Brexit Diwarnai Aksi Pembunuhan, Sterling Pukul Balik Greenback

0a0a_0a0_0001_12651_0a0aaa01_100404_02665412_nGerak nilai apresiasi mata uang GBP/USD dilaporkan telah bergerak menguat pada sesi perdagangan pasar Asia di hari Jumat (17/ 06/ 2016) ini. Dilaporkan bahwa gerak nilai apresiasi mata uang GBP/USD, telah diperdagangkan di bawah level 1,43-an.

Gerak nilai apresiasi mata uang GBP/USD sebelumnya telah bergerak naik 100 pip, kemudian terjadi pemulihan setelah menurun hingga level di bawah 1,40 di awal sesi perdagangan pasar di hari Kamis. Meski demikian, namun penguatan gerak nilai apresiasi mata uang Sterling diwarnai oleh adanya berita terbunuhnya Jo Cox, tokoh yang pro keanggotaan Inggris di Uni Eropa dan juga tokoh pembuat undang-undang perburuhan.

Berita pembunuhan tokoh yang pro keanggotaan Inggris di Uni Eropa ini, memunculkan spekulasi bahwa referendum ini akan berlangsung dengan cara tidak benar. Bahkan ada rumor bahwa pemungutan suara mungkin dibatalkan atau ditunda, jika mengikuti skenario ekstrim.

Gerak nilai harga di bursa saham Asia dilaporkan bergerak menguat pada sesi perdagangan menjelang akhir pecan. Gerak nilai harga di bursa saham Asia diwarnai dengan volatilitas di tengah kecemasan mengenai keputusan bank sentral dan menjelang referendum Inggris terhadap keanggotaan di dalam Uni Eropa tanggal 23 Juni nanti.

Sentimen para pelaku pasar Asia juga mendapat dorongan naik, setelah gerak nilai harga di bursa saham Wall Street bergerak menguat. Gerak nilai harga di bursa saham Wall Street telah berhasil mengakhiri penurunan beruntun selama 5-hari semalam.

Gerak nilai harga indeks saham Nikkei dilaporkan telah bergerak menguat. Gerak nilai harga indeks saham Nikkei rally berkat pelemahan gerak nilai apresiasi mata uang Yen.

Gerak nilai harga indeks saham Nikkei telah bergerak menguat sekitar 1.7%, ke kisaran level harga 15,704.47. Menteri Keuangan Jepang Taro Aso mengatakan pada wartawan bahwa dirinya sangat mencemaskan pergerakan mata uang yang satu arah dan tajam dan dirinya akan merespon jika diperlukan untuk menjamin adanya stabilitas pada nilai tukar mata uang.
Gerak nilai harga indeks saham Kospi, Korea Selatan, dilaporkan juga telah bergerak menguat sekitar 0.33%. Gerak nilai harga indeks saham Hang Seng, Hong Kong. Dilaporkan turut pula bergerak menguat sebesar 0.82%.

Gerak nilai harga komoditas minyak mentah dilaporkan bergerak melemah. Gerak nilai harga komoditas minyak mentah bergerak merosot sekitar 3% untuk menyentuh level terendah dalam sebulan pada sesi perdagangan pasar hari Kamis.

Gerak nilai harga komoditas minyak mentah terkoreksi melemah turun untuk enam hari terakhir. Hal tersebut terjai karena penguatan gerak nilai apresiasi Greenback, merespons terhadap ketakutan keluarnya Inggris dari Uni Eropa yang melukai komoditas yang diharga dengan mata uang selain Greenback.

Gerak nilai harga komoditas minyak West Texas Intermediate turun sebesar $1.80, atau sekitar 3%, menjadi $46.21 US/ barel. Gerak nilai harga komoditas minyak WTI menyentuh level terendah dalam sebulan di $45.89 US.

Gerak nilai harga komoditas minyak mentah bergerak rebound tipis untuk menjauhi level terendah sesi. Hal tersebut terjadi, karena gerak nilai apresiasi mata uang Pounsterling berbalik positif terhadap Greenback.

Hal tersebut terjadi, setelah ditundanya kampanye untuk refrendum keanggotaan Uni Eropa pada pekan depan. Kondisi tersebut terjadi, setelah adanya serangan mematikan terhadap anggota parlemen oposisi dari Partai Buruh. Analis untuk Energy Management Institute di New York mengatakan bahwa, dengan tidak adanya gangguan terbaru terhadap pasokan dan tidak pastinya hasil voting Brexit, gerak nilai harga komoditas minyak kemungkinan tidak akan menguat drastis dalam jangka pendek.

About author

You might also like

Harga Emas Terimbas Kondisi Hong Kong

Pada sesi perdagangan hari Selasa (30/ 09/ 2014) pagi ini, harga emas bergerak sedikit menurun. Hal ini terjadi karena kekhawatiran para pelaku pasar atas kerusuhan di Hong Kong dan menjelang

Berita 0 Comments

Dollar Tunjukkan Tanda-Tanda Kebangkitan Di Tengah Serangkaian Data Semalam

Dollar menguat, menuju penguatan untuk dua hari pertama dalam dua pekan, seiring dampak dari perkiraan pengurangan suku bunga oleh Federal Reserve mulai memudar. Greenback menguat terhadap semua dari 16 mata

Forex News 0 Comments

Pasar Perhatikan Perkembangan Gerak USD, Diprediksi Euro Negatif Terkait Prancis

Mata uang USD pada pembukaan pasar hari ini secara umum menunjukkan pergerakan turun terhadap beberapa mata uang utama lainnya setelah dibuka pada 81.14 di awal perdagangan. Indeks mata uang negeri

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply

CAPTCHA Image
Play CAPTCHA Audio
Reload Image