USD Koreksi Pada Akhir Sesi Perdagangan Minggu Lalu, Yen Justru Sebaliknya Atas Greenback

12919811_1025576760849687_27762609750061219688_n
Gerak nilai apresiasi mata uang USD/ JPY pada sesi perdagangan pasar pekan lalu dilaporkan telah berhasil mencatatkan angka penguatan mingguan. Gerak penguatan nilai apresiasi mata uang USD/ JPY pada sesi perdagangan pasar di pekan lalu tampak terlihat masih berlanjut di awal sesi perdaganagn pasar pekan ini di hari Senin (09/ 05/ 2016).

Gerak nilai apresiasi mata uang USD/ JPY dilaporkan telah sempat diperdagangkan di kisaran 107.33. Gerak nilai apresiasi mata uang USD/ JPY berpeluang untuk bisa tetap melanjutkan gerak penguatannya, jika mampu menembus level resisten di kisaran 107.70, dengan target pada kisaran level 108.10.

Level resisten dari gerak nilai apresiasi mata uang USD/ JPY adalah diperkirakan pada kisaran level 107.70, 108.10, dan di kisaran level 108.50. Level support dari gerak nilai apresiasi mata uang USD/ JPY adalah diperkirakan pada kisaran level 107.00, 106.70 dan di kisaran level 106.35.

Adanya komentar Presiden Federal Reserve New York, William Dudley, menjadi sentimen positif bagi gerak nilai apresiasi Greenback. Berbicara pada New York Times, Dudley mengatakan The Fed masih berpeluang menaikkan suku bunga sebanyak dua kali di tahun ini. Komentar tersebut dilontarkan meski data NFP yang dirilis Jumat jauh lebih rendah dari ekspektasi penambahan 202.000 pekerja.

Gerak nilai apresiasi Greenback di sepanjang sesi pedagangan pasar di pekan lalu, tampak telah mampu berhasil mendominasi gerak nilai apresiasi mata uang Yen. Gerak nilai apresiasi mat uang USD tercatat menguat dalam empat hari beruntun terhadap mata uang Yen dan hanya melemah pada sesi perdagangan pasar di hari Jumat.

Hal tersebut terjadi, karena adanya rilis data Non Farm Payrolls (NFP) Amerika yang hasilnya mengecewakan membuat gerak nilai apresiasi Greenback tertekan pada sesi perdagangan pasar di hari Jumat. Departemen Tenaga Kerja Amerika melaporkan bahwa, penambahan jumlah pekerja di luar sektor pertanian atau NFP tercatat sebanyak 160.000 di bulan April, dan menjadi yang terendah dalam tujuh bulan terakhir.

Data NFP telah dirilis lebih rendah dari perkiraan para pelaku pasar dan dari data sebelumnya, yaitu pada kisaran 202.000 (F) dan 208.000 (P). Tingkat pengangguran Amerika dilaporkan tetap berada pada level 5.0% di bulan yang sama.

Gerak nilai index USD dilaporkan telah mencatatkan angka keuntungan sebesar 11 poin atau 0.12% berakhir pada level 93.86. Gerak nilai index USD sebelumnya sempat diperdagangkan hinga setinggi 93.98 dan serendah 93.25.

Gerak nilai harga di bursa saham Nikkei, Jepang, dilaporkan telah bergerak menguat di awal sesi perdagangan pasar Asia pada hari Senin (09/ 05/ 2016) di awal pekan ini. Gerak nilai harga spot Nikkei dilaporkan telah sempat menguat sekitar 1%, sebelum akhirnya terpangkas menjadi 0,40% di kisaran level harga 16170,89. Juga dilaporkan bahwa gerak nilai harga indeks saham Nikkei Futures telah diperdagangkan di kisaran level 16170.

Gerak nilai harga komoditas emas dilaporkan telah ditutup menguat di sesi perdagangan pasar di hari Jumat (06/ 05/ 2016) minggu lalu. Gerak nilai harga komoditas emas telah mampu mencatatkan angka keuntungan tajam.

Hal tersebut terjadi, menyusul dirilisnya laporan NFP yang ternyat dirilis dengan hasil yang mengecewakan. Angka keuntungan yang berhasil ditorehkan oleh gerak nilai harga komoditas emas, juga tampaknya diikuti oleh keuntungan pada gerak nilai apresiasi mata uang USD ditengah pelemahan tajam sebagian besar major currencies di sesi perdagangan akhir pekan.

