Bom Jakarta Sempat Pengaruhi Rupiah, Minyak Masih Koreksi

Gerak nilai apresiasi mata uang Inggris, yaitu mata uang Poundsterling dilaporkan telah diperdagangkan stabil dekat level rendah 5-1/2-tahun terhadap Greenback pada sesi perdagangan pasar hari Kamis kemarin. Kondisi tersebut terjadi, setelah minutes dari pertemuan terkini Bank of England (BoE) dinilai kurang dovish.

Pihak berwenang BoE mempertahankan tingkat suku bunga pada 0.50% pada sesi perdagangan pasar hari Kamis kemarin. Kebijakan BoE tersebut tidak berubah sejak Maret 2009. Hasil voting Monetary Policy Committee menunjukkan hasil 8-1, dengan Ian McCafferty mendukung kenaikan suku bunga.

Dilaporkan bahwa, pihak BoE mengatakan proyeksi inflasi terbarunya saat ini tampak terlalu optimis. Hal tersebut terasumsikan, karena sebagian besar disebabkan oleh penurunan tajam pada gerak nilai harga harga minyak mentah.

Menurut hasil minutes, mayoritas anggota dewa mengatakan bahwa ekspektasi kenaikan laju inflasi akan sedikit lebih bertahap dalam jangka pendek dibandingkan proyeksi Laporan Inflasi BoE bulan November lalu. Volatilitas pada gerak nilai harga di pasar keuangan belakangan ini juga menggarisbawahi resiko perlambatan laju perutmbuhan global, menurut minutes.

Pihak BoE juga mengingatkan bahwa laju pertumbuhan upah masih tertahan, setelah data pemerintah menunjukkan laju pertumbuhan upah melambat hingga 2% bulan lalu. Rencana pemerintah untuk menggelar referendum terhadap keanggotaannya di Uni Eropa mungkin menjadi alasan pelemahan gerak nilai apresiasi mata uang Poundsterling sejak awal tahun ini, demikian menurut minutes.

Dilaporkan bahwa gerak nilai apresiasi mata uang Indonesia, yaitu mata uang Rupiah, sempat bergerak negative. Gerak nilai apresiasi mata uang Rupiah memperpanjang kerugian memasuki sesi perdagangan pasar Asia pada hari Kamis siang kemarin.

Mata uang Garuda dilaporkan bergerak turun nilai apresiasinya sekitar 0,9% ke kisaran 13.961, demikian mengacu pada harga dari bank lokal. Juga telah dilaporkan bahwa, gerak nilai harga Jakarta Composite Index terkoreksi merosot sekitar 1%. Hal tersebut terjadi, menyusul adanya ledakan bom dan baku tembak di Jakarta Pusat, ibukota Indonesia.

Setidaknya terdengar beberapa ledakan diikuti oleh tembakan di luar pusat perbelanjaan Sarinah di Jakarta Pusat, menurut laporan kantor berita Antara. Sejauh ini masih belum ada laporan resmi mengenai jumlah korban dan motif dari aksi teror tersebut.

Gerak nilai harga saham China dilaporkan telah mengawali sesi perdagangan pasar Asia di hari hari Jumat ini, dengan bergerak dari teritori negative. Hal tersebut terjadi, sehingga mengikis sentimen pasar Asia yang sebelumnya sempat terdorong oleh penutupan positif di bursa Wall Street Amerika.

Gerak nilai harga di Indeks Shanghai Composite dilaporkan telah dibuka di kisaran 0,65% lebih rendah. Gerak nilai harga di indeks saham Hongkong, yaitu indeks saham Hang Seng33, bergerak terkoreksi negatif. Gerak nilai harga indeks saham Hang Seng33 tergelincir sekitar 0,12%. Sebelum pembukaan pasar, pihak berwenang People’s Bank of China (PBoC) juga telah menetapkan nilai tengah gerak nilai apresiasi mata uang Yuan di kisaran level 6.5637, dibandingkan dengan penutupan sesi perdagangan pasar hari Kamis yaitu di kisaran level 6.5616.

Gerak nilai harga dari indeks saham Jepang, yaitu Nikkei 225, dilaporkan tampak sempat melonjak hingga 1,77%, sebelum akhirnya memangkas penguatan menjadi 0,68%. Gerak nilai harga dari saham-saham perusahaan eksportir bergerak mixed. Kondisi tersebut terjadi, seiring gerak nilai apresiasi mata uang USD berbalik melemah tipis terhadap mata uang Yen.

