Akibat Deflasi di Bulan November Yen Melempem ke 28 Bulan Terendah

Akibat Deflasi di Bulan November Yen Melempem ke 28 Bulan Terendah

yen-mata-uang-jepang-ayotradingPada perdagangan hari ini yen makin bergerak melemah terhadap dolar AS (28/12). Mata uang Jepang tersebut anjlok ke posisi terendah dalam 28 bulan belakangan setelah data hari ini menunjukkan bahwa Jepang kembali mengalami deflasi di bulan November lalu. Hal ini makin menguatkan ekspektasi bahwa bank sentral Jepang akan melakukan kebijakan moneter ekstrem untuk menggenjot level inflasi.

PM Jepang yang baru dilantik Shinzo Abe telah menegaskan bahwa misi dari pemerintahannya adalah untuk mengembalikan kondisi ekonomi Jepang yang saat ini sedang lesu. Pemerintahan Abe akan berjuang untuk menaikkan inflasi dan mempertahankan pergerakan yen yang lesu.

Harga di tingkat konsumen di Jepang yang tidak termasuk makanan segar mengalami penurunan sebesar 0.1% di bulan November (y/y). Target inflasi bank sentral Jepang saat ini adalah 1%, yang mana masih jauh di atas data real. Sementara pemerintah Abe menginginkan inflasi berada di level 2%.

Pada perdagangan hari ini yen tampak berada di posisi 86.46 per dolar, sempat menguat ke posisi 86.63 per dolar yang merupakan posisi paling rendah sejak tanggal 3 Agustus 2010 lalu. Posisi yen mengalami penurunan dibandingkan penutupan perdagangan dini hari tadi yang ada di level 86.11 per dolar.

Analis memperkirakan bahwa pergerakan yen pada perdagangan hari ini akan cenderung mengalami penurunan lanjutan, meskipun akan terbatas. Saat ini yen sudah berada dalam kondisi jenuh jual. Untuk hari ini yen diperkirakan akan mengalami pergerakan pada kisaran 86.11 - 86.90 per dolar.

About author

You might also like

Berita 0 Comments

Yen Terdukung Perkembangan di Perancis, Laporan EIA Dinantikan Pasar

Gerak nilai apresiasi mata uang USD/ JPY dilaporkan telah diperdagangkan stabil pada awal sesi perdagangan pasar Asia di hari Kamis ini. Dilaporkan bahwa gerak nilai apresiasi mata uang Yen telah

CFD News 0 Comments

Sterling Sempat Tertekan, Yellen Harapkan Kenaikan Suku Bunga Bertahap

Gerak nilai apresiasi mata uang Inggris, yaitu mata uang Poundsterling, dilaporkan telah sempat berada dalam tekanan di sesi perdagangan pasar di awal pecan. Hal tersebut terjadi, karena dipicu oleh hasil

CFD News 0 Comments

Loonie Menguat Atas Greenback, OPEC Bantah Iran Tunda Kerja Sama

Telah dilaporkan bahwa gerak nilai apresiasi mata uang Kanada, Canadian Dollar, atau yang lazim disebut dengan istilah Loonie, berhasil menangkal dominasi dari gaerak nilai apresiasi Greenback. Hal tersebut terjadi, karena

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply

CAPTCHA Image
Play CAPTCHA Audio
Reload Image