Dilaporkan bilamana pada sesi perdagangan pasar di hari Jumat (06/ 05/ 2016), gerak nilai harga komoditas emas spot ditutup naik sebanyak $10.10 atau sebesar 0.79% dan berakhir pada kisaran level $1,289.700. Gerak nilai harga komoditas emas spot sebelumnya sempat diperdagangkan hingga di kisaran setinggi $1,295.438 dan serendah $1,288.942.

Gerak nilai harga komoditas emas berjangka di divisi Comex New York Mercantile Exchange kontrak Juni, dilaporkan bahwa telah ditutup naik pada sesi perdaganagn pasar di hari Jumat (06/ 05/ 2016) minggu lalu. Gerak nilai harga komoditas emas berjangka telah bergerak naik sebanyak $21.70 atau sebesar 1.70% dan berakhir pada kisaran level harga $1,294.000. Gerak nilai harga komoditas emas diperkirakan akan diperdagangkan pada kisaran level harga $1,297.100 - $1,279.600.

Gerak nilai harga komoditas minyak mentah dilaporkan langsung bergerak positif, menguat lebih dari 2% di awal sesi perdagangan pasar Asia di hari Senin (09/ 05/ 2016). Gerak nilai harga komoditas minyak mentah pada pekan lalu telah membukukan gerak pelemahan harga mingguan.

Gerak nilai harga komoditas minyak mentah dilaporkan telah diperdagangkan di kisaran 45.51, penguatan lebih lanjut akan membawa harga ke kisaran level resisten di level 46.10. Peluang menguji kembali kisaran harga 46.75 menjadi terbuka jika mampu melewati level resisten tersebut. Penguatan gerak nilai harga komoditas minyak mentah terjadi, karena akibat dari gangguan supply minyak dari Kanada.

Kondisi tersebut terjadi, karena akibat adanya kebakaran hutan yang hebat di Kanada, sehingga menjadi pendorong melesatnya gerak nilai harga minyak di sesi perdagangan pasar pada hari di awal pekan ini. Kebakaran hutan tersebut dikabarkan membuat Kanada menutup setengah dari kapasitas produksi minyak sands.

Kabar mengejutkan lainnya datang dari pihak negara Arab Saudi. Dilaporkan bahwa pada hari Sabtu minggu lalu, negara yang merupakan produsen utama minyak di OPEC tersebut, telah mengganti pejabat Menteri Perminyakannya. Menteri perminyakan Arab Saudi, Ali al-Naimi, dilaporkan telah digantikan oleh Khalid al-Falih. Ali al-Naimi dilaporkan telah menjabat sebagai Menteri Perminyakan di negara Arab Saudi selama lebih dari dua dekade.

Khalid al-Falih adalah merupakan chariman dari Aramco. Para analis mengatakan bahwa, pergantian pemegan jabatan tersebut di Arab Saudi, akan menjadi era baru pada perdagangan komoditas minyak global.

Memasuki sesi perdagangan hari ini, para pelaku pasar nampaknya masih akan merespon positif hasil data NFP Amerika pada sesi perdagangan pasar di hari Jumat lalu. Dengan minimnya laporan rilis data pada sesi perdagangan hari Senin di awal pecan ini, maka akan berpotensi untuk mendorong para pelaku pasar untuk terfokus pada pergerakkan mata uang USD.

About author

You might also like

Komoditas 0 Comments

Investor milioner George Soros, Bacon Kurangi Kepemilikan Emas

Investor milioner George Soros dan Louis Moore Bacon mengurangi sahamnya di produk ETF berbasis emas pada kuartal keempat 2012. Data SEC terakhir menunjukan Soros Fund Management memangkas investasi di SPDR

Berita 0 Comments

Euro Sentuh Level Terndah 9 Bulan Atas Sentimen Ekonomi Yang Memburuk

Euro di perdagangkan sekitar 0.2% di atas dari level terendah dalam sembilan bulan sebelum di rilisnya laporan pada pekan ini yang mungkin menunjukkan pertumbuhan di kawasan tersebut melemah dan inflasi

Fundamental 0 Comments

Major Bereaksi, Menggeliat Setelah FOMC Meeting Minutes

USD apresiasinya bergerak menguat terhadap mata uang yen, setelah dirilisnya laporan dari pertemuan kebijakan the Fed’s bulan Maret. Pergerakan harga dalam perdagangan semalam adalah dikarenakan reaksi pasar terhadap komentar dari

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply

CAPTCHA Image
Play CAPTCHA Audio
Reload Image