Yen Terdukung Perkembangan di Perancis, Laporan EIA Dinantikan Pasar

12239541_75185122829255_5120440464962823327_nGerak nilai apresiasi mata uang USD/ JPY dilaporkan telah diperdagangkan stabil pada awal sesi perdagangan pasar Asia di hari Kamis ini. Dilaporkan bahwa gerak nilai apresiasi mata uang Yen telah bergerak naik tipis sekitar 0,05% di kisaran level $112.00.

Hal tersebut terjadi, seiring adanya laporan yang menunjukkan penurunan yield Amerika sehingga telah meredam permintaan untuk Greenback. Dilaporkan juga bahwa hasil rilis data pesanan mesin Jepang yang lebih baik dari ekspektasi para pelaku pasar sebelumnya, bisa menjadi faktor tambahan yang mendukung penguatan gerak nilai apresiasi mata uang Yen.

Dilaporkan bahwa hasil rilis data pesanan mesin inti di Jepang telah menunjukkan adanya kenaikan sebesar 6,7% di bulan Desember. Hal tersebut terjadi, setelah pada laporan di bulan sebelumnya anjlok sekitar 5,1%. Kenaikan akhir tahun lalu itu mampu melampaui estimasi kenaikan 3,1% dalam jajak pendapat Reuters.

Berkurangnya harapan kenaikan suku bunga Federal Reserve di bulan Maret telah mendorong para pelaku pasar untuk melepas Greenback di pasar. Kondisi ketidakpastian kebijakan ekonomi pada pemerintahan Donald Trump juga telah memicu kekhawatiran pasar, yang mendorong permintaan untuk aset safe haven termasuk Treasury Amerika dan menekan yield.

Dilaporkan bahwa gerak nilai harga indeks saham Nikkei 225 telah melemah sekitar 0,25% di kisaran level 18.930 pada sesi perdagangan pasar di hari Selasa (07/ 02/ 2017). Hal tersebut terjadi, menyusul kekhawatiran dari para pelaku pasar jika Marine Le Pen, tokoh sayap kanan Perancis, memenangkan pemilu Perancis di April dan Mei mendatang.

Para pelaku pasar merasa khawatir jika Marine Le Pen menang pada pemilu, karena wanita yang mengumandangkan slogan France First ini menginginkan Perancis keluar dari zona Euro. Kondisi tersebut diperkuat dengan adanya hasil polling terabaru awal Februari yang menunjukkan adanya peningkatan suara yang memilih Marine Le Pen.

Kekhawatiran para pelaku pasar terbersit, kendati hasil poling masih berada di bawah menteri ekonomi Perancis saat ini, Emmanuel Macron, yang juga turut serta mencalonkan diri. “Pemilu Perancis merupakan satu dari risiko besar tahun ini, dan jika Le Pen menang, ada potensi Uni Eropa akan bubar,” demikian jelas Toshihiko Matsuno, senior strategist di SMBC Friend Securities Co. yang berbasis di Tokyo.

Dilaporkan bahwa gerak nilai harga saham-saham usaha eksportir telah mengalami koreksi mengikuti gerak nilai harga di bursa saham Eropa. Gerak nilai harga di bursa saham Eropa dilaporkan telah ditutup melemah pada sesi perdagangan pasar di hari Senin.

Marine Le Pen dalam peluncuran kampanye perdananya pada hari Senin kemarin, telah mengeluarkan manifesto untuk membawa Perancis keluar dari blok mata uang Eropa jika dia berhasil memenangkan pemilu. Dilaporkan bahwa gerak nilai apresiasi mata uang Yen pada sesi perdagangan pasar Asia di hari Selasa tampaknya masih melanjutkan gerak penguatannya kemarin.

Gerak nilai apresiasi mata uang Yen dilaporkan telah mampu mencapai gerak penguatan sekitar 0,8% akibat sentimen safe haven. Donald Trump dan Perdana Menteri Jepang, Shinzo Abe, dijadwalkan bertemu pada hari Jumat depan.
Gerak nilai harga komoditas minyak mentah dilaporkan tengah mempertahankan gerak penguatannya di awal sesi perdagangan pasar Amerika. Gerak nilai harga komoditas minyak mentah dilaporkan telah sempat diperdagangkan di kisaran level harga $51.89.

Hal tersebut terjadi, meskipun tampaknya gerak kenaikan tersebut masih rentan jelang rilis data stok minyak mentah Amerika. Adanya sentimen negatif dari para pelaku pasar atas gerak nilai harga komoditas minyak mentah pada saat-saat belakangan ini, datang dari Amerika.

Dilaporkan bahwa dimana jumlah produksi Amerika diperkirakan meningkat melihat jumlah rig yang aktif mengebor minyak terus bertambah. Pihak berwenang dari American Petroleum Institute (API) telah melaporkan bahwa stok minyak mentah di Amerika melonjak sebanyak 14,2 juta barel dalam sepakan yang berakhir 3 Februari.

Rilis laaporan stok dari pemerintah Amerika dari pihak Energy Information Administration (EIA) akan dirilis pada pukul nanti. Pihak dari EIA sebelumnya telah memperkirakan bahwa kenaikan produksi minyak mentah Amerika adalah sebanyak 100.000 barel menjadi 8,98 juta barel/ hari di tahun 2017, dan 550.000 barel di tahun 2018.

About author

You might also like

Fundamental 0 Comments

ECB Kemungkinan Akan Keluarkan Kebijakan, Nikkei Beranjak Menguat

Telah dilaporkan bahwa Francois Villeroy de Galhau, akan melakukan kebijakan akibat kondisi yang terjadi sat ini. Dalam sebuah wawancara, Gubernur dari Bank of France (BoF) tersebut, telah mengatakan bahwasannya pihak

Berita 0 Comments

Euro Tertahan di Level Terendah 8 Bulan

Euro belum banyak bergerak pada perdagangan sesi Asia pagi ini, setelah merosot tajam pada perdagangan kemarin dan menembus di bawah level 1.3500. Mata uang 18 negara tersebut kini berada pada

Forex News 0 Comments

Hembusan Isu Tapering Bangkitkan Dollar AS

Dollar AS atau lebih dikenal dengan sebutan Greenback nampak pulih dan tampil kokoh di perdagangan hari Kamis (5/9) setelah sesi kemarin sempat terpuruk akibat rilis defisit perdagangan yang kian melebar

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply

CAPTCHA Image
Play CAPTCHA Audio
Reload Image