang.

Pelemahan dari gerak nilai apresiasi mata uang USD telah membuat gerak nilai harga komoditas yang berdenominasi dengan Greenback tersebut, menjadi lebih murah. Hal tersebut telah berimbas pada gerak nilai harga komoditas minyak mentah sehingga membuat menjadi lebih murah untuk pemiliki mata uang lainnya.

About author

You might also like

CFD News 0 Comments

Nikkei dan Kospi Melemah Bersama Minyak, Sterling Tengah Meradang Atas Greenback

Telah dilaporkan pada sesi perdagangan pasar Amerika di hari Rabu bahwa, mata uang Inggris, yaitu mata uang Poundsterling, tengah tetap melanjutkan gerak penguatan nilai apresiasinya. Gerak nilai apresiasi Sterling tetap

Emas dan Major Currencies Menggeliat Kencang Semalam

Gerak harga emas berjangka dilaporkan bergerak naik pada hari Kamis dini hari pagi. Gerak harga emas menguat naik setelah adanya rilis laporan FOMC The Fed. Setelah pertemuannya, The Fed mengungkapkan

Forex News 0 Comments

Ditengah Sepinya Perdagangan, Euro Stabil Di Bawah 1.32

Euro masih bertahan stabil selama hampir dalam pergerakan 6 jam, dan masih berada dalam kisaran saat itu, dimana terakhir terlihat berada di 1.3179. Sedikit dibawah penutupan mingguan hari Jumat lalu

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply

CAPTCHA Image
Play CAPTCHA Audio
Reload Image