Trump Tampak Unggul Sementara, Harga Pasar Koreksi

576192052200001e00f81238Gerak nilai apresiasi mata uang AUD/ USD dilaporkan telah bergerak melemah pada sesi perdagangan pasar di hari Rabu pagi ini. Hal tersebut terjadi atas Aussie, di tengah pelemahan gerak nilai apresiasi Greenback atas ketidak pastian hasil hitung cepat (quick count) Presidensial Amerika Serikat pagi ini.

Gerak pelemahan nilai apresiasi mata uang AUD/ USD berpeluang berlanjut untuk mencoba bergerak menuju ke level support di kisaran level 0.7590 - 0.7620. Apabila gerak nilai apresiasi Aussie dapat kembali menguat, maka level resisten diasumsikan berada pada kisaran level 0.7780 dan 0.7835.

Aussie telah menjadi salah satu mata uang yang melemah terhadap Greenback, ditengah pelemahan mata uang USD terhadap mata uang major currencies, bersama Dolar New Zealand, dan Canada. Dilaporkan bahwa gerak nilai apresiasi mata uang Euro, Poundsterling, Yen, dan Swiss Franc telah mencatatkan angka penguatan terhadap Greenback.

Gerak nilai apresiasi mata uang USD/ JPY juga dilaporkan telah bergerak secara melemah lebih dari 2,6% dengan bergerak ke kisaran 102 pada hari Rabu (09/ 11/ 2016) ini. Hal tersebut terjadi, seiring pelemahan tajam pada gerak nilai harga saham di pasar global.

Dilaporkan bahwa, gerak nilai apresiasi mata uang USD/ JPY telah sempat bergerak melemah dan berpotensi menembus level psikologis di kisaran level 102.00. Hal tersebut terjadi, dalam sentimen risk aversion, dari kisaran level 105 pada awal sesi perdagangan pasar hari Rabu (09/ 11/ 2016) ini.

Gerak nilai harga di bursa saham berjangka Amerika dilaporkan telah terkoreksi kuat, bergerak melemah anjlok pada awal sesi perdagangan pasar di hari Rabu. Hal tersebut terjadi, seiring pandangan para pelaku pasar yang menilai proyeksi dari media yang menunjukkan pemilu Presiden Amerika telah mendekati akhir waktu jajak pendapat.

Dilaporkan bahwa, dengan pertempuran yang ketat untuk sementara ini menunjukkan keunggulan Donald Trump. Hasil tersebut adalah merupakan hasil yang mengejutkan dan telah mengacaukan gerak nilai harga pasar keuangan global.
Pertempuran kunci terjadi di Virginia dan North Carolina dari diantara wilayah-wilayah lainnya dimana hasil jajak pendapat telah ditutup dan hasil menunjukkan hasil yang ketat, dan untuk sementara ini menunjukkan bahwa Donald Trump tampak lebih unggul dari Hillary Clinton.

Gerak nilai harga indeks saham Dow Jones Futures, S&P Futures, dan Nasdaq Futures dilaporkan telah terkoreksi melemah turun sekitar 3%. Gerak nilai harga indeks saham Indeks saham berjangka Dow Jones dilaporkan telah bergerak turun sekitar 473 poin ke level 17,829.

Begitu pula dengan gerak nilai harga dari indeks-indeks saham utama di kawasan Asia, dimana gerak pelemahan tersebut, dipimpin oleh pelemahan gerak nilai harga indeks saham Nikkei 225, Jepang, yaitu sekitar -2,2%, gerak nilai harga indeks saham Hang Seng 33, Hong Kong sekitar -1,94%, indeks saham Kospi, Korea Selatan sekitar -1,3, dan gerak nilai harga indeks saham Shanghai Composite, China, sekitar -0,79%. Gerak nilai harga indeks saham IHSG Jakarta dilaporkan juga telah ikut terdampak, tertekan dalam sentimen risk aversion dengan pelemahan sekitar 1%.

