Yen Terkoreksi Oleh Major Currencies, Para Pelaku Pasar Tunggu Rilis Data Minyak

gs_9168_topGerak nilai apresiasi mata uang Yen dilaporkan telah diperdagangkan dengan keadaan cenderung melemah terhadap major currencies lainnya pada sesi perdagangan pasar Asia di hari Rabu. Hal tersebut terjadi, setelah adanya komentar dari Perdana Menteri Jepang, Shinzo Abe.

Komentar dari Perdana Menteri Jepang, Shinzo Abe tersebut, tampak mensinyalkan akan dukungan pemerintah terhadap kebijakan pelonggaran dari pihak Bank of Japan (BoJ). Di depan majelis tinggi parlemen Jepang, PM Shinzo Abe mengatakan bahwa pemerintah akan terus bekerja sama dengan pihak BoJ untuk menggunakan semua alat kebijakan sebagai upaya mengatasi deflasi dan mendongkrak pertumbuhan.

BoJ pada pekan lalu dilaporkan telah melakukan pergeseran kerangka kebijakan. Hal tersebut dilakukan oleh pihak BoJ, sebagai upaya terbaru untuk mencapai target inflasi 2% menjadi lebih cepat.

Gerak nilai apresiasi mata uang AUD/ JPY dan gerak nilai apresiasi mata uang USD/ JPY dilaporkan tampak telah terpantau naik. Gerak nilai apresiasi mata uang AUD/ JPY tampak bergerak naik sekitar 0,18%. Kenaikan gerak nilai apresiasi mata uang USD/ JPY adalah sekitar 0,17%.

Gerak nilai apresiasi mata uang CHF/ JPY dilaporkan telah tampak sempat bergerak menguat sekitar 0,12%. Gerak nilai apresiasi mata uang EUR/ JPY dilaporkan telah terapresiasi sekitar 0,08% dan gerak nilai apresiasi mata uang GBP/ JPY tampak telah sempat bergerak menguat sekitar 0,05%.

Gerak nilai harga indeks saham Nikkei 225 dilaporkan telah terkoreksi melemah anjlok pada sesi perdagangan pasar di hari Rabu. Hal tersebut terrjadi, seiring sentimen dari para pelaku pasar yang terbebani oleh pergerakan nilai apresiasi mata uang Yen dan penyesuaian perhitungan dividen perusahaan.

Gerak nilai apresiasi mata uang USD yang terus diperdagangkan di bawah kisaran level 105 Yen selama dalam kurun waktu hampir 2 bulan terakhir, telah membuat para pelaku pasar semakin mengkhawatirkan prospek pendapatan eksportir Jepang. Kebanyakan produsen mobil telah menghitung perkiraan pendapatan mereka berdasarkan asumsi nilai tukar mata uang USD pada 105 Yen, sementara produsen elektronik menetapkan nilai tukar pada 110 Yen sebagai acuan.

Gerak nilai harga indeks saham Nikkei 225 dilaporkan telah sempat terpantau berada di kisaran level harga 16426.61, atau sekitar 1,54% di bawah harga penutupan pada sesi perdagangan pasar di hari Selasa. Gerak nilai harga saham-saham perusahaan eksportir bergerak melemah, dengan gerak nilai harga saham perusahaan Honda Motor Co., Fuji Heavy Industries dan Panasonic Corp. dilaporkan telah kehilangan keuntungan lebih dari 2%.

Gerak nilai harga saham di sektor perbankan dan asuransi juga tampak turut pula bergerak merosot. Hal tersebut terjadi, seiring yield JGB bertenor 10-tahun bertahan di teritori negatif, dengan kekhawatiran tentang dampak dari denda Deutsche Bank yang juga turut membebani.

Gerak nilai harga saham dari Mizuho Financial Group juga dilaporkan telah terkoreksi anjlok sekitar 3,9%, diikuti penurunan 3,2% oleh gerak nilai harga saham Dai-ichi Life Insurance dan Gerak penurunan nilai harga saham Mitsubishi UFJ Financial Group sekitar 3,0%.

Gerak nilai harga komoditas minyak mentah dilaporkan telah bergerak menguat tipis di awal sesi perdagangan pasar Asia di hari Rabu. Hal tersebut terjadi, setelah sebuah laporan menunjukkan penurunan tak terduga dalam persediaan minyak mentah Amerika pada pekan lalu.

Rilis laporan dari pihak American Petroleum Institute (API) telah menunjukkan pasokan minyak mentah Amerika turun sekitar 752.000 barrel untuk pekan yang berakhir 23 September, yang menjadi penurunan minggu ke-2 beruntun. Kondisi tersebut juga sekaligus mematahkan estimasi kenaikan 3,2 juta barrel dalam survey S&P Global Platts.

Gerak nilai harga minyak mentah WTI untuk kontrak pengiriman bulan November dilaporkan telah terpantau diperdagangkan pada kisaran $44.95 US/ barrel atau sekitar 0,63% di atas harga penutupan sesi perdaganga pasar di hari Selasa. Bagaimanapun, gerak nilai harga harga minyak mentah kemungkinan masih akan bergerak dalam rentangan harga yang terbatas.

Hal tersebut terasumsikan, oleh karena keadaan dimana para pelaku pasar yang tengah menantikan hasil dari pertemuan produsen utama di Aljazair. Kondisi lainnya adalah, para pelaku pasar tengah pula menunggu adanya rilis hasil data resmi stok minyak mentah Amerika yang akan dirilis oleh pihak Energy Information Administration (EIA) nanti malam, maka para pelaku paqsar akan cenderung untuk wait and see.

About author

You might also like

Fundamental 0 Comments

Harga Emas Terimbas Kondisi Eropa

Dilaporkan bahwa gerak harga emas berjangka naik ke level tertinggi dalam hampir empat minggu karena kekhawatiran bahwa pertumbuhan ekonomi global yang melambat mendorong permintaan untuk aset ini. Gerak positif harga

Berita 0 Comments

Nantikan Data Inflasi Kawasan Euro, Mata Uang Bergerak Tipis

Pada perdagangan di Asia hari ini mata uang euro terhadap dollar AS terpantau mengalami pergerakan yang masih terbatas (17/3). Mata uang ini terlihat secara umum mengalami konsolidasi terhadap dollar AS.

Rupiah Cenderung Konsolidasi, Sentimen Muncul Bervariasi

Pergerakan nilai tukar rupiah terhadap dolar AS di pasar spot valas antar bank Jakarta, Kamis (27/6) diprediksi konsolidasi. Rilis nursing papers PDB AS yang di bawah ekspektasi jadi salah satu

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply

CAPTCHA Image
Play CAPTCHA Audio
Reload Image