Yen Anjlok terhadap Dolar; Deflasi Masih Bertahan

Yen Anjlok terhadap Dolar; Deflasi Masih Bertahan

dollar-usd-amerikaYen Jepang menyentuh level terendah dalam 2.5 tahun belakangan sebelum gubernur BoJ Masaaki Shirakawa berbicara hari ini. Sebelumnya hari Selasa kemarin bank sentral Jepang sudah mengumumkan rencana untuk pembelian aset pemerintah dan menaikkan target inflasi menjadi 2%.

Yen Jepang pada perdagangan hari ini tampak kembali mengalami penurunan terhadap dolar AS. Yen ambles setelah data inflasi pagi tadi memperlihatkan bahwa deflasi masih bertahan. Harga di tingkat konsumen pada bulan Januari mengalami penurunan sebesar 0.2% dibandingkan tahun lalu. Dengan masih terjadinya deflasi tersebut maka kondisi ini masih menyisakan harapan bahwa stimulus moneter dari bank sentral akan ditingkatkan.

Melemahnya yen juga ditopang oleh komentar dari Deputi Menteri Ekonomi Yasutoshi Nishimura. Ia menyatakan bahwa penurunan yen masih belum berakhir dan menurutnya level 100 yen per dolar merupakan target jangka pendek yang harus dicapai.

Yen pagi ini terpantau berada di posisi 90.61 per dolar AS. Kemarin yen sempat mencapai level 90.70 per dolar, terendah sejak tanggal 21 Juni 2010 lalu. Yen tampak mengarah untuk mengalami penurunan mingguan untuk 11 kali berturut-turut, fase penurunan terpanjang sejak Bloomberg mulai mengumpulkan data historis nilai tukar yen pada tahun 1971.

Analis memperkirakan bahwa pergerakan mata uang yen pada perdagangan hari ini akan cenderung melemah lagi. Yen berpotensi untuk menghadapi support dan resistance pada kisaran 91.00 - 90.20 per dolar.

About author

admin
admin 73 posts

admin ayotrading

You might also like

Berita 0 Comments

Euro Menguat Jelang Data Inflasi Jerman

Euro menguat terhadap dollar pada perdagangan sesi Asia hari ini jelang dirilisnya data inflasi Jerman. Mata uang 18 negara tersebut pada perdagangan kemarin menguat setelah spekulasi European Central Bank akan menambah

Berita 0 Comments

Aussie Menyambut Baik Komentar RBA’s Stevens

Aussie melanjutkan rally setelah RBA’s Stevens tidak mengkritik nilai tukar aussie dan juga sinyalkan tidak akan melonggarkan kebijakan moneter lebih lanjut. Gubernur RBA, Glenn Stevens, mengatakan nilai tukar Dollar Australia

Berita 0 Comments

EURUSD Melorot Nantikan Indeks IFO Jerman

Nilai tukar Euro kembali melemah di hari Senin seiring kekhawatiran para investor meski perpanjangan bailout sementara telah diraih minggu lalu. Para menteri keuangan zona Euro sepakat untuk memperpanjang paket penyelamatan keuangan Yunani

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply

CAPTCHA Image
Play CAPTCHA Audio
Reload Image