Trump Perintahkan Men-Tomahawk Suriah, Harga Minyak Merangkak

3aec6720-9cda-4114-9469-b669aae5ca93Dilaporkan bahwa Gerak nilai apresiasi mata uang USD/ JPY telah bergerak melemah ke level 110.13 di awal sesi perdagangan pasar di hari Jumat. Hal tersebut terjadi, di tengah meningkatnya permintaan terhadap aset safe haven.

Adanya peningkatan permintaan terhadap aset safe haven terjadi, setelah pihak dari Amerika meluncurkan rudal ke sebuah pangkalan udara di Suriah dalam menanggapi dugaan tentara Rusia menggunakan senjata kimia pada hari Kamis. Berdasarkan informasi dari seorang pejabat Amerika, dia mengatakan bahwa serangan tersebut telah usai.

Menurut informasi dari salah seorang pejabat Amerika yang tidak ingin disebutkan namanya tersebut, dilaporkan bahwa sekitar 50 rudal Tomahawk ditembakan dari kapal perang Amerika di wilayah Laut Mediterania. Target teridentifikasi adalah sebuah pangkalan udara di Homs, dimana untuk rincian lebih lanjut terhadap hasil dari serangan untuk saat ini belum di ketahui.

Presiden Amerika, Donald Trump, telah mengatakan bahwa dirinya telah memerintahkan serangan misil ke sebuah pangkalan udara Suriah, dimana serangan senjata biokimia diluncurkan. Donald Trump menyatakan bahwa dirinya mengambil tindakan berdasar atas kemanan nasional Amarika terhadap Presiden Suriah Bashar al-Assad.

Donald Trump memerintahkan serangan tersebut beberapa hari yang lalu setelah dia menyesalkan tindakan Bashar al-Assad pada serangan kimia pada pekan ini, yang telah menewaskan setidaknya 70 orang, dimana kebanyakan korbannya adalah anak kecil, di ibu kota Suriah, Khan Sheikhoun. Pihak pemerintah Suriah telah menolak tuduhan bahwa pihaknya berada di balik serangan dengan senjata kimia tersebut.

Pihak militer Amerika dilaporkan telah menembakkan lusinan misil Tomahwak ke pangkalan udara, yang dikuasai pasukan Assad, sebagai respon terhadap serangan gas beracun ke pihak pemberontak pada hari Selasa lalu. Pihak dari Pentagon mengatakan bahwa pihaknya telah menginformasikan Rusia jelang serangan tersebut, dan tidak menargetkan bagian pangkalan di mana pasukan Rusia diyakini berada di sana.

Dilaporkan bahwa mayoritas gerak nilai harga di bursa saham Asia pada sesi perdagangan pasar Asia di hari Jumat (07/ 04/ 2017) ini, dibuka melemah dan langsung tersungkur di jalur merah. Hal tersebut terjadi, di tengah perhatian para pelaku pasar terhadap pertemuan Presiden Amerika, Donald Trump, dan Presiden China, Xi Jinping.

Pada sesi perdagangan pasar Asia di hari Jumat (07/ 04/ 2017) ini, dilaporkan bahwa gerak nilai harga indeks saham Nikkei 225, Jepang, telah dibuka menguat. Gerak nilai harga indeks saham Nikkei 225 telah bergerak menguat sebesar 40,97 poin atau naik sekitar 0,22 % ke kisaran level harga 18.638,03.

Gerak nilai harga indeks saham Hang Seng 33, Hong Kong, dilaporkan telah dibuka secara melemah. Gerak nilai harga indeks saham Hang Seng 33 telah bergerak melemah sebesar 96,02 poin atau turun sekitar 0,40 % ke kisaran level harga 24.177,70.

Gerak nilai harga indeks saham ASX 200, Australia, juga dilaporkan telah dibuka dengan kondisi melemah. Gerak nilai harga indeks saham ASX 200 dilaporkan telah bergerak melemah turun sebesar 1,68 poin atau melemah sekitar 0,03 % ke kisaran level harga 5.854,60.

Pelemahan gerak nilai harga juga terjadi pada gerak nilai harga indeks saham SSE, Shanghai, China. Dilaporkan bahwa gerak nilai harga indeks saham SSE telah dibuka melemah sebesar 1,15 poin atau anjlok sekitar 0,03 % ke kisaran level harga 3.279,86.

Gerak nilai harga indeks saham Kospi, Korea Selatan, dilaporkan telah juga dibuka secara melemah. Gerak nilai harga indeks saham Kospi telah terkoreksi sebesar 5,18 poin atau turun sekitar 0,24 % ke kisaran level harga 2.147,57.
Gerak nilai harga komoditas minyak mentah di pasar berjangka Asia pada sesi perdagangan pasar pagi ini juga sempat melemah. Hal tersebut terjadi, di tengah perhatian para pelaku pasar terhadap pertemuan Presiden Amerika, Donald Trump, dan Presiden China, Xi Jinping.

Gerak nilai harga komoditas minyak mentah Brent dilaporkan telah sempat terkoreksi melemah anjlok sekitar 0,42 % di kisaran level harga $ 54,13 US/ barel. Dilaporkan juga bahwa gerak nilai harga komoditas minyak mentah WTI, US, telah juga sempat terkoreksi melemah turun sekitar 0,47 % di kisaran level harga $ 50,91 US/ barel.

Gerak nilai harga komoditas minyak mentah bergerak melesat naik pada hari Jumat setelah adanya laporan bahwa pihak Amerika meluncurkan misil yang ditargetkan pada pangkalan udara militer Suriah. Gerak nilai harga komoditas minyak mentah telah bergerak menguat lebih dari $1 US.

Gerak nilai harga komoditas minyak mentah telah naik di kisaran level harga $52.90 yang merupakan level tertinggi sejak awal Maret, dari level $51.60 sebelum berita serangan Amerika dirilis. Aksi serangan tersebut meninggikan premi risiko Timur Tengah dan produk safe-haven seperti komoditas emas.

About author

You might also like

Emas dan Major Currencies Menggeliat Kencang Semalam

Gerak harga emas berjangka dilaporkan bergerak naik pada hari Kamis dini hari pagi. Gerak harga emas menguat naik setelah adanya rilis laporan FOMC The Fed. Setelah pertemuannya, The Fed mengungkapkan

Forex News 0 Comments

Dollar Pulih Setelah Outlook Fed Picu Pelemahan Terbesar Sejak 2009

Dollar rebound dari penurunan terbesar dalam enam tahun yang dipicu ketika Federal Reserve secara tak terduga memangkas proyeksi untuk kenaikan suku bunga AS. Greenback menguat terhadap semua dari mata uang

CFD News 0 Comments

USD Masih Perkasa, Kredit Perumahan Australia Tekan Aussie

Mata uang USD diperdagangkan menguat ke level tertinggi apresiasinya terhadap mata uang utama lainnya. Hal ini karena imbas serangkaian data ekonomi di minggu lalu, yang mendukung mata uang negeri Paman

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply

CAPTCHA Image
Play CAPTCHA Audio
Reload Image