Yen Tekan Greenback, Minyak Sedikit Menggeliat

0a0a_0a0_0002_12651_0a0aaa01_00110504_02765427a_nGerak nilai apresiasi mata uang USD/ JPY dilaporkan telah mengalami gerak pelemahan pada sesi perdagangan pasar di hari Selasa. Hal tersebut terjadi, seiring makin menguatnya gerak nilai apresiasi mata uang Yen.

Gerak nilai apresiasi mata uang USD/ JPY dilaporkan tengah menuju kisaran level 101 - an pada sesi awal perdagangan pasar di hari Rabu di Tokyo. Pencapaian tersebut, sedikit lebih tinggi dari tingkat yang terlihat di New York pada sesi perdagangan pasar di hari Selasa.

Ketika sesi perdagangan pasar Tokyo dibuka, gerak nilai apresiasi Greenback langsung bergerak ke kisaran level 101,07-08 Yen dibandingkan dengan 100,85-95 Yen di New York dan 101,66-68 Yen pada penutupan sesi perdagangan pasar Tokyo kemarin. Dampak dari adanya penguatan dari gerak nilai apresiasi mata uang Yen atas mata uang USD adalah, gerak nilai harga di bursa saham Tokyo dibuka turun pada sesi perdagangan pasar Rabu.

Gerak nilai harga di indeks saham Nikkei 225 terkoreksi, berkurang 195,97 poin atau sekitar 1,20 % dari penutupan sesi perdagangan pasar di hari Selasa menjadi 16.195,48. Dilaporkan juga bahwa, indeks Topix dari seluruh saham papan utama turun 19,04 poin atau 1,46 persen menjadi diperdagangkan pada 1.281,16. Penurunan awal perdagangan dipimpin oleh saham-saham perusahaan pialang, kertas dan pulp, serta saham-saham terkait dengan perbankan.

Gerak nilai harga di indeks saham Nikkei 225 , kembali melemah di awal sesi perdagangan pasar di hari Rabu (03/ 08/ 2016), stimulus dari PM Shinzo Abe gagal mendongkrak kinerja bursa. Sebagian besar pelaku pasar dikatakan kecewa akan detail dari paket stimulus tersebut.

Parlemen Jepang menyetujui paket stimulus senilai ¥28 triliun yen yang diajukan PM Abe pekan lalu. Paket stimulus tersebut termasuk didalamnya pengeluaran fiskal senilai ¥13,5 triliun dan belanja pemerintah baik nasional maupun lokal senilai ¥7,5 triliun. Paket stimulus yang sesuai dengan ekspektasi pasar, ditambah dengan kekecewaan pasar akan stimulus tambahan dari Bank of Japan pekan lalu membuat yen menguat terhadap dollar.

Spot Nikkei melemah 0,94% menjadi 16237,64. Dilaporkan juga bahwa, gerak nilai harga di indeks saham Nikkei Futures diperdagangkan di kisaran level harga 16235.

Gerak nilai harga komoditas minyak mentah dilaporkan telah mampu kurangi kerugiannya, meski masih berakhir di bawah $40 US/ barel. Hal tersebut terjadi, setelah data API menunjukkan penyusutan suplai minyak mentah Amerika yang hampir sesuai dengan ekspektasi.

Gerak nilai harga komoditas minyak mentah dilaporkan telah sempat menyentuh level rendah harian $39.24 US/ barel setelah menguat sekitar 2,1% di awal perdagangan. Meskipun suplai minyak mentah dan bensin diprediksi akan berkurang, jumlahnya masih berada di level tertinggi lebih dari 20-tahun.

Gerak nilai harga komoditas minyak mentah telah melemah lebih dari 20% dari level tinggi bulan Juni, memenuhi definisi bear market dan menghambat proses pemulihan perdagangannya. American Petroleum Institute (API) menyatakan jumlah suplai minyak mentah Amerika berkurang 1,34 juta barel pada pekan lalu, hampir sesuai ekspektasi.

Pemerintah Amerika, melalui Energy Information Administration (EIA) akan mengeluarkan data resminya pada Rabu malam. Gerak nilai harga komoditas minyak mentah ditutup di level $39.72 US/ barel pada sesi perdagangan pasar di hari Selasa (02/ 08/ 2016) atau turun $0.36 dari level penutupan sesi sebelumnya. Bias bullish dalam jangka pendek dengan resisten terdekat di kisaran 40.65 dan support terdekat di kisaran 38.90.

About author

You might also like

Komoditas 0 Comments

Rentetan Rilis Data Minggu Ini Ditunggu Pasar, Komoditas Minyak dan Emas Masih Lemah

Dilaporkan bahwa pada hari Selasa (03/ 05/ 2016), Komisi Eropa telah menurunkan proyeksi pertumbuhan ekonomi untuk zona Euro untuk tahun ini. Proyeksi terbaru dari Komisi Eropa tersebut memperkirakan bahwa, angka

Fundamental 0 Comments

Jepang Mengalami Pertumbuhan Cepat, Emas Mengalami Penurunan

Dilaporkan bahwa aktivitas manufaktur Jepang tumbuh dengan kecepatan tercepat dalam tiga tahun di bulan November, dengan output, pesanan baru dan pesanan ekspor baru semua pemungutan, menurut sebuah survei pendahuluan. Hal

Fundamental 0 Comments

Awal Minggu Emas Menguat, Pasar Masih Menunggu Hasil Pemungutan Suara Limit Hutang Amerika

Penyelesaian sesi perdagangan pasar emas pada hari Jum’at (27/ 09/ 2013) lalu ditutup dengan harga lebih tinggi, menjelang pemungutan suara untuk menaikkan limit hutang Amerika. Harga emas mengalami kenaikan hingga

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply

CAPTCHA Image
Play CAPTCHA Audio
Reload Image