Dilaporkan bahwa gerak nilai harga saham perusahaan Sharp bergerak menguat. Gerak nilai harga saham perusahaan Sharp melonjak lebih dari 11% terjadi, setelah adanya laporan dari Yomiuri Daily.

Laporan Yomiuri Daily menyebutkan bahwa, pihak dari Hon Hai Precision Industry dari Taiwan akan menaikkan batasan investasi untuk produsen elektronik Jepang tersebut. Nilai batasan investasi dari Hon Hai Precision Industry, Taiwan tersebut menjadi ¥700 milyar, atau setara dengan $5,9 milyar US. Pada nilai batasan investasi sebelumnya adalah senilai ¥500 milyar.

Gerak nilai harga saham-saham terkait sektor energi, seperti Inpex dan Japan Petroleum, tampak masih mampu bertahan di zona hijau. Kondisi tersebut terjadi, meskipun gerak nilai harga minyak mentah terpantau kembali melemah pada sesi perdagangan pasar Asia hari Jumat ini.

Gerak nilai harga dari indeks saham Korea Selatan, yaitu indeks saham KOSPI, dilaporkan telah terapresiasi sekitar 0,1%. Kondisi tersebut terjadi setelah sempat menguat sekitar 0,29% pada saat pembukaan.

Gerak nilai harga saham SK Hynix telah gagal melanjutkan penguatan dan berbalik turun 1,25%. Kondisi tersebut terjadi setelah produsen chip memori itu mengumumkan rencana belanja modal sebesar 6 trilyun Won, atau setara dengan $5 milyar US, untuk tahun 2016. Langkah tersebut rencananya diambil oleh pihak SK Hynix, sebagai upaya untuk menambah kapasitas dan mengembangkan teknologi produksi.

Gerak nilai harga komoditas minyak mentah Amerika tampak bergerak melemah di awal sesi perdagangan pasar Asia pada hari Jumat ini. Gerak nilai harga minyak, bergerak lebih rendah setelah membukukan kenaikan yang signifikan pertama kalinya untuk tahun 2016 di sesi sebelumnya. Kondisi tersebut terjadi, karena prospek adanya tambahan suplai minyak dari Iran yang menghantui pasar. Sanksi barat terhadap Iran diperkirakan akan dicabut dalam beberapa hari kedepan, berpotensi membuka jalan untuk ekspor minyak yang lebih banyak dari negara tersebut, dibawah kesepakatan penting tentang program nuklir yang disengketakan.

Dilaporkan bahwa gerak nilai harga minyak West Texas Intermediate (WTI) bergerak turun sebesar 45 sen menjadi $30.75 US/ barel. Pada sesi perdagnagan pasar di hari Kamis kemarin, kontrak naik sebesar 72 sen, atau 2.4%, dengan berakhir di $31.20 US. Gerak nilai harga minyak WTI pernah menyentuh level terendah 12 tahun di $29.93 US pada awal pekan ini. Gerak nilai harga komoditas minyak WTI berada di jalur gerak penurunan harga mingguan ketiga beruntun, turun lebih dari 6%.

About author

You might also like

Forex News 0 Comments

Kurs Poundsterling Hari Ini, Rebound Tipis

Poundsterling hari ini (03:24:51 GMT, Jum’at, 30 Mei 2014) menguat setelah dibuka di 1.6720 pada awal perdagangan (00.00 GMT) dan telah naik sekitar 8 pips atau sekitar 0.05 %. Nilai

Berita

Greenback Tengah Dominasi Major Curencies, Minyak Mengalami Profit Taking Pasar

Adidas Yeezy Boost 350Adidas Yeezy 750 Boost For Saleyeezy boost 750 for saleadidas yeezy boost 750 kanye westhttp://lutherancare.org/sneaker/yeezy-boost-750-cheap.htmladidas yeezy boost 750 triple blackhttp://www.neteditor.it/files/yeezy-boost-750-black.phpadidas yeezy boost 350 for saleYeezy Boost 750

Berita 0 Comments

Yen Kian Tergerus Setelah Data Trade Balance

Nilai tukar Yen – Jepang kian terkikis setelah data pemerintah yang rilis pagi ini (Senin, 21/4) menunjukkan angka defisit neraca perdagangan (trade deficit) kian membengkak di bulan Maret. Pada sesi