Yellen Sinyalkan Kebijakan The Fed Desember, Minyak dan Nikkei Koreksi

FederalReserveMata uang Uni Eropa, yaitu mata uang Euro, bergerak di dekat level terendah 7 1/2 bulan terhadap Greenback. Hal tersebut terjadi, seiring para pelaku pasar tengah bersiap untuk merespons hasil dari keputusan European Central Bank (ECB). Pihak berwenang ECB meluncurkan stimulus yang lebih besar, kemungkinan memberikan dorongan ekstra terhadap gerak nilai apresiasi dari mata uang USD. Hal tersebut terjadi, setelah mencapai level puncak level harga baru pada prospek kenaikan suku bunga di Amerika.

Perbedaan kebijakan moneter antara The Fed dan ECB, sangat disorot oleh para pelaku pasar global di hari Rabu kemarin. Pada hari Rabu, ketua The Fed, Janet Yellen telah memberikan petunjuk untuk kenaikan suku bunga pada bulan Desember ini. Dalam pidatonya pada hari Rabu, Janet Yellen telah mengutarakan keyakinan pada outlook pertumbuhan ekonomi Amerika.

Janet Yellen meyakini kondisi perbaikan di pasar tenaga kerja Amerika memperkuat optimisme kembali inflasi ke target objektif The Fed untuk jangka menengah. Bagaimanapun Janet Yellen kembali menegaskan bahwa siklus pengetatan moneter akan berjalan lamban.

Komentar Janet Yellen yang hawkish telah berimbas terhadap mata uang Euro. Gerak nilai apresiasi mata uang Euro bergerak ke level $1.0550. Level tersebut adalah level apresiasi terendah dari mata uang Eurogroup tersebut terhadap Greenback sejak pertengahan April, walaupun setelah itu ada aksi short covering sebelum pengumuman kebijakan dari ECB yang sempat mendorong gerak nilai apresiasi mata uang Euro kembali ke level $1.0610.

Gerak nilai harga indeks USD dilaporkan telah bergerak menguat atas major currencies pada sesi perdagangan pasar Amerika semalam. Gerak nilai harga indeks USD bergerak naik ke level tertinggi yaitu di kisaran level 100.51. Angka tersebut adalah level tertinggi sejak April 2003. Gerak nilai harga indeks USD telah bergerak di kisaran 100.10 pagi ini.

Yield obligasi Amerika dilaporkan telah bergerak merangkak naik, dimana yield obligasi pada tenor 2-tahun meroket ke level tertinggi dalam 5 tahun terakhir. Hal tersebut terjadi, setelah Gubernur The Fed, Janet Yellen memberikan isyarat bahwa kenaikan suku bunga The Fed di bulan Desember ini masih terbuka peluang.

Para pelaku pasar mengasumsikan bahwa, komentar dari ketua Federal Reserve tersebut sebagai sinyal bahwa pihak berwenang The Fed sudah siap untuk segera mengakhiri era krisis stimulus moneter. Pasar obligasi mengalami tekanan jual paska data tenaga kerja ADP yang dirilis naik melampaui estimasi para pelaku pasar. Hal tersebut terjadi sehingga komentar dari Janet Yellen menambah momentum kenaikan yield obligasi, karena harga obligasi berbanding terbalik dengan yield.

Dilaporkan bahwa sebagian besar gerak nilai harga saham perusahaan Jepang turun, terutama gerak nilai harga saham dari perusahaaan - perusahaan yang berbasis energi. Gerak nilai harga saham perusahaan Jepang terkoreksi melemah turun terjadi, setelah gerak nilai harga minyak jatuh ke bawah $40/ barel pada sesi perdagangan pasar Amerika semalam.

Dilaporkan bahwa gerak nilai harga indeks saham Nikkei225 terkoreksi melemah sekitar 0.15%, atau 25 poin menjadi 19,935. Gerak nilai apresiasi mata uang Yen terhadap mata uang USD telah diperdagangkan di kisaran level 123.27, melemah sebesar 0.3% pada sesi perdagangan pasar di hari Rabu. Kondisi tersebut dipicu oleh keadaan seiring ketua Federal Reserve meletakan dasar untuk kenaikan suku bunga Amerika pertama kalinya sejak 2006 ketika Eropa bersiap untuk stimlus ekstra.