Data rilis ekonomi hari ini tidak banyak direspon oleh nilai apresiasi mata uang USD/ JPY. Taro Aso, Menteri Keuangan Jepang, telah melaporkan bahwa surplus transaksi berjalan Jepang telah naik sekitar 25,4% pada bulan September.

Angka surplus transaksi berjalan Jepang telah naik menjadi 1,821 triliun yen. Angka ini lebih rendah dari ekspektasi pasar sebesar 2,02 triliun Yen dan laporan bulan Agustus yaitu surplus 2 triliun Yen.

Kekuatiran atas ketidak pastian hasil Pemilu Amerika tersebut, telah mendorong produk-produk beresiko mencatat angka pelemahan. Gerak nilai indeks USD sendiri telah mencatat angka pelemahan sebesar 100 pips dari harga pembukaan, gerak nilai apresiasi mata uang AUD/ USD juga telah mencatatkan angka pelemahan berkisar 90 pips pada saat yang sama.

Kepala analis dari Greenwood Capitol Associates LLC di South Carolina menunjukkan bahwa dengan kinerja indeks pada hari Senin, pasar jelas menunjukkan keinginan kemenangan Hillary Clinton, dan setiap indikasi yang berlawan dari perkiraan pasar tentunya akan berikan tekanan terhadap pasar keuangan. Saat ini banyak variabel yang tersedia diluar sana, dan pasar kemungkinan akan menjadi sangat volatile dalam beberapa jam kedepan karena masih berlangsungnya hasil jajak pendapat.

Gerak nilai harga komoditas minyak mentah dilaporkan telah bergerak melemah turun di awal sesi perdagangan pasar di hari Rabu. Hal tersebut terjadi, karena gerak nilai harga komoditas minyak mentah dibebani oleh laporan meningkatnya cadangan minyak mentah, namun perdagangan diperkirakan fluktuatif karena pasar yang sedang menantikan hasil hitung cepat pemilu Presiden Amerika.

Gerak nilai harga komoditas minyak mentah WTI dilaporkan telah sempat diperdagangkan di kisaran level harga $44.91US/ barel, turun sekitar 0.13%. Gerak nilai harga komoditas minyak diasumsikan memiliki level support terdekat di kisaran harga $44.50 dan level resisten di kisaran harga $45.30.

Analis dari salah satu broker di Singapura mengatakan bahwa harga minyak terkena aksi jual di awal perdagangan Asia, karena angka cadangan minyak dari American Petroleum Institute (API) menunjukkan kenaikan 4.4 juta barel terhadap ekspektasi kenaikan 2.2 juta barel. Dampak tersebut kemungkinan akan terlihat singkat karena pasar terus membeli komoditas mengantisipasi kemenangan Clinton.

Dia juga menambahkan bahwa penggerak utama hari ini adalah hasil pemilu Amerika yang datang di sesi perdagangan pasar Asia. Kami perkirakan bahwa gerak nilai harga komoditas minyak mentah akan volatile mengikuti hasil pemilu Amerika.

About author

You might also like

Berita 0 Comments

Aussie Bertengger Dekat Level Tertinggi Dalam 4 Bulan

Dollar Australia di perdagangkan sekitar di bawah 0.2% dari level tertinggi dalam empat bulan terhadap greenback setelah para trader mengurangi taruhan bearish ke level setidaknya yang terendah dalam hampir setahun.

Berita 0 Comments

Outlook BoJ Topang Pelemahan Yen

Yen melanjutkan pelemahan seiring merebaknya harapan akan adanya tambahan stimulus BoJ setelah Jepang kemarin naikan pajak penjualan untuk pertama kali dalam 15 tahun terakhir. Jepang menaikan pajak penjualan dari 5%

CFD News 0 Comments

Kiwi Tekan Balik Greenback, Minyak Terkoreksi Melemah

Gerak nilai apresiasi mata uang NZD/ USD dilaporkan telah bergerak menguat dan menyentuh level tinggi harian 0.7249 atau naik lebih dari 30 poin dibandingkan level penutupan sebelumnya. Hal tersebut terjadi,