Yen Sedikit Terkoreksi, Minyak Turut Terkoreksi

401963_519236668141261_787532945_nDilaporkan bahwa, gerak nilai apresiasi mata uang USD telah bergerak menguat pada sesi perdagangan pasar di hari Senin. Hal tersebut terjadi, karena komentar yang hawkish dari pejabat Federal Reserve yang meningkatkan kemungkinan untuk kenaikan suku bunga Amerika pada tahun ini.

Mata uang USD menguat terhadap sebagian besar mata uang utama setelah wakil ketua The Fed, Stanley Fischer, pada hari Minggu mengatakan bahwa ekonomi Amerika siap untuk mendekati target The Fed dan pertumbuhan akan naik. Para pelaku pasar global saat ini sedikit terpengaruh oleh komentar pejabat Federal Reserve yang menunjukkan kemungkinan untuk suku bunga yang lebih tinggi paling cepat bulan depan, walaupun minutes pertemuan terakhir bank sentral menunjukkan nada yang dovish.

Fokus para pelaku pasar saat ini akan tertuju kepada pidato Janet Yellen pada akhir pekan ini di Jackson Hole, dimana para bankir bank sentral global akan berkumpul untuk membahas kebijakan. Dilaporkan bahwa gerak nilai apresiasi mata uang EUR/ USD turun sebesar 0.28% ke kisaran level 1.1292 dan gerak nilai apresiasi mata uang GBP/ USD turun sekitar 0.18% ke kisaran level 1.3053.

Gerak nilai harga di bursa saham di Tokyo dilaporkan telah bergerak naik pada sesi perdagangan pasar di hari Senin. Hal tersebut terjadi, karena gerak nilai apresiasi mata ung Yen yang bergerak melemah.

Faktor lain yang mendukung kondisi tersebut adalah, karena para pelaku pasar yang dihantui oleh kemungkinan pengetatan kebijakan moneter lebih lanjut dari Federal Reserve yang memperkuat Greenback. Dilaporkan bahwa, pemimpin Bank of Japan (BoJ) mengatakan bahwa dia melihat kemungkinan untuk perluasan stimulus paling cepat bulan depan. Gerak nilai harga indeks saham Nikkei dilaporkan telah sempat bergerak menguat sekitar 20 poin di level 16,555.

Gerak nilai apresiasi mata uang Yen bergerak melemah sebesar 0.3% menuju ke kisaran level 100.54. Hal tersebut terjadi, setelah Wakil ketua Federal Reserve, Stanley Fischer, sinyalkan bahwa kenaikan suku bunga di tahun 2016 masih dapat dipertimbangkan.

Gubernur BOJ Haruhiko Kuroda mengatakan dalam sebuah wawancara yang dipublikasikan pada hari Sabtu di surat kabar Sankei bahwa ada ” kemungkinan” bank akan menambah pelonggaran stimulus pada pertemuan kebijakan di bulan September. Kepala analis di Tokai Tokyo Research Center mengatakan bahwa yen melemah lebih lanjut terhadap dollar karena perbedaan suku bunga dengan Amerika, yang mana pasar merespon positif untuk itu.

Gerak nilai harga komoditas minyak dilaporkan bergerak melemah di sesi perdagangan pasar Asia di hari Senin. Hal tersebut terjadi, karena pelaku pasar mengambil keuntungan dari kenaikan harga akhir-akhir ini, dan juga karena karena pelaku pasar menunjukkan pandangan kehati-hatian terhadap prospek bahwa produsen utama akan sepakat untuk membatasi output dalam bulan depan.

Gerak nilai harga komoditas minyak dilaporkan telah bergerak turun sebesar 0.83% ke level $48.70 US/ barel. Gerak nilai harga komoditas minyak miliki level support terdekat di kisaran level harga $48.10 dan level resisten di kisaran level harga $49.35.

Pada sesi perdagangan pasar di pekan lalu, gerak nilai harga komoditas minyak dilaporkan telah bergerak naik untuk sesi ketujuh beruntun pada hari Jumat. Hal tersebut terjadi, karena pelaku pasar yang masih optimis di tengah spekulasi bahwa produsen minyak utama, yang dipimpin oleh Arab Saudi dan Rusia, mempertimbangkan pembatasan produksi dalam upaya menopang harga.

About author

You might also like

Forex News 0 Comments

Zona Eropa Mengalami Tekanan

Mata uang euro bergerak melemah terhadap USD dalam sesi perdagangan pasar kemarin (Senin, 06/ 05/ 2013). Keadaan ini terjadi karena adanya pernyataan Mario Draghi , presiden ECB. Dia mengatakan akan

Umum 0 Comments

Yen Alami Banyak Tekanan, Pasar Fokus Pada BOE dan ECB

Perdagangan asar mata uang hari Kamis ini (04/ 09/ 2014), mata uang yen terpantau melemah terhadap mata uang USD. Hal ini adalah akibat dari ketika BoJ akan tetap pertahankan kebijakannya

Euro Kondisi Tertekan Di Pasar, USD Sementara Masih Berkibar

Gerakan apresiasi mata uang USD pada hari ini (Rabu, 06/ 11/ 2013) bergerak menguat terhadap mata uang negara Jepang, yen. Harga pembukaan pasar berada pada 98.51 di awal perdagangan (00.00

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply

CAPTCHA Image
Play CAPTCHA Audio
Reload Image