Analis di Ichiyoshi Asset Management Co. di Tokyo mengatakan bahwa penurunan di dalam harga komoditas mencerminkan pelemahan di dalam kondisi ekonomi global, dengan negara berkembang menjadi pusat dari itu semua. Pidato Janet Yellen diperkirakan dan akan menunjukkan bahwa mereka berencana untuk mulai menormalkan suku bunga di bulan Desember.

Gerak nilai harga saham perusahaan energi Inpex dilaporkan telah menyusut sebesar 0.9%. Gerak nilai harga saham Fast Retailing turut terkoreksi melemah sebesar 3.1%, berkontribusi terhadap sebagian besar penurunan gerak nilai harga indeks, setelah mereka mengatakan bahwa penjualan di beberapa toko yang sama di toko mereka Uniqlo di Jepang turun sebesar 8.9% di bulan November dari setahun yang lalu.

Gerak nilai harga saham Daito Trust Construction Co. bergerak kea rah lain. Gerak nilai harga saham Daito Trust Construction Co.melonjak sebesar 2.9%. Hal tersebut terjadi, setelah perusahaan pembangun tersebut mengatakan bahwa, angka pemesanan pada mereka untuk proyek bangunan baru telah melonjak pada bulan lalu.

Gerak nilai harga minyak mentah sempat bergerak menguat, meloncat naik beberapa saat jelang rilis data persediaan Amerika oleh Energy Information Administration (EIA). Lompatan gerak nilai harga minyak tersebut terjadi, karena dipicu oleh laporan yang menyebutkan Organization of the Petroleum Exporting Countries (OPEC) sepakat untuk menurunkan jumlah produksi. Gerak nilai harga minyak mentah WTI pada perdagangan pasar hari Rabu berakhir di level 40.10 dengan level terendah harian 39.84 dan tertinggi 41.96.

Namun gerak nilai harga minyak langsung berbalik melemah, setelah pejabat terkait dari Iran mengatakan bahwa negara Arab Saudi dan negara-negara kawasan Teluk tidak termasuk dalam kesepakatan tersebut. Negara Arab Saudi merupakan produsen minyak terbesar di OPEC. Sehingga, bila tanpa adanya dukungan dari negara Arab Saudi, maka pengurangan jumlah produksi tidak akan banyak berdampak pada penurunan supply global.

Gerak nilai harga minyak mentah WTI kemudian terkoreksi merosot ke bawah $40 US/ barel setelah EIA melaporkan kenaikan persediaan minyak dalam 10 pekan beruntun. Kenaikan persediaan tersebut berkontribusi terhadap berlimpahnya supply global. Selain itu penguatan gerak nilai apresiasi mata uang USD terkait kemungkinan naiknya suku bunga juga memberikan tekanan bagi gerak nilai harga minyak.

EIA melaporkan dalam sepekan yang berakhir 27 November, persediaan minyak Amerika naik 1,2 juta barel, mematahkan ekspektasi penurunan 600.000 barel. Persediaan bensin naik 100.000 barel, sementara minyak distilasi bertambah 3,1 juta barel.

About author

You might also like

Brexit Diwarnai Aksi Pembunuhan, Sterling Pukul Balik Greenback

Gerak nilai apresiasi mata uang GBP/USD dilaporkan telah bergerak menguat pada sesi perdagangan pasar Asia di hari Jumat (17/ 06/ 2016) ini. Dilaporkan bahwa gerak nilai apresiasi mata uang GBP/USD,

CFD News 0 Comments

Pendapat Patrik Harker Semakin Dukung Ekspektasi Pasar, Minyak Dihantui Stok Melimpah Kembali

Dilaporkan bahwa, gerak nilai apresiasi mata uang Jepang, yaitu mata uang Yen, telah bergerak lebih tinggi di sesi perdagangan pasar Asia pada hari Selasa. Dilaporkan bahwa, gerak nilai apresiasi mata

Berita 0 Comments

Yen Melemah Seiring Berkurangnya Permintaan Aset Haven

Yen pertahankan kerugiannya dari kemarin terhadap dollar seiring meredanya ketegangan di Ukraina dan Presiden Barack Obama berikan dukungan penuh untuk Presiden Irak untuk membentuk pemerintahan yang baru, itu mengurangi permintaan

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply

CAPTCHA Image
Play CAPTCHA Audio
Reload Image